Resep beef teriyaki tanpa sake dan mirin

beef teriyaki bisa dijadikan menu sehari-hari

Membuat masakan beef teriyaki praktis dan lezat

# tanpa sake dan mirin

Beef teriyaki sebenarnya adalah masakan Jepang, namun di Indonesia masakan ini sudah sangat populer. Masakan ini mudah sekali ditemui di Mal-Mal besar di berbagai kota di Indonesia.

Bagi teman-teman yang ingin membuat sendiri pun tidak terlalu sulit memasaknya. Bumbunya sederhana saja dan mudah disiapkan, anak-anak biasanya suka.

Beef teriyaki ini cocok untuk dijadikan menu masakan sehari-hari atau sebagai bekal sekolah/ke kantor, terutama bagi Ibu-ibu yang bekerja.

Daging sapinya bisa dibumbui dulu di malam hari, lalu disimpan dalam lemari es. Pagi-pagi tinggal di tumis sebentar sudah bisa dijadikan sarapan atau bekal untuk ke kantor/sekolah.

Pilihlah daging yang bagus (misalnya daging has dalam), sehingga cepat empuk, jadi tidak membutuhkan waktu lama menyiapkan,

Dalam resep berikut ini, beef teriyakinya sudah disesuaikan dengan citarasa Indonesia. Terutama karena di Indonesia sebagian besar penduduknya muslim. Tidak mungkin mengikuti resep aslinya yang menggunakan sake dan mirin, karena keduanya tergolong minuman beralkohol yang penggunaannya diharamkan dalam agama Islam.

Sake adalah minuman keras khas Jepang yang berasal dari hasil fermentasi beras, biasa disebut juga sebagai anggur beras (rice wine) dan sering digunakan sebagai bumbu masakan Jepang. Citarasanya sedikit asam dan manis.  Sebagai bumbu, sake bisa digantikan dengan jus anggur ditambah sedikit air perasan jeruk lemon.

Sedangkan mirin yang berwarna kuning dan bercitarasa manis, kadar alkoholnya lebih rendah daripada sake. Mirin juga sering menjadi bumbu dalam masakan Jepang.

Mirin biasanya digunakan dalam masakan karena kandungan alkoholnya dapat berfungsi untuk menghilangkan rasa amis (misalnya pada masakan ikan) dan mengurangi risiko hancur pada masakan.

Sedangkan gulanya bisa menambah rasa manis pada masakan dan pada masakan teriyaki bisa membuat bahan makanannya terlihat mengkilat serta memberikan aroma yang lebih wangi. Sebagai ganti mirin, kita bisa menambahkan gula pasir saja.

Meskipun tidak menggunakan sake dan mirin seperti resep aslinya, tapi resep beef teriyaki berikut ini hasilnya masih bisa tetap nikmat. Apalagi saus teriyaki kini semakin gampang didapat dan dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Memang bagi mereka yang menyukai rasa yang lebih tajam (medok), umumnya merasa perlu menambahkan lagi beberapa macam bumbu. Tapi adanya saus itu tentu lebih memudahkan kita membuat masakan ini. Kita tinggal menambahkan bumbu sesuai dengan selera masing-masing.

Dalam resep ini ditambahkan paprika merah dan hijau supaya lebih segar. Masukkan bawang bombainya sesudah dagingnya empuk sehingga masih terasa segar dan renyah saat disajikan.

Resep beef teriyaki

Bahan:

  • 350 g daging sapi
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 siung bawang putih, memarkan dan cincang
  • 50 g paprika merah, iris memanjang
  • 50 g paprika hijau, iris memanjang
  • 40 g bawang bombai, iris memanjang
  • 1 sdm wijen sangrai bila suka

Bumbu perendam:

  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 cm jahe, haluskan
  • 3 sdm saus teriyaki siap beli
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdt kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt madu

Cara membuatnya:

1. Cuci bersih dan iris daging sapi tipis-tipis melawan serat, beri bumbu perendam, aduk rata, dan diamkan dalam lemari es setidaknya 1 jam.

2. Tumis cincangan bawang putih hingga harum lalu masukkan daging bersama bumbu perendamnya, aduk rata dan masak hingga daging berubah warna. Tambahkan air bila mengering dan masak terus hingga daging empuk.

3. Masukkan bawang bombai, paprika dan merica bubuk, aduk-aduk hingga sayuran menjadi layu dan bercampur rata dengan bumbu.

4. Angkat setelah matang dan sajikan dalam mangkuk, taburkan wijen bila suka.

Begitulah resep beef teriyaki tanpa sake dan mirin. Semoga bermanfaat (IN)

Pencarian dari google:

2 Responses to Resep beef teriyaki tanpa sake dan mirin

  1. Resep Praktis says:

    resep masakan beef teriyakinya mantab, mau coba deh. buat hidangan keluarga di rumah, terima kasih websitenya sangat bermanfaat sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *