Resep Cumi Masak Hitam Sedaap

Cumi masak hitam

Cara memasak cumi dengan tintanya

Ada yang suka memasak cumi dengan tintanya? Bagi mereka yang suka, cumi yang dimasak bersama tintanya tentu jauh lebih gurih dan lebih sedap rasanya dibandingkan dengan cumi yang dimasak tanpa tinta.

Memang warnanya yang hitam pekat membuatnya jadi terlihat meragukan. Apalagi bagi yang tidak suka makanan berwarna hitam, bisa jadi akan terlihat sedikit menakutkan. Padahal rasanya enak sekali. Ada saja orang yang menjadi langsung suka begitu sudah mencobanya.

Menurut Prof.Dr. Made Astawan dari Teknologi Pangan dan Gizi IPB dalam tulisannya di Kompas dot com, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari tinta cumi. Tinta cumi diduga memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi, dan dapat menjinakkan tumor. Bagi sebagian orang, tinta cumi penting untuk meningkatkan citarasa.

Masih menurut beliau, saat ini di Italia, tinta cumi telah dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu pasta. Sedangkan di Jepang, kantong tinta cumi telah dimanfaatkan sebagai pengawet dan penambah flavor cumi asin.

Jenis cumi yang enak untuk dimasak dengan tintanya adalah cumi yang berukuran kecil. Di supermarket, cumi berukuran kecil biasanya adalah jenis cumi sero. Cumi yang kecil lebih empuk dan enak setelah dimasak, serta tak akan mudah menjadi alot jika dibandingkan dengan cumi yang besar.

Untuk memasak cumi dengan tintanya, sejak pergi berbelanja kita sudah harus cermat memilih cumi yang masih utuh tintanya dan membawanya pulang dengan hati-hati. Hindari cumi yang sudah kelewat banyak tintanya yang pecah. Kalau dimasak tidak akan bisa hitam warnanya.

Begitu juga ketika membersihkan cumi, lakukan dengan hati-hati. Tarik kepala cumi pelan-pelan dari badannya, buang mulutnya yang terdapat di tengah kepala. Kita bisa menemukan mulutnya dengan cara memencet sedikit bagian tengah kepalanya. Jaga jangan sampai kantong tintanya pecah.

Dibagian badan cumi biasanya ada bagian mirip plastik yang perlu dibuang, begitu juga isi perutnya. Keluarkan dan cuci hingga bersih. Kulit cumi yang berwarna ungu sebenarnya tidak perlu kita buang, tetapi biasanya saat dicuci bersih seringkali ada beberapa yang copot sendiri, tidak mengapa.

Untuk mengurangi baunya, setelah dicuci bersih biasanya cumi dikucuri air perasan jeruk nipis atau lemon lalu didiamkan sebentar, lalu dibilas hingga bersih.

Teman-teman tentunya memiliki juga resep cumi yang enak. Kalau dalam resep berikut ini, cumi bersama tintanya hanya ditumis dengan aneka rempah yang diiris tipis dan juga sudah ditumis sehingga aromanya wangi dan rasanya sedap. Salah satu bumbu irisnya kunyit, tapi sebelum diiris kunyitnya dibakar dulu.

Perlu diingat juga disini, jika 100 ml air matang masih kurang, jangan menambahkan lagi terlalu banyak supaya kuahnya yang hitam lebih terasa gurih dan kentalnya. Ada yang mau mencoba? Begini resep selengkapnya teman-teman:

Resep cumi tinta hitam

Bahan:

  • 500 g cumi-cumi ukuran kecil, cuci bersih
  • 100 ml air matang
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk (saya menggunakan yang no msg)
  • 15 buah cabai rawit merah utuh
  • 1 buah tomat merah, dipotong menjadi 8
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 batang sereh, ambil bagian putihnya saja
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya

 

Bumbu: iris tipis-tipis

  • 6  butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1 jari kunyit yang sudah dibakar

Cara membuat:

1. Tumis irisan bawang merah dengan minyak goreng secukupnya hingga harum, lalu masukkan irisan bawang putih dan jahe, lalu aduk-aduk sebentar. Selanjutnya masukkan juga irisan lengkuas dan kunyit. Teruskan menumis hingga harum.

2. Tambahkan daun salam, serai, cabai rawit, dan daun jeruk, aduk hingga rata dan daun salam serta daun jeruk terlihat agak layu.

3. Masukkan cumi, aduk-aduk sebentar hingga rata dengan bumbunya, lalu beri air matang, aduk kembali hingga rata, lalu bumbui dengan garam dan gula merah, masukkan juga potongan tomat dan kaldu ayam bubuk. Cicipi dan koreksi dulu rasanya. Setelah pas rasanya, biarkan mendidih, lalu segera angkat dan sajikan.

Begitulah resep cumi masak tinta hitam sedaap ini teman-teman, selamat mencoba dan menikmati. Untuk diingat, cumi tidak boleh dimasak terlalu lama supaya tidak menjadi alot.  Tapi jika cuminya yang berukuran kecil, biasanya tak mudah alot dan hasilnya biasanya lebih lembut dan lezat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *