Resep kripik jamur tiram renyah, gurih, dan tahan lama

Kripik jamur tiram tahan lama

Cara membuat kripik jamur renyah, gurih, dan tahan lama

Ayo membuat camilan sehat …. ehm … sebenarnya sih belum sehat-sehat amat karena masih berupa gorengan. Tetapi setidaknya bahannya sehat lho, yaitu jamur tiram.

Tentunya teman-teman sudah tahu kalau jamur itu proteinnya cukup tinggi, karena itu bagi kaum vegetarian, seringkali jamur dijadikan pengganti daging. Kelebihannya dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi, protein jamur ini rendah lemak, rendah kalori, dan jelas non kolesterol karena berasal dari bahan nabati atau dari tumbuhan.

Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino dan 3 macam vitamin, yaitu vitamin B, C, dan D. Sedangkan kandungan mineralnya terdiri dari Kalium, Fosfor, Kalsium, Natrium. Jadi dilihat dari kandungan gizinya sih sehat ya … sudah begitu jamur tiram juga enak. Bisa dimasak pepes, tumis, asem manis, dan segala macam masakan.

Teman-teman yang pernah mengunjungi restoran serba jamur pasti tahu jamur ini bisa diolah menjadi apa saja. Manfaat sehatnya juga banyak, misalnya sebagai penurun kolesterol, antijamur, antitumor, juga bisa bermanfaat obat untuk penyakit seperti lever, diabetes, anemia (wikipedia-red).

Jamur tiram, warnanya putih bersih

Jamur tiram segar sebelum dipetik

Kripik jamur tiram dalam resep kali ini tidak mengandung gluten karena tepung pelapisnya terbuat dari tepung beras dan tapioka ditambah sedikit tepung maizena. Jadi aman bagi teman-teman yang alergi gluten. Bagi yang belum mengerti, gluten  adalah protein lengket dan elastis yang terdapat pada beberapa jenis tanaman serealia, terutama gandum, jewawut, rye.

Oat juga mengandung gluten tapi sedikit. Padahal gluten adalah bahan yang dibutuhkan sekali saat membuat roti atau donat. Ingat kan teman-teman, bagaimana kita mengerahkan tenaga saat menguleni adonan roti atau donat supaya glutennya keluar dan roti atau donat kita bisa mengembang dengan cantiknya.

Ternyata justru ada orang-orang yang alergi gluten sehingga tidak bisa memakannya sama sekali.

Bagi yang tidak alergi tentunya tak perlu mengkhawatirkan makanan mengandung gluten. Namun tentunya tetap perlu hati-hati juga  mengkonsumsi mie, roti, cake dan produk olahan bahan sumber gluten lainnya, karena kabarnya gluten ini juga tak mudah dicerna oleh pencernaan manusia pada umumnya. Kita jaga saja jangan sampai berlebihan.

Kembali ke kripik jamur, kripik jamur itu bisa dibuat supaya tahan lama. Jika pembuatannya benar,  bisa awet dalam penyimpanan sampai 1-2 bulan, jadi memungkinkan untuk dijual ya teman-teman.

Tapi di rumah saya kripik jamur tak pernah tahan sampai selama itu, setiap kali saya membuatnya, dalam waktu paling lama 2 minggu juga sudah habis, hihi. Biasanya saya menggunakan kripik jamur ini sebagai pengganti kerupuk. Kerupuk yang dibeli biasanya cepat melempem, menggoreng sendiri tidak selalu sempat. Karena itu persediaan kripik jamur saya cepat habis.

Kuncinya supaya kripik tahan lama yaitu, kita harus goreng dalam minyak panas sampai kering betul ya teman-teman, tapi tentu jangan sampai gosong juga. Waktu memotong jamur sebaiknya potongannya jangan terlalu besar karena semakin besar potongannya, semakin sulit kering saat digoreng.

Untuk membuat kripik betul-betul kering saya sampai menggorengnya dua kali. Penggorengan pertama sampai matang dan cukup kering, jadi ketika dimakan sudah kriuk juga. Selanjutnya disimpan semalam, besoknya baru digoreng sekali lagi sampai kering betul.  Dengan cara ini kripik jamur bisa tahan lama.

Baiklah teman-teman, berikut ini resepnya:

Resep kripik jamur tiram renyah, gurih, dan tahan lama

Bahan:

  • 500 g jamur tiram segar, siangi dan suwir-suwir
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih ukuran besar
  • 3/4 sdt garam
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/3 sdt cabai bubuk

Tepung pelapis:

  • 150 g tepung beras
  • 120 g tepung tapioka
  • 30 g tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat:

1. Campur tepung pelapis dan aduk hingga rata, sisihkan

2. Jamur direbus atau dikukus sebentar, asal layu saja, supaya batangnya lunak dan tidak alot saat sudah digoreng. lalu segera diangkat, disiram air dingin dan dicuci bersih.

3. Jamur yang sudah bersih diperas airnya dengan tangan, lalu dicampur bumbu dan telur kocok. Aduk hingga rata lalu disimpan di kulkas dulu setidaknya 1 jam supaya meresap bumbunya dan lebih renyah saat digoreng.

4. Siapkan penggorengan dengan minyak cukup banyak dan nyalakan apinya

5. Keluarkan jamur dari kulkas secukupnya saja untuk satu kali goreng, campur dengan tepung pelapis hingga setiap potongan jamur betul-betul terlapisi oleh tepung. Usahakan jangan sampai lengket satu sama lain. Selanjutnya diayak sehingga kelebihan tepung tidak terbawa masuk penggorengan dan minyak goreng tidak cepat keruh.

6. Goreng dalam minyak panas hingga jamur terendam semua. Goreng sampai cukup matang dan kering, lalu segera angkat. Bersihkan dulu minyaknya dari sisa-sisa tepung, lalu ambil jamur lagi, lapisi tepung, ayak dan goreng kembali. Demikian seterusnya hingga semua jamur habis digoreng.  Biarkan dingin lalu simpan kripik jamur dalam wadah yang kedap udara. Biarkan semalam.

7. Selanjutnya goreng kembali kripik jamur dalam minyak panas hingga terendam, sedikit demi sedikit hingga seluruhnya benar-benar kering. Biarkan dingin, lalu simpan kembali dalam wadah kedap udara dan tutup rapat.

keripik jamur tiram, renyah dan gurih

kripik jamur tiram

Jadi begitulah teman-teman, resep kripik jamur tiram yang renyah, gurih, dan tahan lama. Semoga berguna bagi teman-teman semua (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *