Resep Perkedel Kentang Kornet

Perkedel kentang kornet sedap

Membuat perkedel kentang kornet

Ada yang suka membuat perkedel kentang? Perkedel bagi saya adalah makanan yang penuh dengan kenangan. Dulu salah satu kakek saya suka sekali makan perkedel, dan saya dengan senang hati selalu membantu ibu membuatnya untuk kakek.

Sedih memang mengingat beliau telah tiada, namun bahagia setiap kali mengingat betapa sabar dan baiknya beliau menghadapi cucu-cucunya. Melihat kami senang sekali memancing di setiap musim liburan, beliau sengaja membuat kolam di dekat rumahnya, di Magelang, dengan pohon buah-buahan di sekelilingnya.

Beliau juga yang awalnya dengan sabar mengajari kami memancing di sungai kecil yang terletak tak jauh dari sawahnya. Sambil mengawasi para pekerja, beliau juga masih sempat melihat apa saja ikan yang berhasil kami pancing. Sementara kami dengan gembira memancing sambil sibuk bermain air. Kenangan masa kecil yang indah itu selalu terbayang setiap kali saya membuat perkedel.

Kali ini saya membuat perkedel kentang dengan campuran kornet, seledri, dan daun bawang.  Seledri dan daun bawang membuat rasa kornet sedikit tersamar, tetapi rasanya tetap enak.

Satu masalah dalam pembuatan perkedel, apalagi kalau menggunakan campuran kornet yaitu mudah menjadi lembek. Supaya tidak lembek, sebaiknya kentangnya digoreng dan tidak direbus. Tambahkan sedikit tepung maizena untuk membuat perkedel bentuknya tetap bagus, strukturnya lebih kokoh, dan tidak terlihat lembek setelah matang.

Perkedel kentang yang sederhana bisa dibuat hanya dari kentang. Setelah dikupas dan dipotong-potong, kentangnya digoreng lalu ditumbuk halus, diberi kuning telur dan dibumbui bawang putih, garam dan merica. Hanya begitu saja, lalu dimasukkan dalam kocokan putih telur, dibolak-balik dan digoreng.

Bila ingin aromanya lebih sedap, bisa ditambahkan sedikit seledri dan daun bawang, atau seledri saja. Bumbunya ditambah bawang merah, dan sebelumnya bawang merah bersama bawang putih bisa diiris tipis dan ditumis dulu sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Terkadang perkedel juga diberi bumbu pala, rasanya lebih enak memang, namun kalau kebanyakan suka membuat rasa perkedel agak pahit.

Kalau menggunakan campuran kornet, perkedel tidak harus diberi campuran kuning telur supaya tidak menjadi lembek. Telurnya lebih baik dibiarkan utuh, dikocok lepas dan hanya digunakan untuk baluran perkedel sebelum digoreng.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dalam resep berikut ini:

perkedel kentang kornet sedap

Perkedel kentang kornet siap digoreng

Resep Perkedel Kentang Kornet

Hasil: 6 buah perkedel ukuran sedang

Bahan:

  • 250 gram kentang, kupas dan potong-potong, masukkan dalam semangkuk air supaya tidak menjadi hitam
  • 100 g kornet, merek sesuai dengan selera saja
  • 1 tangkai seledri, iris tipis
  • 1 batang daun bawang ukuran kecil, iris tipis
  • 1 butir telur, kocok lepas, beri sedikit garam
  • 1 sdm tepung maizena atau tepung tapioka

Bumbu, haluskan:

  • 2 siung bawang putih ukuran besar
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt garam
  • sedikit pala bila suka

Cara membuat:

  1. Goreng kentang hingga matang, setelah matang diamkan sebentar hingga menjadi lembek, lalu segera haluskan. Setelah halus, campur dengan kornet dan bumbu halus, aduk hingga rata.
  2. Tambahkan irisan seledri dan daun bawang, lalu beri sesendok tepung maizena.  Untuk mengetes rasanya, goreng sedikit lalu cicipi dan koreksi rasanya.
  3. Setelah rasanya pas, bentuk sesuai dengan selera, bisa bentuk bulat pipih, bisa juga dibuat agak memanjang. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan selera.  Bila ingin ukuran cukup besar seperti dalam foto di atas, adonan bisa langsung dibagi enam lalu dbentuk. Tapi usahakan dibikin yang pipih ya, supaya matang sampai ke dalam saat digoreng.
  4. Setelah semua selesai dibentuk, celupkan dalam kocokan telur lalu goreng hingga matang, Angkat dan tiriskan, lalu sajikan bersama masakan lainnya.

Begitu cara membuat resep perkedel kentang kornet, mudah bukan? semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *