Resep Kue Bolu Pandan Keju Panggang Enak Sederhana

Kue Bolu Keju Pandan Panggang

Memanggang Kue Menggunakan Panci Serbaguna

Apakah teman-teman pernah memanggang kue menggunakan panci serbaguna? Ceritanya lagi mudik tapi ingin memanggang kue bolu pandan keju. Sepertinya enak dinikmati selagi masih hangat untuk teman ngopi atau ngeteh. Sayangnya, tidak tersedia oven di sini, jadi terpaksalah menggunakan peralatan memanggang yang tersedia saja, yaitu panci serbaguna.

Untungnya di sini masih tersedia timbangan dan mikser, jadi lumayan tidak perlu mengocok dengan tangan, hihi … Pertama memanggang masih jaim, ingin kue yang irit lemak, supaya kalorinya tidak terlalu tinggai, jadi mentega cairnya hanya menggunakan secukupnya.

Ternyata oh ternyata … hasil panggangan dengan menggunakan panci serbaguna jauh lebih kering daripada kalau kita menggunakan oven biasa. Rasanya sedih sekali melihat hasilnya, kue bolu yang seharusnya lembut jadi agak keras begitu, walau rasanya tetap enak.

Maklum seumur-umur belum pernah menggunakan panci seperti itu. Untunglah saya belum sampai putus asa untuk kembali mencoba. Untuk mengantisipasi kegagalan, akhirnya saya pun menggunakan resep umum antigagal yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala, yaitu resep serba seperempat.

Para penggemar Baking umumnya kenal resep serba seperempat ini, maksudnya yaitu bahan utama yang digunakan semuanya sebanyak seperempat kilogram saja, mulai dari tepung terigu, gula pasir, mentega, hingga telur.

Berhubung loyang kue yang tersedia dan bisa dimasukkan dengan aman dan nyaman di dalam panci serbaguna hanya loyang tulban atau loyang bulat dengan diameter 20 cm, maka resep seperempatnya juga sedikit direvisi.

Telurnya menggunakan 4 butir, sedangkan bahan lainnya rata-rata hanya menggunakan 125 g saja. Ternyata resep inilah yang cocok dengan panci serbaguna.

Akhirnya bisa juga menikmati kue bolu pandan keju yang lembut dan enak, rasa manisnya juga pas saja. Cocok diberi olesan butter cream dan taburan keju parut. Sesuai dengan yang saya inginkan. Ini dia resep selengkapnya:

Resep Kue Bolu Pandan Keju Panggang Enak Sederhana

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 125 gram gula pasir
  • 1 sdt sp
  • 100 g terigu serbaguna
  • 25 g tepung maizena
  • 25 g susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 125 gram margarin
  • 1 sdt pasta pandan
  • 50 g keju cheddar parut

Untuk olesan: butter cream dan keju parut secukupnya

Cara Membuat:

  1. Lelehkan margarin, campur dengan 1/2 sdt pasta pandan, lalu aduk hingga rata lalu sisihkan dan biarkan dingin.
  2. Tuangkan telur dan gula pasir dalam wadah lalu di mikser dengan kecepatan paling rendah hingga tercampur rata, lalu tambahkan sp dan mikser kembali dengan kecepatan tinggi hingga menjadi putih dan kental.
  3. Sambil menunggu adonan telur siap, ayak dulu tepung terigu bersama tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder.
  4. Selanjutnya siapkan loyang, olesi dengan margarin lalu taburkan sedikit tepung terigu.
  5. Setelah adonan telur menjadi putih dan kental, turunkan kecepatan mikser hingga paling kecil, lalu tambahkan garam dan vanili.
  6. Sementara itu, panaskan dulu panci serbaguna dengan api kecil saja, sisihkan.
  7. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur, selingi dengan margarin cair, aduk adonan hingga tercampur rata, tuangkan juga keju parut dan susu cairnya sedikit demi sedikit.
  8. Selanjutnya tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, lalu masukkan ke dalam panci serbaguna
  9. Panggang adonan selama 25 menit hingga 30 menit.
  10. Lakukan tes tusuk, dan matikan kompor segera sesudah matang. Keluarkan loyang kue dari dalam panci serbaguna, biarkan agak dingin, lalu pelan-pelan dan hati-hati, keluarkan kue dari dalam loyang.
  11. Biarkan kuenya dingin dulu, lalu beri olesan butter cream dan taburi dengan keju parut.
  12. Potong-potong kue bolu pandan keju dan sajikan.

Jadi begitulah cara memasak resep kue bolu pandan keju panggang enak sederhana ini. Semoga bermanfaat IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *