Resep brownies kukus yang lembut dan ‘nyoklat’

Brownies kukus favorit

Cara membuat brownies kukus yang lembut

Teman-teman penggemar brownies pasti mengenal jenis brownies yang satu ini. Brownies kukus memang sangat disukai di Indonesia. Teksturnya yang lembut dengan sensasi rasa cokelat yang kuat mampu membuat orang mudah lupa diri sehingga sulit berhenti untuk mencomot dan mengunyah.

Kue yang satu ini memang sudah sangat populer sebagai buah tangan atau cemilan sehari-hari. Brownies kukus juga cocok dihias sebagai kue ulang tahun atau kue tart di acara perkawinan.

Dulu saat pertama mencoba membuat brownies kukus, saya menggunakan resep Ny. Liem yang sudah sangat terkenal di internet saking banyaknya di share orang.  Mungkin teman-teman juga begitu ya …. ketik saja di google … brownies kukus Amanda atau ala Amanda, maka resep yang paling sering muncul adalah resep brownies Ny. Liem.

Resepnya memang mudah dipraktekkan, dan hasilnya sudah pasti enak. Tampilannya pun terlihat keren karena dibuat berlapis mirip brownies amanda betulan. Tak heran bila resep ini menjadi begitu ngetop dan melegenda (terima kasih untuk Ny. Liem, semoga beliau selalu diberkati).

Jadi bila teman-teman belum pernah mencobanya, coba deh pasti tak akan menyesal. Bahkan bila ingin dipakai usaha juga bisa, brownies ini sepertinya  pas  saja di lidah banyak orang.

Bagi teman-teman yang menjadi penasaran dan ingin mencobanya juga, jangan khawatir dan tak perlu mencari sendiri di google. Nanti resepnya akan saya catatkan di bagian bawah resep ini …

Resep yang ingin saya share kali ini adalah resep yang saya kenal setelah berhasil move on dari resep brownies Ny. Liem. Resep aslinya saya dapat dari Pak Deni Piliang dari Toko Wina, tempat saya kursus kue di Depok.

Tapi maaf ya teman-teman …  saya hanya bisa menampilkan resep yang sudah saya modif sedikit di sana-sini. Soalnya, bisa jadi Pak Deni masih menggunakan resep aslinya di tempat kursus. Jadi tentunya tidak etis kalau resepnya saya taruh begitu saja di sini.

Resep brownies kukus yang lembut dan nyoklat ini tak kalah enak dibandingkan dengan resep Ny. Liem. Bedanya dengan resep Ny. Liem, brownies ini menggunakan mentega, sehingga aromanya lebih wangi. Satu resep brownies ini pas  untuk satu loyang oval ukuran 21 x 10 cm.

Saya suka resep ini karena browniesnya lembut, rasa cokelatnya kuat, dan rasa manisnya pas. Untuk teman-teman yang alergi gluten, saya juga sudah mencoba resep ini menggunakan tepung mocaf. Tentunya dengan sedikit perubahan ya teman-teman. Menteganya di sini dicampur minyak goreng supaya terasa lebih moist.

Hasilnya masih tetap terasa lembut dan rasa cokelatnya kuat. Resepnya ada di bagian ke 2 ya teman-teman. Kalau cara membuatnya sama saja, jadi bisa dilihat di bagian atas. Memang loyangnya beda, untuk yang mocaf saya gunakan loyang brownies ukuran 25 x 11 cm.

Satu hal yang perlu diingat teman-teman, enak tidaknya kue tidak hanya tergantung dari resepnya saja. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat besar pengaruhnya. Jadi teman-teman, bila ingin membuat kue yang enak, pilihlah bahan paling berkualitas yang bisa diperoleh di toko bahan kue terdekat.

Jangan segan bertanya kepada Mbak atau Mas yang ada di sana. Mereka pasti tahu bahan bagus yang lazim digunakan untuk membuat brownies enak. Begini resep selengkapnya ya teman-teman:

Resep brownies kukus yang lembut dan nyoklat

Bahan:

  • 3 butir telur ukuran kecil sampai sedang (bila menggunakan telur ukuran besar gunakan 2 telur utuh dan 1 kuning telur saja)
  • 45 g mentega (saya menggunakan mentega yang sudah dicampur margarin)
  • 75 g dark cooking cokelat
  • 2 sdm susu kental manis cokelat
  • 85 g gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier (bisa menggunakan sp atau tbm)
  • 45 g tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • 15 g cokelat bubuk
  • 1/3 sdt baking powder (saya tidak memakai, bila memakai mungkin browniesnya bisa lebih tinggi mengembang)
  • 1/2 sdt vanili
  • keju parut secukupnya untuk taburan
  • potongan buah ceri secukupnya untuk hiasan

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang (untuk brownies ini saya menggunakan loyang oval ukuran 21 x 10 cm), olesi dengan mentega, lalu beri kertas roti di dasarnya dan oles kembali dengan mentega, sisihkan.
  2. Cairkan dengan cara ditim: mentega dan dark cooking cokelat, lalu aduk rata dengan susu kental manis, biarkan dingin, sisihkan.
  3. Campur bahan kering, yaitu tepung terigu, maizena, susu bubuk, cokelat bubuk, vanili, baking powder, ayak dan aduk rata.
  4. Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier hingga mengembang, kental, dan agak kaku.
  5. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur, aduk rata dengan cara aduk balik, lalu masukkan juga campuran cokelat cair dan mentega.
  6. Kukus hingga matang selama 40 menit dalam kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan hingga airnya mendidih dan beruap banyak. Kecilkan api, gunakan api sedang saja supaya bagian atasnya tidak bergelombang.
  7. Bila perlu, setelah 40 menit, tusuk dengan tusuk gigi, jika keluar bersih berati sudah matang. Keluarkan dari kukusan dan biarkan agak dingin. Selanjutnya lepaskan dari cetakan dan biarkan dingin di rak kawat.
  8. Cara menghias: beri olesan sedikit cokelat blok yang sudah ditim, lalu taburkan parutan keju dan potongan buah ceri di atasnya. Untuk variasi, bisa juga menggunakan separuh parutan keju dan separuhnya lagi parutan cokelat blok.

Catatan: bila ingin ada lapisannya di  bagian tengah, begini caranya:

  1. Ambil beberapa sendok adonan lalu dicampur dengan susu kental manis dan pasta cokelat secukupnya, sisihkan.
  2. Sementara itu adonan yang tersisa dibagi dua. Kukus dulu satu bagian adonan sekitar 10 menit, lalu masukkan adonan yang telah dicampur skm dan pasta cokelat tadi. Kukus lagi 10 menit.
  3. Sesudah itu baru sisa adonan dimasukkan dan dikukus kembali hingga seluruhnya matang, kira-kira selama 25 menit.

Bagi teman-teman yang alergi gluten, berikut ini saya sertakan juga bahan untuk membuat brownies mocaf. Sedangkan cara membuatnya sama saja dengan brownies biasa yang tercantum di bagian atas. Resep ini hanyalah turunannya:

Brownies dari tepung mocaf

Brownies kukus mocaf

Resep Brownies Kukus Mocaf

Bahan:

  • 3 butir telur ukuran kecil atau 2 butir telur ukuran besar dan satu kuning telur
  • 70 g gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier (bisa sp atau tbm)
  • 45 g tepung mocaf
  • 10 g cokelat bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • 50 g Dark Cooking Chocolate
  • 35 g mentega
  • 15 g minyak goreng
  • 2 sdm susu kental manis cokelat
  • 1/2 sdt vanili

Cara membuatnya sama dengan resep yang sebelumnya, bedanya hanya saat harus memasukkan terigu, gantilah dengan tepung mocaf, perbedaan lain di sini saya gunakan loyang brownies ukuran 25 x 11. jadi untuk keterangan cara membuatnya, silakan dilihat kembali di bagian atas.

Jadi begitulah cara membuat dan resep brownies kukus yang lembut dan ‘nyoklat’ favorit saya teman-teman. Semoga bermanfaat. Dan sesuai janji saya tadi, saya akan share resep brownies Ny. liem di sini, meskipun saya yakin sudah banyak yang mengetahui resep ini:

Resep Brownies Kukus Ny. Liem

Resepnya saya kutip dari buku beliau, yaitu 100 resep kue pilihan Ny. Liem. Bahan-bahannya terlihat banyak sekali ya …. tenang teman-teman … kita bisa membuat setengah atau seperempatnya saja.

Resep-resep yang biasanya beredar di internet umumnya hanya menggunakan ukuran setengah resep aslinya. Jadi ya tinggal di bagi dua saja setiap bahannya. Kalau ada bahan yang jumlahnya ganjil, bulatkan saja angkanya. Bila setengah resep masih terlalu banyak, bisa dibagi empat supaya hasilnya sesuai jumlah yang dibutuhkan saja.

Sebab seperti yang sudah saya katakan di atas, brownies kukus yang lembut memang enak dikunyah, jadinya suka membuat lupa diri dan berpotensi memperberat timbangan badan tanpa sadar …. hihihi …

Bahan 1:

  • 12 butir telur
  • 450 g gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 20 g cake emulifier (misal tbm, sp, ovalet)
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan 2 (campur dan ayak):

  • 250 g tepung terigu protein sedang, misalnya segitiga
  • 100 g cokelat bubuk
  • 1 sdt baking powder

Bahan 3 (cairkan):

  • 350 ml minyak sayur
  • 200 g dark cooking chocolate

Bahan 4:

150 ml susu kental manis putih

Cara membuat:

  1. Campur dan kocok bahan 1 menjadi satu hingga mengembang dan kental.
  2. Masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan 3, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 200 g adonan, campur dengan bahan 4, sisihkan.
  3. Tuangkan sebagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 24x24x7 yang telah dialasi sedikit minyak dan dilapisi kertas roti dan kukus selama 10 menit (Jadi setelah diambil 200 g tadi, sisa adonan langsung dibagi dua ya teman-teman, yang dimasukkan pertama yang satu bagian dulu)
  4. Selanjutnya tuang 200 g adonan (yang sudah dicampur bahan 4 tadi). Lalu kukus kembali selama 10 menit. Terakhir masukkan sisa adonan yang sebagian lagi. Kukus 30 menit hingga matang (lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi bila perlu. Bila tusuk gigi keluar bersih berarti sudah matang).
  5. Angkat dan dinginkan.

Selamat mencoba resep brownies kukus lembut dan brownies kukus Ny. Liem ala Amanda ini ya teman-teman … semoga berhasil …. Happy baking (IN) …..

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *