Resep Es Timun Suri Segar Nikmat

Es Timun Suri

Cara mudah membuat es timun suri segar nikmat

Es Timun suri ini nampaknya adalah minuman dingin paling favorit sebagai pembuka puasa di saat Ramadhan. Maklum, buah timun suri umumnya memang hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan saja di wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

Jika dilihat dari kandungan gizinya, buah berwarna kuning keemasan ini kaya kalium, sehingga enak dan menyegarkan sekali untuk dijadikan minuman dingin. Jadi sebenarnya tidak hanya cocok disajikan sebagai hidangan pembuka puasa saja.

Buah timun suri merupakan jenis tanaman semusim, namun tidak termasuk tanaman musiman, jadi seharusnya dapat ditanam setiap saat. Tapi entah mengapa, buah ini hanya diproduksi dan dijual saat ramadhan saja.

Meskipun namanya timun suri, tapi sebenarnya timun suri ini tidak sejenis dengan buah mentimun tapi cenderung lebih mirip dengan keluarga labu. Sedangkan dilihat dari bentuk daun maupun bijinya, justru lebih menyerupai blewah atau melon.

Timun suri yang enak, biasanya adalah yang sudah matang sekali dan umumnya sudah pecah. Timun suri yang sudah benar-benar matang seperti ini biasanya teksturnya menjadi sangat lembut, nyaris seperti ubi yang sudah direbus.

Jika sudah matang betul seperti itu, tidak hanya wanginya yang menggoda, namun cairan dan buahnya juga terasa manis. Namun tekstur buahnya menjadi sangat rapuh sehingga tidak mungkin lagi diserut memanjang dan hanya bisa dipotong kotak yang seringkali tak beraturan.

 

Timun suri yang sudah matang sekali

Timun suri yang sudah matang sekali hingga pecah

Timun suri seperti itu, sudah enak sekali jika dicampur dengan sedikit susu dan sirup secukupnya, lalu diberi es batu. Lebih enak lagi jika dicampur dengan buah-buahan yang lain, cincau, nata de coco, atau potongan agar-agar. Buah ini cukup luwes dipadupadankan dengan bahan es campur. Jadi kita bisa menyesuaikan saja campurannya dengan bahan yang tersedia di rumah.

Dalam resep berikut ini, timun suri terasa sedap dan nikmat karena di sajikan bersama dengan potongan atau serutan buah melon, blewah, dan nata de coco. Lebih enak lagi karena ditambah dengan kelapa muda. Air kelapa mudanya makin menambah sensasi segarnya dan membuat es ini makin menggoda.

Sirup yang digunakan bisa sirup cocopandan, bisa juga sirup melon. Namun bila menggunakan kelapa muda, akan lebih enak menggunakan sirup cocopandan secukupnya.

Dalam resep ini, melon yang digunakan kebetulan jenis melon orange. Hasilnya ternyata cantik sekali. Setelah dicampur blewah yang juga agak-agak oranye dan sirup cocopandan, terjadilah warna cantik yang cenderung peach ini. Ada yang ingin mencoba juga? Mari simak bersama resepnya berikut ini:

Resep Es Timun Suri

Bahan:

  • 500 g timun suri, kupas dan potong dadu
  • 200 g blewah, serut memanjang
  • 300 g melon orange, serut memanjang
  • 100 g nata de coco rasa leci atau sesuai selera
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • 2 sachet susu kental manis
  • 1 buah kelapa muda, serut memanjang
  • air kelapa dari 1 buah air kelapa muda
  • Es yang sudah dihancurkan secukupnya
  • Air gula dari 3 sendok sayur gula pasir yang telah direbus dengan air secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campur potongan timun suri, blewah, melon, nata de coco, dan serutan kelapa muda dalam wadah yang cukup besar.
  2. Tuangkan air kelapa ke dalamnya, lalu tambahkan susu kental manis, sebagian air gula, dan sirup coco pandan dan aduk hingga rata.
  3. Beri es batu yang sudah dihancurkan, aduk kembali hingga rata dan cicipi apakah rasa manisnya sudah pas. Tambahkan kembali air gulanya bila perlu.
  4. Simpan dalam lemari es hingga saatnya disajikan.

Selamat mencoba dan menikmati … Es Timun Suri untuk takjil ramadhan kali ini rasanya segar dan nikmat sekali bukan? Apalagi dinikmati saat berbuka puasa bersama keluarga.IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *