Resep bakwan sayur atau bala-bala

Bakwan sayur yang juga sering disebut bala-bala

Cara membuat bakwan sayur atau bala-bala

Selamat sore teman-teman … adakah yang ingin membuat cemilan sore ini? Saya baru membuat bala-bala atau bakwan sayur. Ada yang berminat membuat juga?

Sebagai teman minum teh, bakwan sayur biasanya dinikmati dengan cabai rawit hijau. Ada juga yang lebih senang menikmatinya dengan saus kacang yang pedas. Saya menyukai keduanya, tergantung yang mana yang tersedia saja.

Bakwan sayur termasuk camilan yang populer karena mudah sekali didapat. Tukang gorengan selalu menyediakannya, baik tukang gorengan yang lewat di perumahan, maupun yang menggunakan gerobag dan mangkal di pertigaan maupun perempatan jalan.

Membeli gorengan memang praktis. Tidak perlu capek-capek dan membuat dapur berantakan. Langsung enak pokoknya,  hihihi … Itulah yang dulu sering saya lakukan jaman masih tinggal di kosan.

Namun ada satu hal yang membuat ragu membeli gorengan, yaitu ketika melihat minyaknya yang hingga berwarna hitam masih terus saja digunakan untuk menggoreng. Selain itu, yang lebih membuat khawatir lagi adalah isu adanya campuran plastik dalam minyaknya. Kebetulan saya melihat liputan investigasinya di TV.

Jika mengingat semua itu, rasanya jadi lebih tenang membuat sendiri, meskipun sedikit repot. Setidaknya jika membuat sendiri kita akan menggunakan minyak yang masih baru. Bumbunya juga kita sendiri yang menentukan. Tidak akan masuk bahan yang tidak pada tempatnya di dalam bakwan. Jadi kita bisa makan dengan rasa aman.

Bakwan sayur terbuat dari sayuran yang dicampur dengan terigu dan sedikit air, lalu digoreng dengan minyak banyak. Jenis sayurannya pun bervariasi sekali, tergantung dengan selera masing-masing. Ibu saya dulu paling suka membuat bakwan taoge, bahannya hanya terigu, tauge, dan daun bawang. Kami semua sangat menyukainya.

Selain bakwan tauge, saya juga sangat menyukai bakwan jagung. Hampir semua versi bakwan jagung sudah pernah saya coba dan suka semuanya, hihihi. Setelah tinggal di Jakarta dan mulai mencoba bakwan sayur yang dimakan dengan bumbu kacang, saya jadi lebih sering membuat bakwan sayur.

Makan bakwan sayur membuat saya membayangkan menikmati sayuran dalam bentuk gorengan, hihihi (ngimpi kali ya). Biarpun bentuknya gorengan, setidaknya masih ada bahan sehatnya kan? Jadi masih ada vitamin dan mineralnya juga.

Saya selalu suka menggunakan wortel dalam bakwan yang saya buat, karena wortel mengandung vitamin A dan membuat bakwan menjadi ada rasa manisnya. Dengan begitu kita tidak perlu menambahkan gula di dalam bakwan. Sebab penggunaan gula di dalam bakwan hanya membuat bakwan menjadi lebih mudah gosong saat digoreng.

Tauge juga merupakan bahan bakwan yang wajib bagi saya, karena tauge termasuk sayur yang tinggi kadar proteinnya. Komposisi sayur dan terigunya juga saya usahakan lebih banyak sayurnya. Jadi biarpun wujudnya hanya cemilan murah, setidaknya masih bisa diusahakan tetap sehat dan bergizi.

Berikut ini adalah resep bakwan sayur yang sering saya buat:

Resep bakwan sayur (bala-bala)

Untuk: 15 buah bakwan

Bahan:

  • 100 g wortel, kupas lalu serut tipis
  • 100 g tauge, cuci bersih dan tiriskan
  • 3 lembar daun kol, buang tulang daunnya lalu iris tipis
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml air es (menggunakan air es akan membuat bakwan lebih renyah)
  • 6-7 sdm terigu atau secukupnya
  • 1 sdm margarin cair (untuk membuat lebih gurih)
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bulat
  • 11/3 sdt garam

Cara membuat:

1. Kocok telur dengan bumbu halus, lalu tambahkan air es, aduk rata lalu masukkan terigu sedikit-demi sedikit, aduk kembali hingga  rata dan adonannya cukup kental, lalu masukkan sayuran, jangan lupa masukkan juga margarin cairnya. (bila adonan sudah cukup kental, tak perlu semua terigu digunakan).

2. Usahakan adonannya cukup kental, jangan terlalu encer, supaya bakwannya tidak lembek sekali, juga jangan sampai terlampau kental. Bila terlampau kental nanti saat digoreng bagian tengahnya akan sulit matang.

3. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup karena bakwan harus seluruhnya terendam minyak saat digoreng.

4. Cicipi dan koreksi rasanya dulu, caranya masukkan sedikit adonan ke dalam minyak panas, goreng hingga matang lalu angkat, biarkan agak dingin dan rasakan apakah garam dan mericanya sudah pas. bila sudah, bakwan bisa mulai digoreng sesendok demi sesendok. Beri jarak yang cukup supaya tidak lengket satu sama lain.

5. Goreng hingga matang dan kerjakan terus hingga seluruh adonan selesai digoreng. Sajikan hangat dengan cabai rawit.

Begitulah caranya membuat bakwan sayur atau bala-bala. Selamat mencoba teman-teman ..

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *