Resep Kue Cantik Manis Mawar

Kue cantik manis mawar

Cara membuat kue cantik manis mawar

Mari membuat kue cantik manis … kue ini digemari karena lembut dan manis, warnanya cantik, rasanya pun enak. Tak heran bila selalu laku menghiasi kue tampah.

Dalam berbagai acara yang menggunakan kue basah, kue cantik manis hampir selalu digunakan. Meskipun harganya cukup murah, bila teman-teman sering memerlukan kue seperti ini, ada baiknya membuat sendiri, karena sangat mudah. Bahannya juga sederhana dan mudah didapat.

Caranya membuat agak mirip dengan cara membuat agar-agar saja, cuma kita hanya perlu memasak dulu sagu mutiaranya hingga benar-benar matang. Selanjutnya setelah dicuci dan ditiriskan lalu dimasukkan ke dalam campuran santan, gula pasir dan hungkue. Dimasak hingga kental, lalu bisa pilih mau dibungkus plastik seperti biasa atau dicetak, tinggal nunggu dingin, jadi deh.

Resep berikut ini saya dapat dari buku masak kelompok Yasaboga. Karena akan dicetak dengan cetakan mawar, maka saya ingin struktur kuenya lebih kuat dan lebih kokoh. Jadi saya tambahkan sedikit hungkue dan gula pasir dalam resepnya. Trik lain tentunya waktu memasaknya diusahakan sampai benar-benar kental.

Saya tidak menambahkan sagu mutiara karena kebetulan stoknya di rumah hanya tinggal 100 gram ini. Jadi memang pas sekali. Seandainya ada, saya lebih suka menambahkan sagu mutiara supaya warna merahnya bisa menjadi lebih merona, pastinya lebih cantik bukan?

Satu resep ini bisa menghasilkan selusin kue cantik manis mawar, jadi kalau teman-teman ingin membuat lebih dari itu tinggal dikalikan saja jadi berapa resep.

Kue cantik manis di cetakan mawar

Kue cantik manis mawar

Resep kue cantik manis mawar:

hasil: 12 buah

Bahan:

  • 100 gram biji delima
  • Air secukupnya
  • 50 gram tepung hungkue (saya tambahkan sedikit jadi 60 gram)
  • 100 gram gula pasir (karena tepung hungkuenya ditambah, gula pasirnya juga ditambah menjadi 115 gram)
  • 500 ml santan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt vanili

Cara membuat:

  1. Siapkan selusin cetakan plastik berbentuk mawar, cuci bersih dan basahi dengan air matang, sisihkan.
  2. Rebus sagu mutiara dengan air secukupnya sampai benar-benar matang dan warnanya terlihat bening, lalu angkat, siram dengan air dingin, cuci dan tiriskan lalu sisihkan.
  3. Campur tepung hungkue, gula, santan, garam, dan vanili, aduk-aduk hingga rata lalu masak hingga mendidih, lalu masukkan sagu mutiara, aduk hingga rata dan masak terus hingga meletup-letup dan mengental. Awas gosong.
  4. Angkat sambil di aduk-aduk, tuangkan dengan hati-hati ke dalam cetakan mawar. Lakukan hingga selesai, lalu diamkan hingga menjadi dingin dan kuenya mengeras.
  5. Selanjutnya keluarkan kue cantik manis dari dalam cetakannya, letakkan dalam piring dan sajikan segera. Untuk hasil yang lebih kuat dan lebih kokoh, kuenya bisa dimasukkan sebentar ke dalam kulkas (tapi kalau saya lebih suka memakannya dalam keadaan agak anget gitu, jadi tidak dimasukkan kulkas).

Begitulah cara membuat resep kue cantik manis mawar … mudah sekali bukan? selamat mencoba … semoga resepnya bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *