Resep Brokoli Cah Bawang Putih Sederhana

Resep Brokoli Cah Bawang Putih

Cara Memasak Brokoli Cah Bawang Putih Sederhana

Lagi-lagi masak brokoli … rasanya tak pernah bosan dengan tumis brokoli … tapi kali ini masaknya yang gampang saja … hanya menggunakan bumbu bawang putih dan merica bubuk … plus gula dan garam tentunya.

Selain enak rasanya juga irit memasaknya bukan? Supaya lebih enak, dalam resep ini ditambahkan juga kaldu bubuk dan kecap ikan. Jika ada, bisa ditambah juga dengan potongan daging ayam atau daging sapi. Rasanya tentu menjadi lebih enak lagi, tapi sayangnya jadi tidak cocok dengan judulnya yang sederhana itu, juga tidak irit, hihi …

Supaya brokoli tetap renyah dan segar sesudah matang, seperti biasa, si brokoli ini direndam dulu dengan air panas, kira-kira sampai layu dan agak empuk saja. Hati-hatilah kalau menggunakan air mendidih, jangan lama-lama merendamnya.

Brokoli memang cepat sekali empuk. jadi baik merendam maupun memasak tidak boleh terlalu lama. Memasak brokoli terlalu lama akan membuat brokoli menjadi tidak cantik lagi warnanya. Warnanya hijaunya jadi agak menghitam begitu.

Bila agak kelamaan merendam, biasanya masih bisa diatasi dengan ditiriskan secepatnya lalu direndam di air es. Tapi jika telanjur sampai empuk sekali, tentu rada sulit. Mungkin lebih baik tidak usah dimasak, disiram saja misalnya dengan saus jamur.

Brokoli ini salah satu sayuran yang sebaiknya sering-sering dimasak, terutama bagi wanita. Brokoli termasuk salah satu sayuran yang kaya kalsium, sehingga bisa membantu menguatkan tulang, supaya tidak mudah terkena osteoporosis.

Jika dikonsumsi bersama sumber protein, brokoli dapat membantu melancarkan asam amino dalam darah menuju otak, yang artinya akan membantu otak berfungsi lebih baik.

Brokoli sudah lama terkenal dengan fungsinya sebagai antikanker, karena mampu melawan berbagai jenis kanker berkat kandungan indole-3-carbinol, dan juga sulforaphane yang dapat membebantas sel kanker sebelum menimbulkan kerusakan di dalam tubuh.

Sulforaphane juga dapat membantu membunuh bakteri jenis Helicobacter pylori, yaitu jenis bakteri yang berhubungan dengan penyakit perut yang sering terjadi pada anak-anak, juga penyebab utama dari penyakit mag kronis serta tukak lambung yang terjadi di masa anak-anak.

Sebagai anti oksidan, brokoli kaya dengan beta karoten yang baik untuk menurunkan risiko serangan jantung, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, juga mencegah katarak.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat brokoli untuk kesehatan, tetapi takutnya nanti yang membaca keburu capek… hihi … baiklah, langsung lihat resep selengkapnya saja ya …

Resep brokoli cah bawang putih

Bahan:

  • 300 g brokoli, petik sesuai dengan kuntumnya
  • 4 siung bawang putih, memarkan dan cincang
  • 1/2 sdm kecap ikan
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk bila suka
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Seduh brokoli dengan air panas hingga layu dan hilang bau langunya tetapi masih krispi dan tidak sampai empuk, lalu tiriskan dan siram dengan air dingin.
  2. Tumis cincangan bawang putih hingga harum, lalu beri kecap ikan dan masukkan brokoli, aduk-aduk hingga rata
  3. Bumbui dengan merica bubuk, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk bila suka
  4. Cicipi dan koreksi rasanya
  5. Angkat setelah rasanya pas dan brokoli matang. Usahakan memasaknya jangan terlalu lama supaya brokolinya masih tetap krispy.

Begitulah cara memasak resep brokoli cah bawang putih. Bila teman-teman tidak suka kecap ikan dan lebih suka menggunakan saus tiram, juga boleh saja.

Namun perlu diingat bahwa saus tiram hitam warnanya. Jangan gunakan terlalu banyak supaya sayur brokoli dan bawang putihnya tidak berubah menjadi kehitaman. Semoga bermanfaat …. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *