Resep cake pisang cokelat panggang tanpa gula

Cake pisang panggang tanpa gula

Cara membuat cake pisang cokelat panggang tanpa gula

Cake pisang panggang kali ini adalah cake pisang versi sehat, karena tidak menggunakan gula pasir atau gula palem.  Selain itu, juga menggunakan oatmeal.

Meskipun tidak menggunakan gula pasir atau gula palem, rasanya masih cukup manis, karena gulanya diganti dengan buah kurma dan sedikit madu.

Resep ini cocok bagi orang yang sedang berdiet namun ingin makan cake. Meskipun masih tetap ada rasa manisnya, tetapi kadar kalorinya lebih rendah.

Membuatnya sangat praktis dan tidak perlu menggunakan mixer, hanya menggunakan blender, dengan begitu pekerjaan menghaluskan pisang dan kurma sekalian dikerjakan sambil mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.

Penggunaan oatmeal membuat cake ini cukup mengenyangkan, jadi cocok untuk dijadikan salah satu pilihan menu sarapan atau untuk dinikmati saat snack sore sambil minum teh atau kopi.

Kali ini takaran bahannya betul-betul pas untuk loyang loaf bergerigi sepanjang 24 cm yang digunakan, jadi tak ada adonan yang tersisa.

Hasil jadinya, cakenya tebelah di tengah. Umumnya cake model begini memang seringkali terbelah saat matang. Tidak apa-apa, yang penting teksturnya masih tetap lembut dan enak. Rasa manisnya cukup saja, dan untuk saya ini pas.

Warnanya cokelat sekali, padahal menggunakan bubuk cokelatnya hanya 1 sdt, tujuannya sekedar untuk memperkaya rasa saja. Bagi yang tidak suka boleh di skip, sebab tanpa tambahan cokelat pun cake pisang itu dari sananya juga sudah kecokelatan warnanya.

Selain menggunakan cokelat bubuk saya juga menggunakan kayu manis bubuk 1/2 sdt, bagi yang tidak suka juga boleh di skip. Sebagai alternatif, cake ini juga lebih enak jika diperkaya dengan campuran kismis atau kacang-kacangan.

Begitu juga untuk taburannya, selain potongan pisang seperti dalam resep ini, bisa juga menggunakan kacang almond keping, kismis, atau buah kering lainnya.

Agar lebih sehat, mentega atau margarinnya sebagian bisa diganti dengan minyak goreng. Baiklah, bagi yang ingin mencoba, ini dia resep selengkapnya:

Cake pisang panggang tanpa mixer

Cake pisang cokelat panggang tanpa gula

Resep cake pisang cokelat panggang tanpa gula

Bahan A:

  • 4 buah pisang raja yang sudah matang sekali (kira-kira 200 g)
  • 2 butir telur
  • 105 g margarin/butter (sebagian mentega bisa diganti dengan minyak goreng agar lebih sehat)
  • 110 ml susu cair
  • 11/2 sdm air perasan jeruk lemon
  • 150 gram buah kurma, buang bijinya, potong kecil-kecil
  • 2 sdm madu (boleh ditambah jika ingin lebih manis)

Bahan B:

  • 135 g tepung terigu serbaguna
  • 100 g quick cooking oat
  • 1 tsp soda kue
  • 1/2 tsp garam
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdt cokelat bubuk

Taburan:

2 buah pisang raja, dipotong setebal 1/2 cm dengan bentuk bulat  (sebaiknya pisang dikupas dan dipotong sesaat sebelum ditaburkan supaya warnanya tidak berubah).

Cara membuat:

  1. Masukkan air perasan jeruk lemon ke dalam susu cair lalu diamkan setidaknya 30 menit, sisihkan.
  2. Tuangkan semua bahan B kecuali oatmeal ke dalam wadah, lalu ayak dan aduk hingga rata menggunakan whisk. Setelah rata tambahkan oatmeal lalu aduk kembali sampai rata, sisihkan.
  3. Panaskan oven pada suhu 180 derajat.
  4. Masukkan semua bahan A ke dalam blender, lalu proses dengan blender hingga halus.
  5. Selanjutnya tuangkan adonan dari bahan A tadi ke dalam bahan B, lalu aduk dengan menggunakan whisk hingga tercampur rata.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang loaf atau loyang tulban yang sudah diolesi dengan mentega, lalu ratakan permukaannya dan hentakkan bila perlu. Kemudian hiasi dengan potongan pisang di bagian atasnya. Selanjutnya panggang pada suhu 180 derajat celsius selama 45 menit, atau hingga matang (tergantung oven masing-masing).
  7. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan kue setelah 45 menit. Jika sudah matang, keluarkan oven dari dalam loyang dan biarkan agak dingin, setelah agak dingin segera keluarkan dari loyang dan dinginkan di rak kawat.
  8. Selanjutnya potong-potong dan sajikan.

Praktis sekali bukan, cara membuat resep cake pisang cokelat panggang tanpa gula ini? Tidak membutuhkan waktu yang lama, selain itu hasilnya juga enak. Semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *