Resep Nasi Liwet Khas Sunda Praktis Lezat

Nasi Liwet Khas Sunda Enak Sederhana

Cara Praktis Memasak Nasi Liwet Kekinian

Ada yang suka nasi liwet khas Sunda? Nasi liwet ternyata tak hanya ada di Kota Solo. Jawa Barat juga memiliki resep nasi liwet (khas Sunda) yang tak kalah sedapnya. Beberapa bulan ini bahkan fotonya begitu sering terlihat berseliweran di medsos.

Saking seringnya melihat foto maupun video Nasi Liwet tradisional Sunda yang wira-wiri di medsos, terutama di facebook, yang tentunya dilengkapi  dengan foto adegan makan rame-rame yang seru, membuat saya jadi merasa seolah ada yang kurang kalau belum memposting resepnya di blog ini, hihi.. teman-teman pasti juga punya resepnya bukan?

Berbeda dengan Nasi Liwet Solo yang berupa nasi gurih, yang disajikan bersama dengan sayur jipang (labu siam) dan suwiran ayam, nasi liwet khas Sunda ini tampil lebih sederhana. Nasi liwet Sunda hanya terdiri dari nasi yang dimasak bersama bumbu-bumbu, santan, dan cabai. Seringkali ditambah dengan ikan asin.

Tetapi jangan salah, meskipun tampil sederhana namun rasanya tak kalah nikmat. Apalagi penyajiannya begitu unik, yaitu menggunakan daun pisang yang terkadang digunakan utuh tanpa dibuang tulang daunnya (setelah dicuci bersih tentunya).

Biasanya nasi liwet dan teman-temannya itu langsung dihamparkan begitu saja semuanya di atas daun yang bisa dibariskan sampai panjang sekali, sesuai dengan jumlah orang yang makan. Supaya terjamin kebersihannya, sebaiknya nasi liwet ditata di meja panjang, sehingga makannya juga nikmat.

Sisi negatif budaya makan seperti ini adalah masalah kebersihan. Saat makanan posisinya terlalu dekat dengan kaki, akan mudah tersentuh kaki, Apalagi saat ada yang mondar-mandir dengan mengenakan rok panjang, sangat berisiko makanannya tersentuh. Bila makannya diluar, juga rawan terkena debu dan kotoran. Jadi hal-hal seperti itu sebaiknya juga diperhitungkan.

Nasi liwet bisa disajikan sangat unik dan menarik. Umumnya nasi liwet diletakkan seluruhnya memanjang di tengah-tengah tatakan daun pisang, lalu selapis lalapan disusun di pinggirnya. Di lapisan berikutnya di susun tahu dan tempe goreng berjejer dengan lauk lainnya. Selanjutnya lalapan lainnya disusun memenuhi daun di  bagian pinggirnya.

Bisa juga penataan dibuat sebaliknya, jadi aneka lauk dan lalapan disusun seluruhnya di tengah-tengah daun, lalu nasi liwetnya di taruh di pinggir-pinggir daun. Ada juga yang menata nasi liwet berdasarkan jumlah orang yang makan. Jadi penyajiannya terpisah, dimana untuk setiap orang tersedia nasi liwet, lalapan, aneka lauk, dan aksesori lainnya dalam ukuran individual.

Sambal bisa diletakkan di beberapa bagian dan tampil sebagai hiasan tambahan.  Kerupuk kampung bisa juga menjadi tambahan asesori yang menarik. Bahkan ada juga yang masih melengkapinya dengan petai dan jengkol. Kelengkapan aksesoriesnya ini membuat nasi liwet makin mengundang selera, membuat lapar orang yang melihatnya.

Nasi liwet ini sangat populer di masyarakat Sunda, dan seringkali menjadi pilihan saat mereka berkumpul bersama-sama. Dulu, nasi liwet ini biasa dimasak bersama-sama dengan menggunakan periuk atau kastrol. Bahkan nasi liwet yang lezat pada jaman dahulu dimasak menggunakan kayu bakar.

Namun kini, memasak nasi liwet tidak harus menggunakan kastrol. Nasi liwet juga bisa dibuat praktis menggunakan rice cooker atau magic com. Berikut ini adalah resep nasi liwet yang praktis karena dibuat menggunakan rice cooker atau magic com, namun tetap sedap rasanya.

Dalam resep ini, nasi liwet dimasak menggunakan santan karena kebetulan beras saya gunakan jenis yang pera (setra ramos), tapi santannya cukup yang agak encer sampai sedang saja (saya menggunakan sebungkus santan bubuk yang dilarutkan 200 ml air).

Jika tidak ingin menggunakan santan juga tidak apa-apa. Supaya hasil akhirnya nanti nasinya lebih gurih, bisa saja saat menungkan tumisan bawang dan cabai, sisa minyak yang digunakan menumis turut dimasukkan. Penggunaan ikan teri dan bumbu-bumbu juga membuat nasi liwet terasa gurih.

Dalam resep ini, selain ikan teri, saya juga menggunakan ikan asin jambal supaya lebih menarik, bila ingin menggunakan ikan teri saja sebaiknya gunakan lebih dari 50 gram. Ini dia resep selengkapnya:

Resep Nasi Liwet Khas Sunda Praktis Sedap

Bahan:

  • 400 g Beras
  • 50 g ikan teri, goreng hingga matang
  • Beberapa potong ikan asin jambal, goreng hingga matang
  • daun pisang beberapa lembar
  • 7 Butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cabai merah, iris serong
  • 2 cabai hijau, iris serong
  • 12 cabai rawit warna-warni, biarkan utuh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 200 ml santan, encer sampai sedang saja

Cara membuat:

  1. Masukkan beras ke dalam rice cooker atau magic com, lalu tambahkan sebagian bawang merah yang diiris kasar, serai, lengkuas, dan daun salam. Juga santan, garam, dan air secukupnya (banyaknya air dan santan seperti biasa jika akan memasak nasi). Lalu nyalakan magic com atau rice cookernya.
  2. Iris tipis sisa bawang merah, lalu tumis bersama irisan bawang putih dengan menggunakan minyak goreng bekas menggoreng ikan teri, lalu tambahkan irisan cabai dan cabai rawit. Selanjutnya aduk hingga layu.
  3. Masukkan tumisan bawang merah dengan cabai tadi bersama dengan sebagian ikan teri goreng ke dalam rice cooker atau magic com yang mestinya sudah mulai mendidih airnya. Aduk-aduk sebentar, lalu masak kembali hingga nasi matang.
  4. Sebelum benar-benar matang, buka dulu tutup magic com, lalu masukkan selembar daun pisang di atasnya dan taruh sisa ikan teri dan ikan jambal di atas daun. Tutup kembali magic com atau rice cooker, dan biarkan tetap demikian hingga nasi matang dan nasi liwet siap disajikan bersama aneka kelengkapannya.

Begitulah cara membuat resep nasi liwet sunda praktis lezat ini, semoga bermanfaat … IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *