Resep Pancake Oatmeal Pisang Kayu Manis

Pancake banana oat

Cara membuat pancake oatmeal enak mudah

Apakah teman-teman senang membuat pancake untuk sarapan? Banyak orang yang menyukai pancake sebagai menu sarapan karena enak, bisa cepat disiapkan, anak-anak pun umumnya suka sarapan pancake.

Jadi meskipun bukan makanan asli Indonesia, namun pancake termasuk makanan yang populer. Banyak keluarga yang senang membuatnya, terutama karena praktis dan cocok sekali sebagai sarapan yang ringan. Restoran yang menjualnya juga semakin mudah ditemukan.

Salah satu jenis pancake yang banyak digemari adalah pancake oatmeal pisang. Pasti teman-teman juga sudah tahu bahwa oatmeal atau oat adalah salah satu bahan pangan yang menyehatkan karena kandungan gizinya bagus.

Berbeda dengan tepung terigu yang hanya menghasilkan kalori, oat masih mengandung banyak serat, vitamin B1, dan mineral magnesium dan fosfor. Jadi selain menyediakan gizi yang baik, oat juga mengenyangkan karena masih banyak mengandung serat.

Karena itu, oat sering disarankan untuk menu sarapan yang sehat. Jadi, pancake yang terbuat dari oat ini, bisa dikatakan versi pancake yang sehat. Cocok untuk teman-teman yang sedang diet, cocok juga untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Oat juga baik untuk penderita jantung dan diabetes.

Supaya manfaat sehatnya makin terasa, dalam resep ini digunakan buah pisang sebagai campuran. Sebenarnya tidak harus  buah pisang, teman-teman bisa juga menggunakan buah yang lain, seperti mangga bahkan juga durian.

Pancake oat memang sangat cocok dibuat dengan menggunakan buah yang manis seperti pisang atau mangga. Keduanya sama-sama enak. Apalagi menggunakan durian.

Karena pancake ini versi sehat, jadi tidak menggunakan baking powder atau soda kue sama sekali. Juga tidak menggunakan tepung terigu. Jadi, pancake ini tidak akan mengembang sekali seperti kalau menggunakan tepung terigu dan baking powder atau soda kue.

Gula juga tak diperlukan di sini. Jika pisang yang digunakan sudah matang betul, hanya dengan tambahan beberapa sendok susu kental manis saja rasanya sudah cukup manis.

Biasanya saya tidak menggunakan timbangan untuk membuatnya. Semuanya menggunakan ukuran rumah tangga saja. Dua buah pisang, dua butir telor, 16 sendok makan oat (bisa yang instan, bisa juga yang quick cooking). Hanya karena ingin share saja saya mencoba mengukur sebisanya.

Supaya lebih kaya rasa, dalam resep ini ditambahkan juga bubuk kayu manis. Bagi yang tidak suka bisa diskip saja ya…. Kemudian, minyak zaitun untuk olesan bisa diganti dengan minyak goreng atau margarin bila tak suka.

Hanya saja bila menggunakan margarin, biasanya pancake nya terasa lebih asin karena margarin mereka tertentu rasanya memang asin.

Berikut ini resep selengkapnya:

Resep Pancake Oatmeal Pisang Kayu Manis Sederhana

Hasil: 5 buah pancake

Bahan:

  • 2 buah pisang cavendish ukuran besar yang sudah sangat matang, haluskan dengan sendok
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 16 sdm instant oat
  • Susu kental manis (bisa yang putih, bisa juga yang cokelat), secukupnya
  • sejimpit garam
  • 1/3 sdt bubuk kayu manis jika suka
  • 2 sdm minyak zaitun/minyak goreng/mentega

Cara membuat:

  1. Tuangkan kocokan telur ke dalam pisang yang sudah dihaluskan dengan garpu atau sendok, lalu aduk hingga rata, tambahkan oat dan susu kental manis, tambahkan juga garam dan kayu manis. Aduk hingga rata.
  2. Panaskan wajan teflon dengan api kecil saja, lalu oleskan sedikit minyak zaitun/minyak goreng/margarin, dan ratakan
  3. Tuang 2 sendok sayur adonan pancake, tipiskan pancake di wajan teflon, buat bentuk bulat, lalu tutup rapat.
  4. Balik dengan hati-hati setelah terdengar bunyi mendesis.
  5. Tutup rapat kembali dan langsung angkat setelah terdengar bunyi mendesis berikutnya.
  6. Kerjakan terus hingga seluruh adonan selesai dipanggang.
  7. Sajikan dengan potongan anggur, stroberi, cheri, atau sesuai dengan selera.

Jadi begitulah teman-teman cara membuat pancake oatmeal pisang kayu manis,  Mudah bukan? Semoga cocok dengan selera teman-teman semua. Selamat mencoba dan menikmati (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *