Resep Kolak Pisang Kepok dan kolang-kaling

Kolak pisang kepok enak

Cara Membuat Kolak Pisang Kepok

Kolak pisang adalah salah satu makanan yang umum dijadikan takjil di bulan Ramadhan. Orang yang berbuka puasa memang disunahkan makan makanan yang manis sebagai pembuka puasa, dan kolak adalah salah satu pilihan yang populer.

Tak heran jika kolak seringnya dimasak di bulan Ramadhan. Namun bagi penggemarnya, kolak pisang selalu nikmat disantap kapan pun juga. Apalagi buah pisang sebagai bahan kolak memang selalu tersedia sepanjang tahun.

Ada beberapa jenis pisang yang cocok untuk dijadikan kolak, diantaranya yaitu pisang tanduk, pisang raja bulu, dan pisang kepok. Pisang kepok sendiri di pasaran terdiri dari pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Biasanya yang lebih disukai orang untuk bahan kolak maupun pisang goreng adalah pisang kepok yang kuning.

Pisang kepok kuning umumnya rasanya lebih manis bila dibandingkan dengan pisang kepok putih. Sayangnya, kedua jenis pisang ini sulit dibedakan hanya dari tampilan fisik luarnya saja. Warna putih atau kuningnya hanya bisa dilihat dengan cara dibelah hingga terlihat bagian dalamnya. Jadi bila ingin pisang kepok kuning, sebaiknya belilah pisang di pedagang pisang yang terpercaya.

Bahan campuran kolak pisang bisa bermacam-macam, mulai dari ubi merah, labu kuning, hingga kolang-kaling. Ada juga yang membuat kolak pisang dengan campuran potongan buah nangka, bahkan ada juga yang memasukkan buah durian ke dalam kolak pisang. Tentu saja rasanya menjadi semakin nikmat.

Dalam resep berikut ini, kolak pisang kepok hanya dicampur dengan kolang-kaling. Kolang-kaling atau buah atep juga umumnya selalu tersedia di pasar atau di tukang sayur, hanya saja ketersediaan yang melimpah hanya terjadi di bulan Ramadhan.

Membuat kolak pisang sangat mudah, kita hanya perlu menjaga supaya santan tidak pecah saat dimasak, sehingga penampilannya tetap cantik. Untuk membuat kolak yang enak tentu saja kita membutuhkan pisang yang manis dan tingkat kematangannya pas. Pisang yang terlalu matang umumnya tidak cocok untuk dibuat kolak karena sudah terlalu lembek sehingga tidak terlihat menarik.

Gula merah juga perlu diperhatikan kualitasnya. Supaya kuah kolak tidak tampak terlalu gelap, penggunaan gula merah sebaiknya jangan terlalu banyak. Tambahkan gula pasir supaya rasanya tetap manis.

Begitu juga santan yang digunakan, tentunya lebih segar menggunakan santan asli daripada santan yang instan. Namun jika santan dari kelapa asli tak tersedia, menggunakan santan yang instan juga tidak ada masalah.

Resep Kolak Pisang Kepok dan kolang-kaling

Bahan:

  • 10 buah pisang kepok, kupas dan potong setebal 1 cm
  • 1/4 kg kolang-kaling, potong masing-masing kolang-kaling menjadi 4
  • 500 ml air bersih
  • 150 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • 100 g gula merah, disisir
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Didihkan air dengan garam, gula merah, dan daun pandan hingga garam dan gula larut, saring dulu bila perlu. Selanjutnya masukkan kembali daun pandan, tambahkan kolang-kaling, lalu masak hingga agak empuk.
  2. Tambahkan santan dan aduk-aduk terus hingga rata dan santannya mendidih. Gunakan api kecil saja.
  3. Masukkan potongan pisang kepok dan masak hingga empuk.
  4. Cicipi dan tambahkan gula pasir semanisnya.
  5. Tunggu hingga mendidih, lalu angkat dan sajikan hangat.

Mudah bukan cara membuat resep kolak pisang kepok? Kolak pisang juga cocok disajikan dingin dengan tambahan es batu. Tentunya kolak pisangnya harus dibuat lebih manis jika akan menggunakan es batu. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *