Resep Geblek khas Magelang

Geblek

Apakah teman-teman pernah mendengar atau mencoba makan geblek? Cemilan unik ini cukup dikenal dan merupakan makanan khas di daerah Kulonprogo, Wonosobo, Purworejo, hingga Magelang.

Geblek disenangi karena enak, gurih dan kenyal, terutama kalau dimakan dalam keadaan hangat. Membuat orang sulit berhenti mengunyah. Setelah dingin, terkadang geblek agak mengeras dan menjadi alot ketika dimakan. Bisa jadi itu sebabnya ada yang menganggap makan geblek sebagai salah satu bentuk olah raga mulut, hihi …

Namun begitu,  ada juga geblek yang tetap lembut sejak baru selesai digoreng hingga sesudah dingin. Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh kualitas bahan bakunya. Yang pasti, bagi yang pernah mencoba, makanan ini selalu bikin kangen.

Geblek khas Magelang, seperti juga geblek khas Kulonprogo, Wonosobo, Purworejo, sama-sama terbuat dari pati singkong. Biasanya masyarakat membuatnya sendiri dari singkong lokal.

Caranya mudah saja, yaitu singkong dikupas dan diparut, lalu diperas hingga keluar cairannya. Selanjutnya cairan itu didiamkan selama setidaknya 2 jam hingga patinya mengendap. Berbeda dengan singkong dari daerah lain, singkong lokal Magelang umumnya bisa menghasilkan pati dalam jumlah yang cukup banyak.

Bagi yg malas membuat sendiri, tak perlu khawatir. Pati dari singkong ini dapat dibeli kiloan di pasar  setempat dalam bentuk bongkahan dan sudah dijemur hingga kering. Jadi kalau kebetulan jalan-jalan ke Magelang, mampir saja ke pasar untuk membelinya.

 

Bongkahan pati singkong kering siap dibuat geblek

Bongkahan pati singkong yang siap dijadikan geblek

Bila pati keringnya sudah tersedia, cara membuat geblek bisa sangat cepat dan mudah. Bumbunya juga sederhana. Dalam resep ini, gebleknya cukup hanya bumbui dengan garam saja. Tambahan kelapa parut sudah membuat rasa geblek ini cukup gurih.

Tapi bila ingin lebih enak lagi, bisa juga ditambah bumbunya dengan bawang putih dan ketumbar yang dihaluskan. Bumbu itu dicampurkan dalam kelapa yang sudah dikukus hingga matang bersama dengan garam.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui cara membuatnya, mari simak resep selengkapnya berikut ini:

Resep Geblek khas Magelang

Bahan:

  • 500 gram bongkahan pati singkong, patahkan menjadi beberapa bagian.
  • 1/2 buah kelapa parut
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Kukus kelapa parut hingga matang, angkat dan biarkan dingin, lalu beri garam.

2. Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan potongan pati singkong, dan masak hingga berkulit.

3. Setelah berkulit, angkat segera dan tiriskan, lalu hancurkan, dan campur dengan parutan kelapa yang sudah digarami. Bagian yang seperti kulit itu agak-agak lengket, jadi di sini bisa berfungsi merekatkan adonan sehingga nantinya mudah membentuk gumpalan.

Membentuk adonan geblek

Membentuk adonan geblek hingga bisa dipulung.

4. Aduk dan uleni terus adonan pati hingga terbentuk gumpalan. Lalu teruskan lagi menguleni hingga menjadi adonan yg empuk dan dapat dipulung. Goreng sedikit adonan dan cicipi apakah sudah cukup gurih. Tambah lagi garamnya bila perlu.

Buat bentuk rantai geblek dengan mata tiga saja

Membuat rangkaian geblek

5. Bila sudah pas rasanya, buat bentuk seperti rantai tapi dengan tiga mata saja. Jika terlalu panjang, biasanya akan mudah patah. Kerjakan terus hingga semua adonan selesai dibentuk.

Begini bentuk geblek yang sudah siap digoreng

Geblek yang sudah siap digoreng.

6. Selanjutnya, geblek khas Magelang yang sudah dibentuk ini bisa disimpan dulu dalam wadah plastik. Bila ingin langsung digoreng, sebaiknya goreng dengan api sedang saja hingga matang. Hati-hati saat menggoreng, terkadang geblek ini bisa meletus saat digoreng. Untuk amannya,  gunakan api yang sedang saja.

7. Angkat dan lanjutkan menggoreng hingga seluruhnya selesai digoreng. Geblek ini nikmat jika disajikan bersama minuman hangat seperti teh manis atau kopi.

Mudah sekali bukan cara membuat geblek enak khas Kulonprogo, Wonosobo, Purworejo hingga Magelang ini? Bagian tersulitnya hanyalah saat menyiapkan patinya. Terutama bila harus membuat sendiri dari singkong. Jika sudah memiliki pati siap masak, prosesnya hanya sebentar saja (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *