Resep masakan udang goreng panir

udang goreng dengan lapisan panir

Cara memasak udang goreng panir

Dalam kelompok makanan laut (sea food), udang termasuk favorit karena mudah diolah menjadi berbagai macam sajian lezat, bisa juga untuk campuran masakan lain supaya semakin lezat. Tak heran jika masakan dengan bahan dasar udang banyak sekali jenisnya.

Teman-teman tentu sudah mengenal masakan udang goreng mentega, udang balado, udang telur asin, sambal goreng udang petai, pulut udang, hingga pepes udang. Mungkin bahkan ada yang menjadi favorit keluarga.

Bagi yang gemar traveling, pasti pernah mendengar tentang sambal udang Bu Rudi dari Surabaya yang tersohor itu.  Teman-teman pasti juga bisa menemukan masakan terkenal dengan bahan dasar udang dari negara lain, misalnya tempura udang dari Jepang.

Sementara dari Thailand kita bisa merasakan segarnya udang saat dimasak sebagai sup yang asam dan pedas dalam tom yam goong.

Sebagaimana kelompok makanan laut lainnya, udang banyak mengandung protein dan mineral seperti kalsium dan magnesium, namun rendah energi. Jadi udang pun cocok dijadikan bagian dari menu diet.

Tapi perlu diingat bahwa udang juga mengandung kolesterol. Karena itu, bagi teman-teman yg punya masalah kolesterol sebaiknya batasi konsumsi udang dan keluarga seafood lainnya.

Resep masakan udang berikut ini termasuk praktis dan mudah. Para penggemar udang pasti tak akan melewatkan masakan ini. Udang yang digoreng tepung memang gurih dan enak rasanya. Apalagi jika ditambah dengan lapisan panir atau tepung roti/panko, lalu digoreng dengan minyak banyak.

Rasanya menjadi semakin gurih dan renyah, mirip tempura. Baik anak-anak maupun orang dewasa umumnya suka. Membuatnya pun tidak membutuhkan waktu lama.

Dalam resep ini, udang diberi tepung bumbu buatan sendiri yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan tepung sagu, lalu dibumbui dengan merica bubuk dan cabai bubuk. Tingkat kepedasannya tentunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sedangkan sausnya sederhana saja, bisa saus sambal botolan atau saus mayonaise. Cara membuat saus mayonnesnya mudah saja, hanya mayonaise ditambah minyak zaitun, sedikit jeruk nipis dan mustard. Bila ingin rasa saus yang agak manis, tambahkan sedikit madu atau susu kental manis.

Resep masakan udang goreng panir

Bahan:

  • 300 g udang jerbung, bersihkan, buang kulitnya, sisakan ekornya
  • 2 sdt bawang putih cincang
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur, kocok lepas dan beri 3 sdm air putih
  • 200 g tepung roti/panko
  • minyak untuk menggoreng

Tepung bumbu:

  • 100 g terigu protein rendah/sedang
  • 2 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung sagu
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt cabai bubuk (atau sesuai kepedasan yang diinginkan)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm susu bubuk

Cara membuatnya:

1. Bersihkan udang, bumbui dengan bawang putih cincang, garam, dan merica bubuk, diamkan di lemari es setidaknya 20 menit.

2. Lapisi udang dengan bahan tepung bumbu, lalu celupkan di  kocokan telur dan gulingkan di tepung roti/panko. Lakukan hingga semua udang terlapisi tepung roti, lalu simpan di freezer 15-20 menit, supaya lapisan tepung dan panir melekat sempurna pada udang.

3. Selanjutnya goreng dengan minyak panas hingga matang

4. Angkat dan sajikan dalam piring dengan saus mayonaise atau saus sambal botolan (IN).

Demikianlah resep masakan udang goreng panir, cukup jelas bukan cara pembuatannya? Jika teman-teman ingin menikmatinya dengan saus mayonnaise, berikut ini cara membuat sausnya:

Cara membuat saus mayonaise

Aduk hingga rata:

3 sdm mayonaise

2 sdm minyak zaitun

1 sdt air jeruk nipis

1/2 sdt mustard

Begitulah cara memasak udang goreng panir dan sausnya. Tambahkan madu atau susu kental manis pada saus bila ingin saus yang agak manis (IN)

Pencarian dari google:

2 Responses to Resep masakan udang goreng panir

  1. horoskop says:

    thankyou

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *