Resep Es Mentimun Serut

Es Mentimun Segar

Cara membuat Es Mentimun Serut

Teman-teman, adakah yang suka minum es mentimun serut? Minuman ini biasanya mudah sekali kita dapatkan di rumah makan-rumah makan yang menyajikan makanan khas Aceh. Rasanya segar. Memang cocok sekali diminum sehabis menyantap mie aceh atau sepiring nasi dengan ayam tangkap.

Meskipun biasa dijual di restoran, sebenarnya minuman ini sangat mudah dibuat, bahannya juga sederhana dan umumnya tersedia di rumah. Jadi bisa saja disajikan di rumah di siang hari saat cuaca panas. Atau bisa juga dibuat untuk menu buka puasa di sore hari.

Es mentimun bisa dibuat hanya dari bahan mentimun, gula, jeruk nipis dan es batu atau es serut saja. Ada juga yang menambahkan selasih sehingga rasanya semakin segar. Jeruk nipisnya juga bisa diganti dengan jeruk lemon, atau bisa juga menggunakan sirup melon sehingga penampilannya semakin menarik dengan warna yang kehijauan.

Jadi bila teman-teman mempunyai stok mentimun untuk lalap. Jika stok berlebih atau sedang malas makan dengan lalap, bisa saja mentimunnya dijadikan es seperti ini. Caranya mudah saja, hanya harus disingkirkan bijinya dan diserut. Tentunya mentimunnya perlu dikupas dulu.

Gula pasirnya sebaiknya dibuat sirup dengan cara direbus dengan air dan daun pandan supaya ada tambahan aroma pandan. Tapi bila teman-teman tak ingin bersusah payah membuatnya, bisa saja gulanya langsung diaduk dengan sedikit air panas, atau bila ada bisa diganti dengan madu. Jadinya lebih praktis lagi dan masih tetap enak plus sehat.

Dalam resep berikut ini, saya membuat es mentimun menggunakan jeruk nipis dan madu saja. Bila teman-teman tak mau menggunakan madu, ganti saja dengan air gula.

Es Mentimun Sederhana

Es Mentimun

Resep Es Mentimun Serut

Untuk: 3 gelas

Bahan:

  • 3 buah mentimun, kupas, parut atau serut dan singkirkan bijinya
  • 2-3 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 5 sdm madu
  • air dingin
  • es batu

Cara membuat:

1. Masukkan kurang lebih 1 1/2 sdm serutan mentimun ke dalam gelas saji yang sudah disiapkan

2. Beri 1 sdm air jeruk nipis (atau sesuai dengan selera)

3. Tuangkan air dingin matang hingga 3/4 gelas

4. Beri madu 1 sdm atau secukupnya, aduk hingga rata

5. Tambahkan es batu, lebih bagus lagi es batu yang sudah diserut

6. Sajikan segera

Begitulah cara membuat es mentimun serut, selamat mencoba. Bila ingin es mentimun yang lebih ‘berwarna’, bisa menambahkan juga sirup melon sehingga warna es menjadi lebih segar kehijauan. (IN)?

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *