Resep Makaroni Schotel

makaroni schotel

Siapa yang tidak suka makaroni schotel? Rasanya yang gurih lezat dan aromanya yang menggugah selera selalu membuat orang tertarik untuk mencobanya. Apalagi dinikmati dengan sambal botol yang nendang pedasnya.

Makaroni schotel yang enak saat ini memang semakin mudah didapat, baik yang dijual di toko offline maupun yang dijual online. Teknologi saat ini memang semakin memudahkan orang untuk menikmati makanan enak.

Namun begitu, tak ada salahnya jika sesekali teman-teman memasaknya sendiri. Setidaknya dengan memasak sendiri kita bisa memilih bahan apa saja yang ingin kita gunakan. Begitu matang bisa langsung dinikmati sebagai menu sarapan atau snack sore bersama keluarga, tak perlu mengantri atau menunggu lama.

Salah satu hal yang menyenangkan saat memasak makaroni schotel ini adalah wanginya yang semerbak memenuhi dapur dan seluruh rumah. Aroma wangi semerbak tadi sudah langsung bisa tercium dari jarak jauh sejak bawang bombai cincangnya baru ditumis bersama mentega.

Apalagi setelah dipanggang dengan topping saus keju, dan taburan keju parut di bagian atasnya. Jadi dalam resep ini, keju parut yang digunakan akan kita dibagi tiga, sepertiga untuk dicampurkan ke dalam makaroni, sepertiga untuk dijadikan saus keju, lalu sepertiga sisanya baru ditaburkan di bagian atasnya.

Resep dasarnya menggunakan resepyang  sudah pernah saya share sebelumnya, yaitu schotel mie. Hanya bahannya saja yang diganti di sini. Kalau perbandingan bahannya sama saja.

Untuk membuat makaroni panggang ini, saya menggunakan daging ayam fillet dan sebuah sosis. Sosisnya jika menggunakan yang berukuran besar cukup satu buah saja. Bila sosisnya kecil bisa ditambah satu lagi.

Resep Makaroni schotel

Bahan:

  • 150 g makaroni elbow, rebus hingga empuk dalam air yang diberi sedikit minyak, tiriskan
  • 1 buah sosis, potong kecil-kecil
  • 5 potong fillet ayam, direbus hingga matang lalu disuwir-suwir
  • 1 buah bawang bombai ukuran sedang, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah wortel, kupas dan serut halus
  • 250 ml susu fullcream tanpa rasa (plain)
  • 2 sdm terigu untuk membuat saus keju
  • 150 g keju cheddar, parut dan bagi tiga
  • 1/2 sdt oregano (bila suka)
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1/3 sdt garam atau secukupnya
  • 1/3 sdt gula pasir atau secukupnya
  • 1/3 sdt merica bubuk atau secukupnya
  • 1/4 sdt pala bubuk atau secukupnya
  • Margarin untuk menumis bawang bombai dan mengoles pinggan tahan panas

Cara membuatnya:

  1. Tumis sebagian bawang bombai dan bawang putih cincang dengan margarin hingga harum, lalu tambahkan suwiran ayam, aduk-aduk sebentar lalu tambahkan potongan sosis, aduk kembali hingga rata.
  2. Tuangkan sebagian susu cair, masak sebentar hingga sosis matang. Selanjutnya masukkan makaroni dan serutan wortel. aduk hingga rata, tambahkan satu bagian keju, bumbui dengan garam, gula, merica, pala dan oregano bila suka. Aduk kembali hingga rata lalu tuang kocokan telur, matikan api dan teruskan mengaduk hingga rata.
  3. Masukkan makaroni ke dalam pinggan tahan panas, beri saus keju dan beri taburan keju parut. Panggang dalam oven hingga matang. Cara memanggangnya, masukkan dulu ke rak bawah, panggang dengan suhu 160-170 derajad selama kira-kira 20 menit, lalu pindahkan ke rak bagian atas lalu panggang lagi dengan suhu 190 derajad selama kira-kira 10 menit saja hingga permukaannya berwarna kuning kecokelatan.

Cara membuat Saus Keju:

  1. Tumis sisa bawang bombai dan bawang putih dengan margarin hingga harum dengan api kecil sekali.
  2. Masukkan 2 sdm tepung terigu, dan aduk-aduk hingga berbutir-butir dan tidak menggumpal.
  3. Tambahkan sisa susu cair, lalu tuangkan kejunya, aduk-aduk hingga rata. Angkat dan tuangkan di bagian atas adonan makaroni di dalam pinggan tahan panas.

Jadi begitulah resep makaroni schotel kali ini teman-teman, selamat mencoba dan menikmati …. IN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *