Resep Orak-Arik Labu Siam Pedas

Orak-arik labu siam acar

Cara Memasak Orak-Arik Labu Siam

Rasanya sudah lama tidak memasak sayur labu siam. Labu siam bagi saya termasuk sayuran yang mudah dimasak dan enak. Ada banyak masakan labu siam yang sedap, namun yang populer umumnya yaitu dimasak sambel goreng atau dimasak dengan kuah santan untuk dimakan dengan lontong.

Sebenarnya labu siam tidak hanya enak dimasak dengan kuah santan seperti itu. Ditumis biasa saja juga sudah enak. Kali ini, labu siamnya ditumis dengan bumbu yang cukup pedas lalu diorak-arik dengan telur, rasanya enak lho… Lebih enak lagi jika dicampur dengan wortel. Sayangnya karena sedang tidak tersedia jadi saya tidak menggunakan wortel.

Supaya lebih sedap, sebaiknya gunakan labu siam yang masih muda. Saya malah sering menggunakan labu siam kecil atau labu siam acar yang biasanya untuk dijadikan lalap itu untuk disayur.  Labu siam yang kecil ini rasanya jauh lebih manis, lebih enak untuk dijadikan bahan orak-arik.

Labu siam termasuk sayuran buah yang paling mudah ditemukan di pasar. Labu siam dikenal juga dengan nama jipang atau manisa. Di kampung, sayuran yang satu ini populer sebagai tanaman pekarangan karena mudah tumbuh. Pohonnya menjalar dan ketika sudah berbuah maka buahnya akan bergantungan pada tangkainya dan terlihat menarik.

Labu siam baik untuk kesehatan karena kaya vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, labu siam tidak hanya biasa dimasak buahnya yang sudah besar atau yang masih kecil saja. Pucuk daunnya juga enak dijadikan sayur bobor, cah, atau direbus begitu saja.

Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu labu siam mengandung getah. Jadi sebelum dikupas, sebaiknya belah dua lebih dahulu, lalu biarkan getahnya keluar. Setelah itu baru dibuang bagian tengahnya, dicuci bersih, dikupas dan dipotong-potong.

Supaya tidak kaku, setelah dipotong-potong beri taburan sedikit garam lalu diamkan dulu setidaknya 20 menit. Baru selanjutnya dibilas dan ditiriskan, maka labu siam sudah siap dimasak.

Jika menggunakan labu siam yang kecil, biasanya lebih mudah karena belum ada getahnya, jadi bisa langsung di buang bagian tengahnya, dikupas, dicuci dan dipotong-potong.

Baiklah teman-teman, ini dia resep selengkapnya. Bagi yang tidak suka pedas, cabainya bisa dikurangi, sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Resep Orak-arik labu siam pedas

Bahan:

  • Beberapa buah labu siam acar, potong kecil memanjang, seperti bentuk korek api
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 3 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 2 buah cabai hijau keriting, iris serong
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu, haluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, lalu masukkan irisan cabai merah dan cabai hijau. Aduk-aduk hingga cabai terlihat layu, selanjutnya tambahkan labu siam dan beri air secukupnya, lalu masak hingga labu siam menjadi matang.
  2. Setelah labu matang, cukup empuk, dan airnya tinggal sedikit, segera masukkan kocokan telur, lalu aduk-aduk hingga telurnya menggumpal dan matang.
  3. Bumbui dengan garam, gula, kaldu bubuk, serta merica bubuk secukupnya. Cicipi dan koreksi rasanya. Setelah rasanya pas segera angkat dan sajikan hangat bersama nasi dan lauk pauknya.

Jadi begitulah cara memasak resep orak-arik labu siam pedas. Mudah saja bukan cara membuatnya? Memasaknya juga cepat, karena labu siam cepat empuk jika dimasak. Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *