Resep Jamur Tiram Krispi gurih enak

Jamur krispi enak

Cara memasak jamur tiram krispi

Assalamu’alaikum ….. apakah teman-teman sudah siap dengan rencana menu masakan untuk hari ini? Saya selalu membuat rencana sebelum pergi belanja, walau pun belum tentu terpakai… Biar rencananya sudah disusun bagus-bagus, begitu bahan yang kita beli kebetulan tidak ada, mau tidak mau terpaksa mengganti menu.

Saya jadi ingat waktu kemarin ingin memasak soto, sudah membeli ayam dan tauge, eh… giliran mencari seledri, tukang sayur langganan bilang sudah kehabisan, pas pergi ke tukang sayur yang lain katanya tadi sudah diborong orang, yahh …. apa boleh buat … akhirnya si ayam dibuat masakan lain lalu taugenya ditumis saja.

Maklum letak rumah agak jauh dari pasar, sehingga lebih nyaman mendatangi tukang sayur. Tapi sebenarnya buat saya juga lebih aman belanja di abang sayur. Sebagai orang yang suka lapar mata, pergi ke pasar selalu membuat belanjaan saya over bujet, jadi jelas membahayakan isi dompet, hihi … eh kok jadi curhat …

Padahal niatnya kan mau share resep jamur tiram krispi yang gurih dan enak. Baiklah … jadi resep jamur krispi ini cocok banget buat yang suka masakan praktis cepat. Hanya tinggal mencampur tepung, membumbui dengan garam dan merica bubuk lalu bisa langsung sreng…..

Tapi sebelum itu, jamurnya disiapkan dulu. Dalam resep ini, jamur tiramnya dikukus dulu, boleh disuwir sesuai selera, boleh juga dibiarkan utuh sehingga tampak bulat begitu. Kalau yang ukurannya besar dan tebal sih sebaiknya disuwir dulu. Soalnya bila jamurnya besar-besar, butuh lebih banyak minyak untuk menggorengnya sampai krispi.

Mengapa saya tidak langsung goreng jamurnya? soalnya menurut saya si jamur akan menyerap lebih sedikit minyak kalau sudah dikukus, ditiriskan, lalu didinginkan di lemari es dalam keadaan terbuka. Selain itu, rasanya jadi lebih enak.

Dalam resep ini, campuran tepungnya menggunakan tepung bumbu ayam goreng KFC siap beli. Saya belinya biasanya di warung abang sayur, jadi bukan merek khusus yang hanya ada di pasar swalayan. Merek biasa saja menurut saya sudah enak.

Nah, buat yang ingin mencoba juga, ini dia resepnya;

Resep jamur tiram krispi gurih enak

Bahan:

  • 250 g jamur tiram, cuci, suwir-suwir bila perlu, lalu kukus hingga 1/2 matang, peras dan tiriskan
  • 1/3 sdt garam
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 5 sdm munjung tepung terigu
  • 11/2 sdm munjung tepung beras
  • 2 sdm agak munjung tepung bumbu ayam goreng KFC siap pakai

Cara Membuat:

  1. Jamur tiram didinginkan dulu di lemari es dalam keadaan terbuka, supaya dingin dan lebih kering.
  2. Siapkan wajan dengan minyak yang cukup supaya ketika digoreng jamur seluruhnya terendam minyak goreng.
  3. Campur tepung terigu, tepung beras, dan 1 sdm tepung bumbu ayam goreng KFC, aduk hingga rata lalu pindahkan sebagian ke wadah yang lain.
  4. Dalam wadah yang lain itu, tambahkan 1 sdm tepung bumbu ayam goreng KFC, lalu bumbui garam dan merica, kemudian aduk hingga rata.
  5. Setelah rata, beri air secukupnya sehingga menjadi adonan yang kental. Selanjutnya ambil sepotong jamur, celupkan di adonan kental sehingga seluruhnya terlapisi adonan, lalu masukkan ke adonan kering sehingga jamur terlapisi tepung hingga rata.
  6. Goreng dalam minyak yang sudah panas tapi dengan api yang agak kecil saja. Goreng hingga kering dan krispi. Lakukan kembali hingga semua jamur selesai digoreng.
  7. Sajikan jamur tiram krispi dengan sambel botol atau saus tomat.

Begitulah caranya memasak resep jamur tiram krispi gurih enak. Semoga bermanfaat IN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *