Resep Infused Water Sederhana dan Mudah

Cara membuat infused water sederhana

Apakah teman-teman menyukai infused water? Sebagian orang mungkin berpikir lebih baik buahnya dimakan langsung daripada dicelup di air lalu diminum airnya saja, hihi … Tapi memang ada lho orang yang menyukai air putih rasa buah-buahan ini. Lagi pula, dengan minum airnya, kita masih bisa mendapatkan vitaminnya, tentunya untuk jenis vitamin yang larut di air yaa.

Dalam kenyatannya, memang tidak setiap orang mau, senang, atau bisa minum air putih. Alasan mereka terutama adalah karena air putih tidak ada rasanya. Padahal tubuh kita juga memerlukan air putih. Bahkan saat ini, air putih telah dianggap sebagai salah satu zat gizi penting yang perlu dikonsumsi setiap hari.

Di sinilah pentingnya infused water ini, yaitu untuk membantu mereka yang sulit minum air putih dalam jumlah yang cukup. Dengan diberi buah dan disusun cantik, diharapkan air putih jadi terlihat menarik, sehingga mereka mau minum dengan senang hati, sehingga kebutuhan tubuhnya tercukupi.

Jadi tujuan membuat infused water ini bukan sekedar gaya-gayaan saja. Cara ini jelas lebih sehat daripada membiarkan mereka memenuhi lemari es di rumahnya dengan soft drink dan meminumnya berulang kali dalam sehari. Meskipun untuk banyak orang hal ini terdengar aneh, tetapi kenyatannya ada orang yang biasa melakukannya.

Minuman ini juga baik untuk orang yang sedang berdiet, karena membuat kita merasa sedang minum sari buah, tapi tetap dalam bentuk air putih yang tawar, jadi dijamin kalorinya nol, dan tentunya tidak akan menyebabkan kegemukan. Cara membuat infused water juga sangat mudah, tidak membutuhkan waktu lama.

Untuk kali ini, saya akan share tiga resep infused water yang mudah dibuat dan enak rasanya, yang pertama infused water dari stoberi, daun mint, serta lemon. Sedangkan yang kedua, buahnya terdiri dari kelengkeng, nanas, dan daun mint, sedangkan yang terakhir daun mint dan belimbing.

Resep infused water yang pertama menggunakan buah yang kaya vitamin C seperti lemon dan stroberry. Cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh maupun detoks, cocok juga bagi yang sedang berdiet atau ingin langsing. Sangat menyegarkan untuk dinikmati dihari yang panas. Tapi jika ingin rasa yang lebih manis, lemonnya bisa diganti dengan apel fuji.

Ketiga resep ini bisa digunakan utuk mengisi botol minuman ukuran 700 ml hingga 900 ml. jika menggunakan botol ukuran 900 ml, teman-teman hanya tinggal menambahkan 200 ml air matang atau air mineral saja selain yang diminta dalam resep.

Bagi yang ingin menggunakan gelas biasa juga bisa, bahannya cukup menggunakan sebagian saja. Penggunaan botol lebih diutamakan jika minuman ini ingin dibawa bepergian.

Resep 1: Lemon strawberry mint infused water

  • DSC_1482small

    Lemon strawberry mint infused water

Bahan:

  • 3 tangkai daun mint
  • 4 buah stroberry ukuran sedang, dipotong membujur menjadi 2-4 potong
  • 1/2 buah lemon atau apel fuji ukuran sedang, dipotong melintang setebal 1/2 cm
  • 12-15 kubus es batu
  • 500 ml air matang atau air mineral

Cara Membuat:

  1. Ambil potongan buah dan daun mint, lalu masukkan ke dalam botol. Gunakan sendok untuk menekan beberapa potong buah stroberry dan lemon ke dinding botol dengan menggunakan punggung sendok supaya keluar sedikit cairan buahnya.
  2. Masukkan es batu dan air putih atau air mineral
  3. Selanjutnya simpan botol di dalam lemari es minimal 2 jam atau hingga esnya mencair
  4. Lemon strawberry mint infused water siap dinikmati.

Resep 2: Longan pineapple mint infused water

Infused water dari kelengkeng, nanas , dan belimbing

Longan Pineapple Infused Water dan Carambola Mint Infused Water

Bahan:

  • 3 tangkai daun mint
  • 8 buah kelengkeng, kupas dan keluarkan sebagian bijinya
  • Beberapa potong buah nanas
  • 12-15 kubus es batu
  • 500 ml air matang atau air mineral

Cara Membuat:

  1. Ambil potongan buah dan daun mint, lalu masukkan ke dalam botol. Gunakan sendok untuk menekan beberapa potong nanas dan kelengkeng ke dinding botol dengan menggunakan punggung sendok supaya keluar sedikit cairan buahnya.
  2. Masukkan es batu dan air putih atau air mineral
  3. Selanjutnya simpan botol di dalam lemari es minimal 2 jam atau hingga esnya mencair
  4. Longan pineapple mint infused water siap dinikmati.

Resep ke 3: Carambola Mint infused Water

Bahan:

  • 3 tangkai daun mint
  • 1 buah belimbing ukuran sedang yang hampir matang, dipotong membujur setebal 1/2-1 cm, perhitungkan ukuran buah dengan ukuran botol atau gelas yang digunakan.
  • 12-15 kubus es batu
  • 500 ml air matang atau air mineral

Cara Membuat:

  1. Ambil potongan buah dan daun mint, lalu masukkan ke dalam botol. Gunakan sendok untuk menekan beberapa potong buah belimbing ke dinding botol dengan menggunakan punggung sendok sehingga keluar cairan buahnya.
  2. Masukkan es batu dan air putih atau air mineral
  3. Selanjutnya simpan botol di dalam lemari es minimal 2 jam atau hingga esnya mencair
  4. Carambola mint infused water siap dinikmati.

Catatan:

  1. Bila infused water ini sudah habis diminum, botol masih dapat diisi kembali dengan air matang, tapi dengan catatan kalau masih ada rasa buahnya dan buahnya masih segar Jika sudah layu sekali, sebaiknya gantilah dengan buah yang baru.
  2. Tambahkan es batu jika ingin dibawa bepergian
  3. Air infus ini tidak sama dengan jus buah. Memang kita bisa mendapatkan vitamin yang terlarut dari buahnya, tapi tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Sebaiknya tetap mengkonsumsi buah dan sayuran 5 porsi sehari sehingga tubuh tetap mendapatkan cukup konsumsi serat. (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *