Resep Bakso Jamur Tiram

Bakso dari jamur tiram

Membuat bakso dari jamur tiram

Jamur sudah lama dikenal sebagai makanan yang sehat dan berkhasiat. Hingga saat ini, ada beberapa jenis jamur yang sudah biasa dikonsumsi dan mudah ditemukan di pasaran, diantaranya yaitu jamur kuping, jamur kancing, jamur merang, jamur tiram, hingga jamur shitake.

Jamur shitake bersama maitake dan lingzhi telah lama diketahui berkhasiat antikanker. Sedangkan jamur tiram, karena kaya antioksidan dapat bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari penuaan dan meningkatkan sistem imunitas.

Jamur tiram juga mengandung beta glucan yang bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol dan gula darah dalam tubuh sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Untungnya, jamur tiram adalah salah satu jamur yang paling mudah ditemukan di pasaran. Tukang sayur keliling biasanya membawanya. Harganya juga ramah di kantong, sehingga cocok dijadikan menu sehari-hari.

Jamur tiram cukup luwes direkayasa menjadi aneka jenis masakan. Mulai dari jamur goreng tepung, pepes jamur, campuran nugge tahu,, hingga sup jamur.

Setelah beberapa kali memasak pepes jamur, jamur goreng tepung, nugget jamur, hingga tumis jamur, saya jadi tertarik untuk membuat bakso dari jamur tiram.

Cara membuatnya cukup mudah, hasilnya juga tidak mengecewakan. Bakso jamur tiram ini rasanya ternyata enak, lembut dan kenyal.

Peralatan yang digunakan sama saja seperti membuat bakso dari daging ayam maupun daging sapi, begitu juga bahan lainnya.

Saya sengaja mengukus dulu jamurnya supaya rasanya lebih enak. Setelah dikukus, jamur menjadi terasa kenyal, seperti daging ayam. Karena masih, ragu, dalam resep saya juga menambahkan sedikit daging ayam.

Setidaknya tambahan daging ayam akan membuat jamur terasa lebih gurih. Lagi pula begitu dikukus, jamur menyusut beratnya hampir setengah. Jadi penambahan ini memang dibutuhkan.

Baiklah, ada yang mau mencoba membuatnya juga? Ini dia resep selengkapnya:

Resep Bakso Jamur Tiram

Bahan;

  • 500 gram jamur tiram, kukus setengah matang, peras airnya
  • 75 gram daging dada ayam
  • 5 siung bawang putih, memarkan, goreng hingga harum
  • 50 gram es batu
  • 1 buah putih telur
  • 100 g tapioka
  • 11/2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk bila suka

Bahan kuah bakso jamur tiram:

  • 500 ml air bersih
  • 2 siung bawang putih, goreng lalu haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt pala bubuk, garam dan gula pasir secukupnya
  • 1 batang daun bawang dan seledri, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masukkan jamur tiram kukus, daging ayam, es batu, dan bawang putih goreng ke dalam chopper atau food processor, proses hingga halus betul.
  2. Tambahkan putih telur, garam dan merica bubuk ke dalamnya, lalu proses kembali hingga rata dan makin halus.
  3. Keluarkan adonan dari chopper, tuang dalam wadah lalu beri baking powder, kaldu ayam bubuk dan tapioka, aduk hingga rata.
  4. Ambil panci lalu isi air hingga setengahnya dan didihkan. Setelah mendidih kecilkan apinya, lalu basahi tangan dengan minyak goreng, ambil adonan lalu bentuk menggunakan dua buah sendok atau dengan bantuan telapak tangan dan sendok.
  5. Taruh adonan yang sudah dibentuk bulat ke dalam air mendidih. Jika bakso jamur sudah mengapung berarti sudah matang. Kerjakan hingga seluruh adonan habis.
  6. Sajikan bakso jamur tiram bersama dengan kuahnya.

Cara membuat bakso jamur tiram kuah:

  1. Rebus air, bumbui dengan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, pala bubuk, merica bubuk, gula pasir, dan garam.
  2. Cicipi dan koreksi rasanya, setelah pas masukkan bakso jamur tiram.
  3. Masak hingga mendidih lalu angkat dan sajikan. Beri irisan daun bawang seledri dan taburan bawang merah goreng, supaya lebih sedap.

Begitu cara membuat resep bakso jamur tiram, semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *