Resep nugget ayam wortel keju

Nugget Ayam Wortel Keju

Membuat chicken nugget dengan wortel dan keju

Biasanya setiap keluarga, terutama yang mempunyai anak balita hingga SD selalu mempunyai stok makanan beku, khusus untuk saat-saat darurat seperti chicken nugget, kaki naga, dll. Makanan seperti itu seringkali diperlukan, karena kita tidak pernah tahu dengan pasti kapan akan membutuhkannya.

Selalu ada saat-saat tertentu, seperti misalnya saja baru pulang bepergian dari luar kota lebih dari seminggu, dan sesampainya di rumah sudah terlalu malam untuk berbelanja. Bila saat itu di kulkas ada persediaan makanan beku siap dimasak, tentu akan sangat membantu.

Jadi bunda tak perlu bingung saat menyiapkan makan malam ataupun sarapan. Apalagi saat ini makanan beku sangat mudah didapat, setiap pasar swalayan biasanya menyediakan. Kalau pun tidak ingin membeli makanan beku yang dijual bebas, makanan seperti itu sangat mudah dibuat.

Meskipun sekarang anak-anak saya sudah abg, tetapi mereka masih tetap suka makan chicken nugget. Jadi meskipun sering membeli untuk persediaan, tetapi bila ada waktu saya sering juga membuat sendiri.

Kali ini, saya ingin share resep nugget ayam wortel keju yang sejak dulu saya pakai setelah mengalami sedikit perubahan. Dulu saya tidak pernah menggunakan mayonnaise, tetapi sejak melihat resepnya Mbak Endang JTT, saya jadi terinspirasi untuk menambahkan mayonnaise di dalam resep saya.

Soalnya sudah banyak yang riview dan katanya enak. Saya jadi penasaran ingin mencoba sendiri. Dan setelah  mencoba menggunakan mayonnaise, ternyata rasanya memang jadi lebih gurih dan lebih enak. Akhirnya nggak cuma anaknya yang suka nugget, ibunya juga, hihihi …

Mayonaise terbuat dari kuning telur dan minyak, jadi penambahan mayonnaise membuat tentunya akan membuat rasa nugget menjadi lebih gurih. Cuma buat yang punya masalah kolesterol, sebaiknya hati-hati karena kuning telur mengandung kolesterol.

Selain memakai mayonnaise, dalam resep ini saya juga menambahkan tepung roti untuk membuat nugget tampak lebih padat dan lebih menarik. Supaya mirip dengan yang dijual di pasar swalayan, haha …

Bahan-bahan lainnya tidak saya rombak. Bahkan wortel dan bawang bombainya ditambah supaya lebih banyak serat dan vitaminnya. Dengan penambahan tepung roti, saya tidak perlu khawatir nuggetnya akan menjadi lembek.

Susu dan keju tetap saya gunakan supaya proteinnya bertambah. Maklum yang makan anak abg yang kebutuhan gizinya tentunya lebih banyak daripada anak balita dan SD.

Resep Nugget Ayam Wortel keju

Bahan

  • 350 gram daging ayam cincang
  • 100 gram wortel kupas, parut menggunakan parutan keju
  • 100 gram bawang bombai cincang halus, tumis hingga harum dan transparan
  • 2 sdm susu bubuk
  • 3 sdm keju parut
  • 2 butir telur ukuran besar
  • 5 sdm mayonaise
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 4 sdm tepung roti atau tepung panir
  • 4 siung bawang putih kating, haluskan
  • 11/3 sdt merica bubuk
  • 11/3 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Bahan pelapis:

  • 100 gram tepung terigu atau tepung bumbu krispi
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 200 gram tepung panir (1 pack)

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan chicken nugget dan aduk hingga rata. Selanjutnya tuang di dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti dan diolesi margarin atau minyak goreng, lalu dikukus hingga matang.
  2. Setelah nugget matang, segera angkat dan dinginkan
  3. Begitu nugget dingin dan mengeras, potong-potong atau cetak nugget dengan bentuk sesuai dengan selera.
  4. Selanjutnya, masukkan potongan nugget ke dalam tepung terigu, sambil dibolak-balik, biarkan seluruh permukaannya terlapisi terigu, lalu celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian masukkan ke dalam tepung panir atau tepung roti sambil dibolak-balik hingga seluruh permukaannya tertutup tepung roti.
  5. Setelah semuanya selesai diberi tepung pelapis, simpan nugget di dalam lemari es dan biarkan setidaknya sejam supaya tepung rotinya menempel lebih kuat dan nugget mengeras.
  6. Kemas dalam wadah plastik dan tutup rapat dan simpan dalam freezer hingga saatnya dibutuhkan. Chicken nugget yang sudah jadi ini juga bisa langsung digoreng. Caranya, goreng dengan minyak yang cukup, dengan api sedang saja supaya tidak mudah gosong. Setelah matang segera angkat dan sajikan.

Begitulah cara memasak resep nugget ayam wortel keju ini, semoga bermanfaat. IN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *