Resep Karedok

Karedok dari Jawa Barat

Cara Membuat Karedok

Siapa yang tak kenal dengan Karedok? Teman-teman semua pasti kenal. Seiring dengan semakin populernya makanan sehat saat ini, Karedok juga semakin disukai dan dicari. Makanan khas Jawa Barat ini selain segar memang termasuk salah satu makanan yang sehat.

Karedok terdiri dari sayuran mentah yang disajikan dengan bumbu kacang. Mirip dengan salad sebenarnya, tetapi yang ini salad versi Indonesia.

Di rumah makan yang menyajikan menu khas Sunda, biasanya Karedok dipesan para tamu bersama ikan atau ayam yang dibakar atau digoreng, plus nasi timbel dan kelengkapannya.

Karedok memang selalu nikmat, terutama bila disajikan bersama nasi timbel, ayam atau ikan bakar kecap, tempe dan tahu bacem, bersama sambalnya tentu. Ingin lauk yang gurih juga? tambahkan lauk yang digoreng, misalnya cumi goreng tepung.

Namun popularitas karedok sepertinya tidak terhenti sampai di rumah makan – rumah makan khas Sunda saja. Kini karedok juga sering disajikan di dalam acara hajatan-hajatan di kota-kota besar selain di Jawa Barat.

Karedok cocok disajikan dengan ikan bakar

Karedok cocok disajikan dengan ikan/ayam yang dibakar atau digoreng

Jenis sayuran yang biasa digunakan untuk membuat karedok bisa bermacam-macam, mulai dari tauge, terong gelatik, kacang panjang, kol, daun kemangi, mentimun, hingga ubi merah.

Untuk menghasilkan karedok yang enak dan segar kita perlu menyediakan bahan yang segar juga. Sayuran yang masih segar rasanya manis. Jadi saat diaduk di dalam cobek akan semakin terasa segar dan manisnya.

Kacang tanah sebagai salah satu bumbunya dalam resep ini tidak digoreng, tetapi hanya disangrai saja hingga matang.  Sedangkan air asamnya bisa dibuat dari asam jawa, bisa juga dari cuka masak. Atau campuran keduanya.

Teman-teman mungkin sudah sering mendengar bahwa sayuran mentah sangat bagus sebagai selingan dari makanan sehari-hari kita karena kandungan enzimnya yang  melimpah.

Hanya bahan makanan yang masih segar yang masih mengandung enzim, karena enzim dalam makanan akan hancur saat makanan dimasak.

Sementara tubuh kita selalu membutuhkan enzim sebagai katalisator dalam proses pencernaan. Tubuh kita memang memproduksi enzim secara alami, tetapi jumlahnya terbatas. Apalagi dengan  semakin bertambahnya usia, produksi enzim dalam tubuh semakin menurun.

Jadi dengan mengkonsumsi makanan mentah seperti Karedok inilah, kita bisa membantu tubuh untuk mendapatkan pasokan enzim yang cukup.

Tapi kita juga perlu ingat bahwa makanan mentah butuh penanganan yang teliti dalam hal kebersihannya. Pastikan sayur-sayuran yang akan dimakan mentah sudah dicuci sampai benar-benar bersih dengan air mengalir. Dicuci dengan sabun khusus akan lebih baik lagi.

Memang yang paling ideal adalah bila sayuran mentahnya termasuk organik. Tetapi selain harganya yang termasuk mahal, sayuran organik juga masih jarang dijumpai karena hanya beredar dalam komunitas-komunitas organik atau pasar swalayan saja.

Jadi untuk mudahnya, pastikan saja sayuran mentah yang akan dijadikan Karedok ini sudah benar-benar dicuci bersih di bawah air mengalir.

Resep Karedok

Untuk: 2 piring sedang

Bahan:

  • 150 g kol, iris tipis
  • 100 g ubi jalar merah kupas, serut tipis
  • 100 g tauge, siangi dan potong ekornya
  • 3 buah terong gelatik, belah dua dan iris tipis
  • 2 buah mentimun, belah dua dan iris tipis
  • 5 lonjor kacang panjang, iris tipis
  • 100 ml air panas
  • 1/2 sdm asam jawa

Bumbu kacang:

  • 100 g kacang tanah, sangrai hingga matang
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 3/4 sdt terasi bakar
  • 2,5 cm kencur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula merah

Cara membuat:

1. Seduh asam jawa dengan air panas, sisihkan

2. Haluskan semua bumbu kacang, lalu siram dengan air asam secukupnya (tidak perlu digunakan semua tapi secukupnya saja, masukkan sesendok demi sesendok supaya tidak keenceran). Cicipi dulu lalu koreksi asin, asam, dan manisnya, bila sudah pas bisa dipindahkan ke dalam mangkuk.

3. Aduk rata sayuran, lalu sajikan dengan bumbu kacangnya. Bila ingin lebih meresap bumbunya, aduk rata sayuran di dalam cobek tempat menghaluskan bumbu kacang tadi. Sajikan karedok bersama dengan emping goreng.

Jadi begitulah caranya membuat karedok, mudah bukan? Bila rasa asamnya masih kurang bisa ditambah dengan 2-3 tetes cuka atau secukupnya (IN).

Pencarian dari google:

One Response to Resep Karedok

  1. Lina Zuhratul says:

    Menambah pengetahuan kita tentang resep tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *