Resep Kue Nastar Keju Edam Lembut dan Enak

Kue Naster Keju Edam Enak Luluh di Mulut

Cara Membuat Kue Nastar Keju Edam Lembut Enak, Luluh di Mulut

Kue nastar adalah kue yang tak pernah absen menghiasi meja saat hari lebaran tiba. Setiap keluarga seolah wajib menyajikan kue ini. Jadi kemana pun pergi bersilaturahmi saat lebaran, hampir pasti kita akan menemukan kue ini di setiap rumah yang dikunjungi.

Tak heran bila kini semakin banyak saja kreasi kue nastar yang dibuat orang. Tak hanya rasanya yang dibuat seenak mungkin, bentuknya pun makin banyak variasinya. Dengan bentuk kue nastar yang terlihat ‘beda’, diharapkan akan menarik para tamu untuk mencicipi.

Lebaran haji sudah lama berlalu, Lebaran Idul Fitri apalagi. Meskipun begitu, boleh juga lho … membuat kue nastar sekedar untuk teman ngopi atau ngeteh di sore hari. Atau, bisa juga sebagai pengisi toples di ruang tamu. Kue nastar selalu enak dinikmati kapan saja.

Untuk membuat nastar keju, keju yang digunakan bisa saja keju cheddar. Namun rasanya akan lebih istimewa jika menggunakan keju parmesan atau keju edam di dalam adonan. Dalam resep berikut ini, keju yang digunakan untuk dicampur bersama adonan adalah keju edam, sedangkan taburannya menggunakan campuran antara keju edam dan keju cheddar.

Supaya hasilnya lembut dan luluh di mulut, kita perlu menggunakan campuran antara mentega dan margarin. Agar rasanya mantap, usahakan menggunakan margarin dan mentega yang berkualitas. Dalam resep berikut ini, selain menggunakan butter margarin (mentega yang sudah dicampur dengan margarin), masih ditambah juga dengan butter atau mentega sehingga tekstur kuenya terasa makin lembut.

Mengapa kita sebaiknya tidak menggunakan mentega saja seluruhnya? Karena margarin dibutuhkan juga untuk membentuk struktur kue yang bagus. Bila hanya menggunakan mentega saja biasanya adonannya akan cenderung mudah lembek dan melebar.

Suhu udara ruangan juga ikut mempengaruhi melebar tidaknya kue. Jika suhu ruangan tempat membuat kue sangat panas, terkadang adonan menjadi sangat lembek sehingga hasil akhirnya kue yang cenderung melebar.

Karena itu, jika udara sangat panas dan adonan terasa lembek sekali, sebaiknya masukkan adonan dalam wadah, tutup dengan plastik dan simpan dulu di dalam lemari es setidaknya selama 30 menit baru dibentuk. Bisa juga adonan tetap disimpan dalam lemari es dan hanya dikeluarkan sedikit-sedikit saja ketika membentuk.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba, ini dia resep nastar keju edamnya. Resep berikut ini hanya menghasilkan satu toples kue karena dibuat bukan untuk keperluan lebaran tetapi hanya untuk konsumsi sehari-hari. Untuk keperluan lebaran, buat setidaknya 2-3 resep:

Ini dia hasilnya

Segini Hasil dari Satu Resep Kue Nastar Keju Edam

Resep Kue Nastar Keju Edam Lembut dan Enak

Bahan:

  • 75 g mentega campur margarin
  • 50 g mentega
  • 35 g gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 35 g susu bubuk
  • 135 g tepung terigu serbaguna
  • 35 g maizena
  • 35 g keju edam parut
  • Secukupnya keju cheddar dan keju edam parut untuk taburan

Bahan olesan, kocok rata:

  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt minyak
  • 1 sdt susu kental manis

Bahan selai nenas:

  • 1 buah nanas palembang, dikupas dan diparut
  • 100 g gula pasir
  • 1 sdm mentega
  • 3 cm kayu manis

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan keju parut, aduk hingga rata menggunakan whisk, sisihkan.
  2. Kocok semua mentega dan gula halus menggunakan mikser hingga tercampur rata. Sebentar saja mengocoknya supaya kue tidak pecah waktu dipanggang.
  3. Selanjutnya tambahkan kuning telur satu demi satu, setiap kali memasukkan kuning telur kocok dulu hingga rata baru masukkan kuning telur berikutnya, setelah itu matikan mikser.
  4. Masukkan campuran terigu, susu bubuk dan keju parut, lalu aduk rata dengan sendok kayu, kemudian uleni sebentar dengan tangan sampai bisa dipulung.
  5. Ambil adonan secukupnya, bulatkan dan isi dengan selai nanas, bulatkan kembali atau buat bentuk lain sesuai dengan selera dan letakkan dalam loyang kue kering yang sudah diolesi mentega dan diberi taburan terigu atau menggunakan kertas khusus untuk baking.
  6. Panggang kue nastar dalam oven dengan panas 150 derajat selama 20 menit, lalu keluarkan dan beri olesan kuning telur serta taburan keju. Kemudian panggang lagi selama sekitar 10 menit. Memanggangnya sebaiknya di bagian rak tengah saja supaya permukaan kue warnanya tidak terlalu gelap. Atau sesuaikan saja dengan oven masing-masing.
  7. Setelah 10 menit, keluarkan kue dari dalam oven dan biarkan dingin dulu. Setelah benar-benar dingin baru dikemas dalam wadah kedap udara.

Selai nanas: Tumis nanas parut dengan mentega hingga airnya surut dengan api kecil saja, kemudian masukkan gula pasir dan kayu manis lalu aduk-aduk dan masak kembali dengan api kecil hingga menjadi selai.

Satu Resep Kue Nastar Keju Edam Lembut dan Renyah ini menghasilkan sekitar 450 g kue nastar, cukup untuk teman ngopi atau ngeteh di sore hari bersama keluarga. Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *