Resep ayam goreng lengkuas

ayam bumbu lengkuas

Memasak Ayam goreng lengkuas yang gurih

Banyak ibu-ibu yang senang memasak ayam. Hal itu tak mengherankan karena ayam merupakan salah satu sumber protein yang baik, dan kandungan proteinnya termasuk tinggi (18 g per 100 g bahan). Selain itu ayam juga sangat mudah didapat serta mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak dan gurih.

Bagi masyarakat Indonesia, ayam goreng adalah masakan yang sangat populer, karena hampir semua orang menyukainya. Tak heran jika variasi resep ayam goreng ini demikian banyaknya.

Sepertinya masyarakat Indonesia di setiap daerah memiliki masakan ayam goreng yang khas, lihat saja mulai dari ayam goreng padang, ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng kalasan, ayam goreng tulang lunak, ayam goreng bumbu bacem, ayam goreng kremes, ayam goreng khas Aceh, ayam goreng khas Sunda, dan masih banyak lagi.  Setiap rumah tangga seringkali juga memiliki resep andalannya masing-masing.

Belum lagi berbagai jenis ayam goreng tepung yang tentunya jauh lebih dikenal di kalangan generasi muda, dan tersedia di pasaran dalam berbagai merek, baik merek import maupun yang berasal dari dalam negeri. Di kaki lima pun bisa ditemukan ayam goreng tepung dalam berbagai nama.

Resep masakan ayam goreng lengkuas berikut ini termasuk ayam goreng yang banyak digemari orang. Cara membuatnya cukup mudah, teman-teman pasti bisa.

Ayam goreng lengkuas termasuk makanan yang praktis. Jadi, bisa dibuat dalam jumlah agak banyak dan disimpan di kulkas setelah diungkep setengah matang. Kapan pun dibutuhkan tinggal digoreng saja dan disajikan bersama nasi hangat, sambal tomat, dan lalapan.

Masakan ini cocok disiapkan menjelang lebaran atau untuk sehari-hari. Sebagai cadangan lauk saat kita tak sempat lagi membuat masakan baru.  Bila ingin disimpan agak lama bisa dimasukkan dulu di dalam freezer, bila hanya untuk 2-3 hari masih aman di kulkas bawah.

Rahasia kelezatan ayam lengkuas ini ada pada banyaknya jumlah lengkuas yang digunakan, ditambah bumbu lain tentunya, terutama bawang putih. Variasi bumbunya juga bermacam-macam, sesuai dengan selera masing-masing tentunya.

Pada umumnya, bumbu ayam goreng lengkuas tidak menggunakan merica, tetapi saya tetap pakai karena suka rasa pedas merica.  Bagi yang tidak suka tak perlu memakainya.

Resep ayam goreng lengkuas

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 1/2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 800 g (1 ekor) ayam dipotong menjadi 10-12, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 1/2 jam, bilas
  • 12 sdm lengkuas parut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 200 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang perlu dihaluskan bersama:

  • 9 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1/4 sdm merica utuh
  • 4 buah kemiri, sangrai
  • 3 jari kunyit, dikupas lalu dicincang
  • 1 cm jahe kupas
  • 2-3 sdt garam

Cara membuatnya:

1.  Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, tambahkan lengkuas parut, daun salam dan serai, lalu masukkan ayam dan aduk rata sehingga daging ayam rata terkena bumbu, masak terus dengan api kecil saja hingga cairannya mengering.

2. Selanjutnya tambahkan  kurang lebih 250 ml air, lalu masak ayam dengan api kecil sampai  setengah matang, lalu angkat segera (jika airnya sudah mengering sebelum itu, tambahkan air dan teruskan memasak sebentar).

3. Ambil ayam berbumbu, lalu goreng dengan minyak banyak hingga matang dan berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Hidangkan ayam bersama taburan remah-remah bumbu lengkuas yang telah digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan dan renyah (IN).

Catatan:

Menggoreng ayam bumbu lengkuas memang agak ribet, bumbu lengkuasnya seringkali gosong lebih dahulu atau membuat minyak cepat kotor. Karena itu siapkan saringan kawat. Saring minyaknya jika telah bercampur dengan bumbu dan angkat segera bumbu yang telah terlihat matang, sehingga tidak gosong di penggorengan dan merusak penampilan ayam goreng.

Resep ayam goreng lengkuas ini memiliki banyak versi, jika teman-teman ingin tahu cara memasak yang berbeda atau versi bumbu yang berbeda untuk memasak ayam goreng lengkuas ini, teman-teman dapat melihatnya di bagian resep 30 ikon. Masakan ayam goreng lengkuas ini termasuk salah satu di antara 30 Ikon Kuliner Indonesia.  (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *