Resep pempek lenjer ikan tengiri menggunakan biang

Pempek lenjer ikan tenggiri

Cara membuat pempek lenjer ikan tengiri menggunakan biang

Siapa yang tak suka pempek? Rasanya semua orang suka pempek karena rasanya yang enak dan gurih. Apalagi dimakan dengan bumbu cuka yang pedas asem manis itu. Waah …. rasanya sepiring juga kurang.

Pempek sebenarnya adalah makanan khas orang Palembang. Namun sepertinya makanan ini dengan cepat telah menyebar ke seluruh pelosok nusantara dan digemari di mana-mana. Tak heran jika hampir di setiap kota kita bisa dengan mudah menemukan makanan ini.

Saya suka pempek karena selain enak juga bisa dijadikan stok cemilan untuk disimpan di freezer. Sehingga kapanpun butuh cemilan tinggal dikeluarkan, direbus dulu, lalu digoreng, dan dalam sekejab telah tersedia camilan enak. Menyenangkan sekali.

Dulu sebelum membuat sendiri, sering sekali membeli pempek. Di Jakarta Selatan, pempek yang terkenal enak adalah pempek Pak Raden yang lapaknya terletak di Jalan Raya Pasar Minggu. Pempeknya memang enak, sehingga rasanya tak pernah bosan membeli di situ.

Selain pempek Pak Raden, di Pasar Minggu juga ada lapak pempek yang enak, yaitu pempek Pak Jenggot. Dulu jaman masih muda dan masih ngantor di Tebet, saya sering makan pempek di situ bersama teman-teman sekantor.  Di situ tersedia juga es kacang merah yang enak.

Lama kelamaan mulai terpikir untuk membuat sendiri. Apalagi setelah pindah Depok dan tidak tahu dimana mendapatkan pempek yang enak. Lagipula dulu ketika masih bekerja di majalah masakan, saya pernah diajari membuat pempek oleh seorang teman yang asli Palembang. Kalau diingat-ingat lagi, rasanya tidak terlalu sulit.

Memang untuk membuat adonan pempek yang pas kita harus sering mencoba sehingga menemukan takaran yang pas antara jumlah tepung, ikan dan banyaknya air. Dari pengalaman saya mencoba-coba, ternyata lebih sering berhasilnya kalau menggunakan biang. Jadi resep yang paling sering saya pakai adalah yang menggunakan biang.

Kesulitan membuat pempek biasanya karena adonannya terlalu lembek sehingga kita tergoda untuk menambahkan tepung sagunya terus menerus, dan menguleni terlalu lama, yang akhirnya menghasilkan pempek yang terasa alot saat digigit.

Adonan memang terkadang lebih lembek dari biasanya sehingga lengket saat dibentuk, tetapi tak mengapa, taruh sagu di telapak tangan supaya tak terasa lengket saat membentuk, yang penting adonan matang sempurna saat direbus dan hasilnya cukup lembut saat dimakan.

Baiklah teman-teman, ini dia resep yang saya gunakan untuk membuat pempek lenjer:

Pempek lenjer ikan tengiri

Pempek Lenjer

Resep Pempek Lenjer

Bahan:

  • 500 gram ikan tengiri, singkirkan duri dan kulitnya lalu haluskan, simpan dulu di kulkas
  • 400 gram tepung sagu tani atau tapioka (saya pakai tapioka)
  • 50 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 300 ml air
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Tepung sagu atau tapioka secukupnya untuk membentuk

Saus:

  • 2 sdm ebi
  • 350 ml air
  • 1 sdm asam jawa
  • Cabai rawit hijau secukupnya (sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • 3 siung bawang putih
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Didihkan air dengan garam, gula, dan bawang putih halus, lalu tambahkan tepung terigu, aduk-aduk hingga rata, lalu matikan apinya. Biarkan dingin.
  2. Setelah dingin, blender adonan biang hingga halus lalu campur dan aduk rata dengan ikan tengiri yang sudah dihaluskan dan didinginkan, dan telur kocok.
  3. Selanjutnya masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, dan aduk hingga rata dan uleni dengan ujung jari saja hingga bisa dibentuk. Cuci tangan lalu balur dengan tepung sagu atau tapioka. Buat bentuk lenjer hingga seluruh adonan habis. Untuk mempermudah membentuk, bisa menggunakan talenan atau tampah baik dari bambu maupun plastik yang sudah ditaburi sagu atau tapioka.
  4. Siapkan panci berisi air kira-kira 2 liter, beri sedikit minyak goreng dan garam secukupnya, lalu didihkan. Setelah mendidih, masukkan pempek lenjer tadi satu demi satu hingga mengampung dan benar-benar matang sampai ke dalam.
  5. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan, biarkan dingin, lalu dipotong-potong sesuai dengan selera. Goreng dalam hingga matang dan sajikan dengan saus cuka, irisan mentimun, dan mie kuning bila suka.

Cara membuat saus cuka:  Rebus semua bahan saus, lalu saring dan nikmati bersama pempek

Begitulah cara memasak resep pempek lenjer menggunakan biang ini, semoga berguna … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *