Resep tumis kangkung bumbu terasi

sayur kangkung membuat tidur enak dan mencegah sembelit

Membuat tumis kangkung dengan udang

Di saat cuaca mendung dan mulai sering turun hujan seperti saat ini, sepertinya yang paling cocok adalah memasak kangkung, hihi …. dingin-dingin begini paling enak tidur lebih cepat bukan? Banyak orang yang percaya bahwa makan kangkung akan membuat mata mengantuk. Apakah teman-teman juga mempercayainya?

Menurut buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, kangkung memang mengandung unsur sedatif. Artinya, bisa membuat tubuh lebih rileks, mata mudah mengantuk, dan tidur lebih nyenyak. Jadi sangat direkomendasikan buat teman-teman yang sering susah tidur atau mengalami insomnia.

Tapi kalau sedang mengerjakan banyak tugas, tentu lebih baik menghindari dulu banyak makan sayur kangkung.

Pastinya bukan itu saja alasannya mengapa sayur kangkung populer dan disukai orang. Kangkung memang enak rasanya jika dimasak tumis atau cah. Bila teman-teman mengunjungi warung tenda yang menyediakan seafood, biasanya tersedia juga cah kangkung.

Begitu juga di restoran yang menyediakan masakan China. Kangkung biasanya dimasak dengan bumbu bawang  putih, bumbu terasi, saus tiram, dan akan lebih enak lagi kalau ditambah dengan daging sapi yang diiris tipis atau sea food. Ada begitu banyak variasi masakan kangkung.

Kangkung juga bagus kandungan gizinya. Warnanya yang hijau gelap menunjukkan kandungan vitamin A nya yang tinggi. Kangkung pun mengandung vitamin B dan C, serta mineral seperti zat besi, fosfor, serta kalsium.

Kadar seratnya cukup tinggi sehingga sayur kangkung juga bisa membantu teman-teman yang sering mengalami masalah sembelit. Sering-seringlah makan sayur kangkung supaya selalu lancar bab.

Memasak tumis kangkung sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Batang kangkung cukup lunak sehingga cepat empuk bila direbus. Tapi ada juga jenis kangkung yang batangnya agak keras.

Jika memang demikian, saat memasak tutup sebentar wajannya dengan tutup panci kira-kira 5-10 menit saja. Biasanya batang kangkung sudah cukup empuk.

Resep tumis kangkung berikut ini bumbunya sederhana saja. Pastikan kangkungnya masih betul-betul segar sehingga rasanya enak dan jangan terlalu lama merebusnya.

Resep tumis kangkung bumbu terasi

Bahan;

  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 4 butir bawang merah, kupas dan iris tipis
  • 2 siung bawang putih, kupas dan iris tipis
  • 3 cabai merah keriting, iris serong
  • 1 sdt terasi, bakar dan haluskan
  • 2 ikat kangkung, cuci bersih dan petik daun serta batang mudanya
  • 100 g udang kupas ukuran sedang
  • 100 ml air matang
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir bila suka

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah dengan minyak goreng hingga harum baunya, lalu masukkan irisan bawang putih dan cabai, aduk-aduk hingga cabai terlihat layu, baru tambahkan udang kupas.

2. Aduk-aduk hingga udang berubah warna, lalu tambahkan terasi dan kecapnya, biarkan sebentar lalu masukkan kangkungnya dan aduk rata.

3. Tambahkan air matang supaya bumbunya tidak gosong dan masak sebentar, biarkan daun dan batang kangkung matang dan cukup empuk.

4. Bumbui dengan garam, lalu cicipi apakah pedas, manis dan asinnya sudah pas, tambahkan gula pasir bila perlu.  Angkat segera setelah sayur kangkung matang dan cukup empuk. Sajikan segera dalam mangkuk saji.

Begitulah teman-teman,  resep tumis kangkung bumbu terasi. Perlu diingat bahwa sayur kangkung biasanya cepat sekali berubah warna. Karena itu sebaiknya dimasak sesaat sebelum disajikan, dan segera dihabiskan. Jika tak segera dimakan, warnanya akan segera berubah kehitam-hitaman.

Memasak sayur kangkung juga bisa dengan cara merebus kangkungnya lebih dahulu, terutama jika batang kangkungnya agak keras.

Jadi caranya, sehabis menumis bumbu, kangkung bisa langsung dimasukkan dan begitu bumbu rata dan airnya mendidih, tumis kangkung bisa langsung diangkat. Menurut yang biasa memasak dengan cara demikian, setelah matang kangkungnya jadi lebih lambat berubah warna. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *