Resep orak-arik wortel

orak-arik wortel

Membuat orak-arik wortel dan kol

Orak-arik adalah salah satu jenis masakan yang simpel. Bisa dengan mudah dan cepat disiapkan. Siapa saja pasti bisa membuatnya. Rasanya gurih sedikit pedas. Enak dimakan hangat-hangat sebagai teman makan nasi atau roti, dan umumnya orang suka masakan ini.

Masakan ini juga praktis karena sekali masak bisa berfungsi sebagai lauk sekaligus sayuran. Karena itu, orak-arik sering sekali dijadikan pilihan untuk menu sarapan atau menu sahur.

Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat orak-arik juga sangat fleksibel. Bisa menyesuaikan dengan sayuran apa saja yang tersedia di kulkas, mulai dari wortel, buncis, kembang kol, tauge, kol, jamur merang, brokoli, daun bawang, dsb. semua bisa dimasukkan.

Sedangkan telur ayam, umumnya tersedia di setiap rumah tangga. Jumlah telur yang dipakai biasanya juga fleksibel, bisa menyesuaikan dengan selera. Jika diinginkan, kita bisa juga menambahkan sumber protein lain di sini, seperti misalnya sosis atau bakso.

Bumbu orak-arik umumnya bervariasi juga, sesuai dengan selera, tentunya juga sesuai dengan  ketersediaan di rumah. Orak-arik bisa dibuat hanya dengan bumbu bawang putih, merica bubuk, dan garam saja. Tentunya akan lebih sedap jika menggunakan tambahan bawang merah.

Ada juga yang membumbuinya lengkap, dengan bawang merah, bawang putih, merica, kemiri dan garam. Membuat rasa orak-ariknya lebih gurih lagi.

Bumbu orak-arik yang disukai saat ini umumnya menggunakan saus tiram, dan memang saus tiram memberikan sensasi rasa yang berbeda lagi. Jadi semuanya kembali ke selera masing-masing dan persediaan bahan serta bumbu yang ada di rumah.

Orak-arik menyehatkan karena umumnya terbuat dari telur dan sayuran. Teman-teman tentu mengetahui bahwa sayuran sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari, dan diharapkan konsumsinya bervariasi.

Sedangkan telur adalah sumber protein yang bagus dan mudah dicerna.  Sangat baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Baik juga untuk beraktivitas sehari-hari bagi anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa.

Masalahnya hanyalah pada orang yang sudah menuju lansia. Mereka perlu memperhatikan benar berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi setiap hari atau setiap minggu. Karena kuning telur mengandung kolesterol yang tidak bisa diabaikan begitu saja, terutama oleh mereka yang sudah memiliki masalah jantung dan kolesterol.

Batas yang masih dianggap aman menurut penelitian terakhir adalah 4 butir telur dalam seminggu. Baiklah teman-teman, resep orak-arik kali ini adalah orak-arik yang betul-betul klasik, bahannya terdiri dari wortel dan kol saja, bahan yang bisa disimpan lama dan umumnya tersedia di setiap rumah.

Resep orak-arik wortel

Bahan:

  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 125 g wortel, kupas dan potong tipis bentuk korek api
  • 125 g kol, buang tulang daunnya dan iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 butir telur, kocok lepas

Bumbu, haluskan:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus menggunakan 2 sdm minyak hingga harum, lalu masukkan potongan wortel, aduk rata, lalu tambahkan irisan kol, aduk kembali hingga rata dan sayuran terlihat layu.

2. Beri garam, gula dan merica bubuk, aduk hingga rata, cicipi dan koreksi rasanya hingga pas.

3. Tuang kocokan telur dan aduk-aduk hingga menggumpal dan matang. Angkat dan sajikan hangat.

Jadi begitulah resep orak-arik wortel, praktis, mudah dan cepat dibuat bukan? IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *