Resep nugget stik ayam keju

chicken nugget stik keju

Mari membuat nugget

Nugget ayam adalah makanan praktis siap goreng yang populer, karena sangat memudahkan Ibu-ibu rumah tangga, terutama yang mempunyai anak kecil. Anak-anak umumnya suka makan dengan nugget karena rasanya  yang gurih dan renyah.

Jika dilihat dari praktisnya, sebenarnya nugget tidak hanya cocok untuk anak-anak kecil saja. Nugget juga bisa menjadi lauk yang enak untuk orang dewasa maupun anak remaja. Barangkali cara membuatnya saja yang perlu sedikit diubah.

Untuk anak remaja dan orang dewasa, daging ayamnya tidak perlu diproses sampai lembut sekali, tapi cukup dipotong dadu kecil saja, lalu diproses sebentar menggunakan copper atau food processor. Bila tidak menggunakan food processor atau copper bisa saja langsung dicincang.

Nugget bisa dibuat menggunakan daging ayam, udang, sapi, ikan, sayuran, bahkan juga tempe atau tahu. Bumbu yang dipakai tentunya menyesuaikan dengan bahan yang digunakan.

Campuran daging yang sudah dicincang dan dicampur dengan telur ayam, lalu diberi bumbu biasanya menjadi adonan yang lembek sekali. Supaya adonannya lebih kental, biasanya diberi campuran roti tawar yang sudah direndam dalam air atau susu hingga hancur.

Roti tawar yang sudah hancur ini selanjutnya diperas lalu dicampurkan ke adonan.  Cara yang lain yaitu dengan penambahan tepung seperti tepung sagu, tapioka, maizena, atau tepung roti.

Setelah adonan cukup kental, kemudian dikukus hingga matang lalu dipotong-potong, kemudian diberi lapisan telur dan tepung roti atau panir. Selanjutnya bisa langsung digoreng atau disimpan.

Nugget bisa disimpan cukup lama di dalam freezer. Jadi kapanpun dibutuhkan, tinggal digoreng saja. Praktis bukan? membuat nugget membuat kita memiliki home made frozen food.

Karena sudah lama tidak membuat nugget, kali ini saya ingin membuat nugget yang agak beda dari biasanya. Teringat waktu membuat isi martabak kemarin, saya jadi ingin adonan nuggetnya ditumis lalu dipanggang saja, dengan begitu waktu pengerjaannya lebih singkat.  Begini resepnya teman-teman:

chicken nugget stik keju

chicken nugget keju

Resep nugget ayam keju

Untuk : 22-24 nugget stik

Bahan:

Adonan nugget:

  • 250 g dada ayam, potong dadu lalu diproses sebentar dengan copper atau food processor
  • 60 g wortel kupas, parut menggunakan parutan keju
  • 50 g keju, parut
  • 60 g bawang bombai, cincang halus
  • 2 buah bawang putih ukuran besar, parut menggunakan parutan keju
  • 1/3 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 2 butir telur
  • 2 1/2 sdm tepung tapioka
  • 1 1/2 sdm susu bubuk

Adonan pelapis

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 75 g tepung terigu
  • tepung roti atau panir secukupnya
  • minyak goreng untuk mengoles loyang dan menggoreng

Cara membuat:

1. Tumis bawang bombai dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, masukkan bawang putih, tumis lagi hingga harum lalu masukkan daging ayam cincang. Aduk hingga berubah warna, teruskan mengaduk karena daging ayam biasanya menggumpal, kecilkan api bila perlu.

2. Masukkan parutan wortel, tambahkan garam, gula, dan merica. Aduk rata, cicipi dan koreksi rasanya, terus dimasak sambil diaduk hingga airnya surut. Matikan api, lalu masukkan telur kocok, keju parut, kaldu ayam bubuk, susu bubuk, dan tapioka, aduk hingga rata.

3. Siapkan loyang, olesi minyak hingga betul-betul rata lalu masukkan adonan. Panggang pada suhu 180 derajad selama 15-20 menit saja (tergantung oven masing-masing) atau hingga matang.

4. Biarkan dingin lalu potong-potong bentuk stik atau sesuai dengan selera. Ambil 1 stik, lumuri dengan terigu hingga rata, lalu celupkan pada kocokan telur yang telah diberi sejimpit garam dan merica, selanjutnya gulingkan ke dalam tepung roti hingga bagian luarnya terlapisi tepung roti hingga rata.

5. Goreng dalam minyak panas hingga matang. Bila tidak ingin langsung dimakan, bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam freezer. Pisahkan tumpukan nugget dengan plastik supaya tidak saling lengket.

Begitulah resep nugget ayam keju kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *