Resep banana oatmeal bread yang lembut dan moist

Banana oatmeal bread ini lembut dan enak

Cara mudah membuat banana oatmeal bread yang lembut dan moist

Apa bedanya banana bread dengan cake atau bolu pisang? Kalau rasanya pasti sama-sama enak, tapi kalau menurut yang saya lihat, resep banana bread agak berbeda dengan cake atau bolu.

Kalau kita lihat di google, resep-resep banana bread biasanya irit telur. Penggunaannya rata-rata hanya 1 sampai 2 butir saja. Berbeda dengan bolu atau cake versi kita yang rata-rata menggunakan lebih banyak telur, minimal sampai 4 butir.

Perbedaan lain, umumnya banana bread dipanggang menggunakan loyang loaf, dan disajikan untuk sarapan karena memang rata-rata teksturnya padat sehingga cukup mengenyangkan untuk menu sarapan.

Kalau menurut wikipedia, banana bread ini berasal dari Amerika. Karena enak dan mudah dibuat, akhirnya menjadi populer di mana-mana sampai sekarang. Di situ dijelaskan juga bahwa banana bread ini merupakan semacam quickbread, yaitu roti yang rasanya manis seperti cake, pengembangnya juga tidak menggunakan ragi tetapi umumnya baking powder atau soda kue.

Di Indonesia, banana bread juga disukai karena banana bread ini memang cocok untuk teman ngeteh atau ngopi di pagi atau sore hari. Banana bread di sini sering disebut sebagai banana cake atau bolu pisang, jadi dianggap sama saja, karena memang mirip.

Resep banana bread sendiri sangat bervariasi. Banyak resep banana bread yang dibuat versi sehat, misalnya dibuat tanpa menggunakan bahan pengembang, tanpa gula, atau tanpa gluten.

Resep banana bread berikut ini cukup kaya serat karena sebagian tepungnya diganti dengan oatmeal. Namun masih tetap menggunakan gula dan soda kue, meskipun sudah diusahakan minimalis saja.

Supaya lebih kaya rasa, bagi yang suka boleh saja diberi tambahan kayu manis. Gula pasirnya juga sebagian bisa diganti dengan gula palem atau brown sugar. Namun dalam resep berikut ini, saya hanya menggunakan sedikit tambahan cokelat.

Supaya semakin nikmat, banana bread ini umumnya juga sering diberi campuran kacang-kacangan, kismis, hingga cokelat chip, tapi saya tidak menggunakan campuran sama sekali.

Resep berikut ini aslinya saya ambil dari video banana bread nya Mbak Nikmatul Rosidah (bagi yang ingin tahu resep aslinya yang tanpa oatmeal, saya lampirkan resepnya dibagian bawah artikel).

Saya suka resep ini karena hasilnya begitu lembut dan sedap, namun cara membuatnya praktis dan mudah, seperti membuat butter cake saja, dimana mentega dikocok dengan gula dulu baru bahan yang lain masuk dan tetap dikocok dengan mikser terus sampai rata dan siap dipanggang.

Mbak Nikmatul Rosidah dalam resepnya menggunakan sour cream, sedangkan saya menggunakan buttermilk buatan sendiri, yaitu dari susu yang diberi kucuran air jeruk lemon lalu didiamkan sampai 30 menit. Menurut Mbak Nikmatul Rosidah, bisa juga kalau mau menggunakan yoghurt.

Sebaiknya gunakan loyang yang cukup besar, supaya ada ruang bagi adonan untuk mengembang. Loyang loaf bergerigi seperti yang saya gunakan ini ngepas sekali, sehingga tidak tersisa ruang bagi kue untuk mengembang, tapi karena suka modelnya tetap saya gunakan meskipun sisa adonan harus dipanggang sendiri menggunakan loyang kecil.

Tips lainnya, gunakan pisang yang sudah matang sekali supaya hasilnya memuaskan. Ini dia resep selengkapnya:

Resep Banana Oatmeal Bread yang lembut dan moist

Bahan:

  • 115 ml susu cair (bisa juga menggunakan 1 sachet susu bubuk yang dicairkan dengan 115 ml air)
  • 1 buah jeruk lemon
  • 150 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt cokelat bubuk bila suka
  • 100 gram quick cooking oatmeal
  • 175 gram gula pasir
  • 115 gram butter atau margarin (saya menggunakan butter margarin)
  • 2 butir telur ayam (tidak harus ukuran besar semua, cukup 125 g untuk dua butir telur)
  • 21/2 buah pisang cavendish ukuran sedang yang sudah matang betul (boleh juga diganti dengan pisang kepok/raja/ambon asal ukurannya sama-sama 1cup)

Cara membuat:

  1. Peras jeruk lemon, lalu ambil 1 sdm air perasannya, dan tuangkan ke dalam susu cair lalu diamkan selama 30 menit, sisihkan.
  2. Masukkan tepung terigu, soda kue, cokelat bubuk (bila suka) dan garam dalam satu wadah, lalu ayak atau aduk hingga rata dengan menggunakan whisk. Setelah rata, baru masukkan oatmeal dan aduk kembali hingga tercampur rata, sisihkan.
  3. Siapkan wadah yang lain, lalu tuangkan mentega dan gula pasir ke dalamnya, kocok dengan mikser kecepatan tinggi hingga lembut dan warna adonan memucat.
  4. Selanjutnya turunkan kecepatan mikser jadi paling rendah, masukkan telur satu demi satu, beri jarak waktu setidaknya 1-2 menit, supaya telur tercampur dengan sempurna. (Sambil terus mencampur adonan, sebaiknya oven sambil dinyalakan pada suhu 180 derajat celsius).
  5. Tuangkan susu cair yang sudah dicampur dengan air jeruk lemon tadi, selanjutnya hancurkan pisang dengan blender atau dengan garpu dan masukkan juga ke dalam adonan sambil terus dikocok dengan mikser kecepatan rendah.
  6. Setelah susu dan pisang tercampur rata dalam adonan, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan mikser kecepatan rendah hingga rata.
  7. Setelah rata, matikan mikser dan ratakan adonan yang masih kurang rata dengan spatula lalu tuang ke dalam loyang loaf yang sudah diolesi dengan cukup mentega hingga rata.
  8. Panggang banana bread di dalam oven yang sudah dipanaskan setidaknya 15 menit selama 50-60 menit tergantung oven masing-masing. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangannya.
  9. Angkat banana bread dari dalam oven setelah matang, biarkan agak dingin, baru dikeluarkan dengan hati-hati sekali dari loyangnya, karena kuenya lembut sekali.
  10. Selanjutnya dinginkan di rak kawat. Setelah dingin, banana bread dapat dipotong-potong sesuai dengan selera dan disajikan bersama teh atau kopi.

Mudah bukan cara membuat resep banana bread yang lembut dan enak ini? Selamat mencoba, semoga sukses. IN

Bagi yang ingin mencoba resep aslinya, yaitu banana bread tanpa oatmeal, bisa dilihat disini:

Resep Banana Bread

Sumber: dari Video Mbak Nikmatul Rosidah di Youtube

Bahan:

  • 250 g tepung terigu serbaguna
  • 175 g gula pasir
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 115 mentega atau margarin
  • 125 ml sour cream (bisa diganti dengan yoghurt atau susu cair yang sudah diberi cuka)
  • 1 cup (kurang lebih 2 1/2 buah ukuran sedang) pisang cavendish yang sudah matang sekali dan kulitnya belang-belang

Cara membuatnya kurang lebih sama dengan resep di atas. Semoga bermanfaat.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *