Resep Pizza Rumahan Topping Jamur, Sosis, dan Daging Cincang

Pizza yang lembut dengan Topping dan Menggugah Selera

Cara Membuat Pizza Rumahan Topping Jamur, Sosis, dan Daging Cincang

Week end seperti ini biasanya adalah saat yang ditunggu-tunggu … karena bagi mereka yang bekerja kantoran, inilah waktunya untuk beristirahat dan bersenang-senang bersama keluarga, entah dengan membawa anak-anak ke tempat hiburan atau sekedar jalan-jalan di Mal terdekat.

Nah, bagi teman-teman yang sedang tidak ingin keluar rumah, untuk kali ini saya ingin share resep pizza rumahan topping jamur, sosis, dan daging cincang. Membuat pizza bersama anak-anak juga bisa menjadi acara yang seru lho, teman-teman bisa mencobanya sesekali.

Resep adonan pizza ini, hasilnya lembut sekali. Selain itu juga tidak perlu diuleni, cukup dicampur saja lalu dibiarkan. Adonan ini sudah bisa langsung dipakai setelah didiamkan selama 30 menit sampai dengan 1 jam. Tentunya semakin lama didiamkan akan semakin elastis dan semakin mudah dibentuk. Teman-teman bisa membuatnya tebal atau tipis, sesuaikan dengan selera saja.

Karena ini pizza rumahan, maka toppingnya sengaja dipilih yang gampang. Bahan seperti sosis, jamur, dan daging sapi biasanya tersedia di rumah. Tukang sayur pun biasa membawanya. Bila tak tersedia daging sapi cincang, boleh diganti daging ayam cincang atau potongan daging ayam rebus. Tapi lebih enak menggunakan daging sapi cincang karena akan dimasak bersama saus tomat seperti membuat saus bolognese.

Jamurnya kebetulan sedang tidak punya yang segar, jadi saya menggunakan jamur kancing yang sudah dipotong-potong dalam kemasan plastik siap pakai yang saya beli di supermarket terdekat. Menurut petunjuk dalam kemasannya, hanya perlu ditiriskan, diseduh dengan air panas lalu dibilas. Bila teman-teman memiliki jamur merang, jamur kancing atau jamur tiram segar, gunakan saja. Untuk jamur tiram, sebaiknya dikukus dulu sebelumnya.

Persiapan membuat pizza, pertama kita perlu menyiapkan saus tomatnya dulu. Jadi kalau mau membuat pizza besok, sebaiknya siapkan saus tomatnya malam ini. Karena untuk membuatnya cukup memakan waktu. Kalau malas membuat sendiri, teman-teman juga bisa membeli saus bolognese siap pakai, Tetapi biasanya lebih puas kalau bisa membuat sendiri.

Setelah saus tomat siap, selanjutnya siapkan topping jamur dan sosis, setelah itu barulah kita membuat adonan pizza. Tetapi dalam resep berikut ini, urutan penulisannya tetap resep adonan pizzanya dulu baru resep saus tomat dan toppingnya. Mari kita simak bersama:

Pizza Rumahan Oven dengan Topping Jamur, Sosis, dan Daging Cincang

Pizza Rumahan dengan Topping Jamur, Sosis, dan Daging Cincang

Resep Pizza rumahan topping jamur, sosis dan daging cincang

Bahan adonan pizza:

  • 300 g tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak zaitun (kalau tak ada boleh menggunakan minyak goreng biasa)
  • 1 kuning telur, kocok lepas
  • 180 ml air hangat
  • 1 sdm gula pasir
  • 21/4 sdt ragi instant

Bahan pelengkap pizza:

  • Saus tomat secukupnya
  • Topping sesuai dengan selera secukupnya
  • Keju mozarella secukupnya
  • Keju cheddar parut secukupnya
  • Mayonaise secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan gula pasir ke dalam air hangat lalu aduk sampai larut, selanjutnya masukkan ragi instant, aduk kembali hingga rata, lalu diamkan setidaknya 10 menit, hingga adonan air dan ragi ini mengembang.
  2. Sementara menunggu, campur tepung terigu, susu bubuk dan garam dalam wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah ragi mengembang, segera masukkan kocokan kuning telur ke dalamnya, aduk-aduk lalu tuang campuran ragi dan kuning telur ke dalam campuran tepung terigu, campur dengan tangan hingga rata. tambahkan minyak campur kembali hingga rata.
  3. Selanjutnya bulatkan adonan lalu taruh dalam wadah yang sudah diolesi dengan minyak goreng atau margarin, lalu tutup dengan serbet basah dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, kempeskan adonan  lalu timbang dan bagi adonan dengan ukuran sesuai selera (Saya membaginya menjadi dua dan hasilnya berupa 2 buah pizza ukuran 27 cm).
  4. Setelah ditimbang dan dibagi, adonan bisa langsung digunakan, tetapi bila ingin lebih elastis, bisa dibulatkan kembali lalu diamkan setidaknya 30 menit. Setelah itu adonan bisa dibentuk bulat dengan pinggiran selebar 1 cm di loyang pizza atau loyang kue kering yang telah diolesi dengan minyak goreng atau margarin.
  5. Setelah jadi, tusuk-tusuk bagian tengahnya dengan menggunakan garpu supaya tidak mengembang. Kemudian oleskan saus bolognese atau saus tomat secara merata, taburi parutan keju cheddar tipis saja, lalu hias dengan topping sesuai kreasi masing-masing. Selanjutnya taburi dengan keju mozarella parut sesuai selera dan beri mayonaise dengan menggunakan plastik segitiga. Jika mayonaisenya kemasan sachet, gunting sedikit ujungnya.
  6. Nyalakan oven 170 derajat celsius, biarkan panasnya rata dulu selama 10-15 menit, baru masukkan loyang berisi pizza ke dalamnya. Letakkan di rak tengah atau di bawahnya. Lalu panggang selama 20 menit. Sesuaikan panas dan waktu pemanggangan dengan oven masing-masing. Bila ingin pizza yang agak kering, pindahkan ke rak bagian atas, besarkan panasnya bila perlu, lalu panggang kembali setidaknya 3 menit, hati-hati jangan sampai gosong atau terlalu kering supaya tidak menjadi keras.

Saus Tomat

bahan saus tomat:

  • 1 kg tomat, masukkan sebentar dalam air panas supaya mudah dikupas kulitnya, lalu buang kulit dan bijinya. Cincang sebagian daging buah tomat dan sisanya diblender hingga halus, campur keduanya menjadi satu. sisihkan
  • 1 buah bawang bombai, cincang halus
  • 3 buah bawang putih, cincang halus
  • 150 g daging sapi cincang
  • Oregano secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak zaitun atau margarin atau minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay hingga harum dan transparan, lalu tambahkan bawang putih dan aduk-aduk hingga harum kembali. Masukkan daging cincang lalu aduk hingga berubah warna.
  2. Selanjutnya tambahkan cincangan tomat, aduk-aduk hingga tomat terlihat layu, lalu tambahkan air dan masak hingga daging empuk.
  3. Setelah semua bahan matang, bumbui dengan merica, garam, gula dan oregano. Cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas angkat dan saus siap digunakan.

Menyiapkan Topping Pizza

Topping pizza bisa dibubuhkan langsung, tetapi lebih bagus ditumis sebentar seluruhnya.

Bahan:

  • 2 buah bawang putih ukuran besar, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, iris-iris
  • Jamur kancing atau jamur merang, iris tipis
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • Minyak zaitun atau margarin atau minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan sosis, aduk-aduk hingga matang, tambahkan irisan jamur, aduk kembali, lalu tambahkan pula bawang bombai, aduk-aduk sebentar saja. Begitu bawang bombai terlihat layu dan agak empuk segera matikan api dan angkat toppingnya.

Jadi begitulah cara memasak dan resep pizza rumahan topping jamur, sosis dan daging cincang ini. Selamat mencoba dan Selamat berweek end. I

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *