Resep Bolu Tape Lembut bertabur Keju

Cake tape lembut

Cara membuat Bolu tape lembut bertabur keju

Apakah teman-teman menyukai bolu tape? Mari mencoba membuat bolu tape sendiri … Bolu tape termasuk kue bolu yang cukup digemari. Penggunaan tape singkong sepertinya membuat bolu ini terasa beda dibandingkan bolu dengan rasa lainnya. Rasa enaknya tidak membuat orang cepat menjadi bosan.

Jika dibandingkan dengan prol tape, bolu tape rasanya lebih ringan karena tape yang digunakan biasanya lebih sedikit. Tapi rasanya tak kalah enak dan juga kuenya bisa lebih mengembang karena telur dan terigu yang digunakan juga lebih banyak daripada prol tape.

Nah, dalam resep berikut ini, saya hanya menggunakan 150 gram tape singkong, 4 butir telur, dan bahan-bahan lain yang masing-masing beratnya sekitar 150-175 gram saja.

Saya juga menggunakan tambahan keju spread di dalam adonan, supaya bolunya lebih terasa wangi kejunya. Bila tak ada stok keju spread di rumah bisa diganti dengan keju parut biasa. Kebetulan saja stok di rumah saya tinggal keju spread. Cara membuatnya cukup simpel, teman-teman pasti bisa.

Bolu tape ini disajikan dengan taburan keju. Bagi yang tidak menyukai taburan keju, bisa menggantinya dengan taburan kismis atau buah kering. Sesuaikan saja dengan selera dan stok bahan yang ada di rumah saja yaa ….

Ini dia resep selengkapnya:

Resep Bolu Tape Lembut bertabur Keju

Bahan:

  • 175 g tepung terigu serbaguna
  • 25 g tepung maizena
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt baking powder double acting
  • 1/4 sdt garam
  • 150 gram mentega (saya menggunakan butter margarin tapi rasanya sudah enak)
  • 150 gram gula pasir berbutir halus
  • 150 g tape singkong, singkirkan seratnya
  • 3 sdm santan (bisa juga diganti susu kental manis, tinggal dikurangi sedikit gula pasirnya)
  • 50 gram keju spread (bisa diganti keju parut)
  • 4 butir telur
  • Secukupnya parutan keju untuk taburan

Cara membuatnya:

  1. Haluskan tape dengan garpu lalu aduk-aduk atau kocok hingga rata dengan santan, sisihkan.
  2. Campur tepung terigu dengan susu bubuk, garam, tepung maizena, baking powder, dan vanili bubuk, lalu ayak, sisihkan
  3. Kocok mentega menggunakan mixer hingga lembut mengembang, lalu tambahkan gula pasir, dan kocok kembali hingga tercampur rata.
  4. Selanjutnya turunkan kecepatan mixer lalu masukkan tape yang sudah dicampur dengan santan dan keju spread atau keju parut, lalu kocok hingga rata. Setelah itu, masukkan telur satu demi satu sambil dikocok hingga rata. Beri jarak, jangan masukkan telur berikutnya jika yang sebelumnya belum tercampur rata. Setelah semua telur masuk dan tercampur rata, matikan mixer.
  5. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit campuran terigu ke dalam adonan dan aduk balik dengan spatula, perlahan-lahan saja. Hati-hati jangan terlalu lama mengaduk.
  6. Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang tulban dengan diameter 23 cm, lalu masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya setidaknya 10 menit. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, jangan lupa hentakkan dulu loyang berisi adonan di meja sebanyak 2-3 kali supaya kuenya nanti tidak berongga (saya hanya hentakkan sekali dan masih sedikit berongga).
  7. Selanjutnya panggang bolu tape dengan suhu 170 derajat Celsius selama kurang lebih 45 menit atau tergantung panas oven masing-masing.
  8. Untuk mengetes kematangan kue, masukkan tusuk gigi ke dalam kue, jika tusuk gigi keluar bersih artinya kue sudah matang. Setelah bolu matang, segera matikan api dan biarkan bolu agak dingin.
  9. Keluarkan dari dalam oven dan dari loyang, lalu dinginkan di rak kawat. Setelah dingin, oleskan sedikit krim di permukaan kue lalu taburkan keju parut di atasnya. (Bila di rumah tak tersedia krim, bisa membuat sendiri secara sederhana dengan cara mengocok 1 sdm mentega dan susu kental manis secukupnya).
  10. Selanjutnya potong-potong kue bolu sesuai dengan selera dan sajikan bersama teh manis atau kopi.

Begitu cara membuat resep bolu tape lembut bertabur keju kali ini, semoga bermanfaat … IN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *