Resep masakan sop daging dengan kacang merah

Membuat sup kacang merah tidak butuh waktu lama

Memasak sop daging dengan kacang merah

Sop atau sup daging sapi dengan kacang merah sangat cocok disajikan saat cuaca dingin di musim hujan. Membuat badan menjadi terasa hangat, terutama bila dibumbui cukup banyak merica dan pala.

Sop ini juga mengenyangkan karena paduan daging sapi dan kacang merah yang sama-sama mengandung protein dan lemak. Selain itu, kacang merah pun kaya mineral, disamping dapat memberikan tambahan serat yang penting untuk kesehatan.

Di pasaran, kacang merah tersedia dalam bentuk kering dan segar. Keduanya sama-sama bagus. Bedanya hanya kacang tanah yang kering butuh waktu merebus  yang jauh lebih lama agar menjadi empuk. Untuk mengurangi waktu merebus, sebaiknya kacang merah direndam lebih dahulu sebelumnya, semalam bila perlu.

Kalau tak ingin repot, gunakan saja kacang merah segar atau yang kalengan. Kacang yang segar hanya butuh direbus 5 menit saja. Kacang merah seharusnya memang direbus lebih dahulu terpisah dari supnya, karena air rebusan kacang merah biasanya keruh. Setelah menjadi empuk, air rebusannya bisa dibuang dan kacangnya ditiriskan.

Selain kacang merah, daging sop juga perlu direbus dahulu hingga agak empuk. Bila teman-teman menyukai potongan tulang sapi yang masih berdaging, bisa juga digunakan untuk sop ini.

Cuci daging hingga benar-benar bersih, karena sisa-sisa darah pada daging akan membuat kuah sop menjadi keruh. Sop daging akan nampak lebih menarik bila kuahnya bening.

Rebus daging dengan api kecil. Tambahkan sepotong bawang bombai, sepotong wortel, dan setangkai seledri supaya kuah sop lebih harum dan segar. Singkirkan buih berwarna kecokelatan yang muncul setelah daging mulai mendidih.

Setelah daging menjadi hampir empuk, bawang bombai, wortel dan seledrinya bisa disingkirkan, kuahnya di saring, maka daging dan kaldunya pun siap dimasak.

Jika ingin kuah kaldunya lebih bening, bisa dengan cara membuang air rebusan yang pertama. Jadi rebus sebentar daging dengan air secukupnya, buang airnya lalu ganti airnya dan rebus daging sampai agak empuk.

Resep sup daging sapi dengan kacang merah

Bahan:

  • 350 g daging sapi untuk sup
  • 250 g kacang merah segar
  • 200 g wortel, potong tipis bulat kira-kira setebal 1/2 cm
  • 150 g kentang, potong dadu
  • 3 tangkai seledri, potong-potong dengan tangan saja (sisakan setangkai untuk merebus daging supaya kuah lebih harum)
  • 25 g potongan bawang bombai (supaya kuah lebih harum)
  • 30 g potongan wortel (untuk membuat kuah lebih harum)

Bumbu:

  • 7 butir bawang merah, iris halus
  • 6 siung bawang putih, iris halus
  • 2 sdm mentega atau minyak goreng untuk menumis
  • 3 cm jahe
  • 1/3 buah biji pala
  • 5 cm kayu manis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat:

1. Rebus kacang merah segar hingga agak empuk, kira-kira 5 menit, lalu angkat, tiriskan, dan sisihkan.

2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih dengan mentega hingga harum, lalu tambahkan jahe, biji pala, dan kayu manis. Selanjutnya aduk rata dan tumis kembali hingga harum, lalu angkat dan sisihkan.

3. Rebus daging dengan api kecil atau sedang saja hingga agak empuk. Masukkan sepotong bawang bombai (kira-kira 25 g), sepotong wortel (kira-kira 30 g)  dan setangkai seledri ke dalam rebusan daging. Buang buih berwarna kecokelatan yang muncul di permukaan kuahnya.

4. Setelah dagingnya agak empuk, angkat dan saring kuahnya. Buang potongan bawang bombai, wortel, dan seledri rebusnya. Selanjutnya masak kembali kuahnya, dan tambahkan air putih hingga 1,2 l. Masukkan kembali dagingnya, potong-potong bila masih berukuran besar, lalu tambahkan bumbu yang tadi telah ditumis. Setelah dimasak hingga mendidih, masukkan juga potongan wortel, kentang, dan kacang merah. Bumbui dengan merica bubuk, garam, dan gula pasir, cicipi apakah rasanya sudah pas, lalu masak terus hingga semua sayurannya matang.

5. Setelah seluruhnya matang, angkat dan sajikan sup dengan taburan bawang merah dan daun seledri yang telah dipotong-potong dengan tangan.

Itulah cara membuat sup daging dengan kacang merah, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *