Resep Bacem Tempe Tahu Ayam Enak

Baceman tempe, tahu, ayam enak

Cara membuat bacem tempe tahu ayam

Dulu sewaktu masih tinggal di Jakarta, ada seorang tukang sayur yang selalu lewat di depan rumah. Lucunya, setiap kali menawarkan tempe selalu berteriak begini, “Tempe … tempe … Bu …. mari beli tempe … tempenya rasa ayam lho … katanya,”

Tentu saja ia hanya bercanda, tetapi orang yang mendengar jadi tersenyum simpul. Bahkan saya mulai membayangkan alangkah enaknya makan tempe goreng rasa ayam beneran.

Gara-gara ide tempe rasa ayam itu, akhirnya saya selalu menambahkan tempe setiap kali mengungkep ayam. Waktu itu lagi seneng-senengnya memasak ayam bumbu ketumbar dan ayam bumbu lengkuas. Jadi saat ayam ungkepnya habis digoreng, saya masih punya stok tempe rasa ayam, hihi …  senang sekali rasanya …

Bagi saya, rasa tempe memang menjadi lebih enak ketika habis direbus lama bersama daging ayam. Itu sebabnya lama kelamaan saya tak hanya memasukkan tempe saat mengungkep ayam. Ketika membuat bacem tempe tahu pun saya tak lupa menambahkan 1-2 potong daging ayam.

Karena itu, kadang-kadang kalau sedang memasak ayam, saya suka menyisihkan, 1-2 potong, khusus untuk dimasukkan ke dalam bacem tahu tempe, sehingga tahu tempe bacemnya rasa ayam juga.

Kali ini, dalam rangka menghabiskan stok tempe, saya menggunakan daging ayam lebih banyak daripada biasanya. Kebetulan masih punya 7 potong drumstick ayam, jadi saya masukkan saja semuanya ke dalam baceman tempe, lalu saya tambahkan juga tahu putih.

Rasanya habis ini saya bakalan bisa mager cukup lama, karena stok lauk bakalan jadi banyak, hihihi …  Baiklah teman-teman, bagi yang ingin mencoba, ini dia resep selengkapnya.

Dalam resep ini, saya mengukus tahu sebelum dibacem supaya tahunya menjadi lebih kenyal dan tak mudah hancur kalau direbus lama. Ayamnya juga saya kukus dulu, tapi dengan tujuan supaya lemaknya berkurang.

Bacem memang rasanya cenderung manis saja, tapi kita boleh kok menambahkan sedikit cabai biar rasanya lebih menggugah selera … selera pedas, hihi …. Jadi bagi teman-teman yang ingin tahu bacemnya pedas, tambahkan saja cabai rawit atau cabai keriting di bumbu halusnya.

Dalam resep ini saya tidak menambahkan cabai karena saya suka nyemil bacem tahu tempe dengan cabai rawit, jadi saya pikir tidak perlu dibuat pedas.

Baceman tempe tahu ayam enak

Bacem tempe tahu ayam setelah digoreng sebentar

Resep bacem tempe tahu ayam

Bahan:

  • 10 buah tempe bungkus (kurang lebih 300 gram)
  • 10 buah tahu putih (satu bungkus), kukus sebentar
  • 7 buah drumstick ayam, kukus sebentar
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm asam jawa, seduh dengan 100 ml air mendidih, diamkan sebentar, saring, sisihkan
  • 60 gram gula aren atau gula merah, disisir
  • 1 sdm gula pasir
  • 900 ml air kelapa (jika tak ada bisa diganti air putih biasa)
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk bila suka

Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 21/4 sdt ketumbar
  • 3/4 sdt jintan
  • 2 sdt garam

Cara membuatnya:

  1. Masukkan bumbu halus ke wajan teflon ukuran besar, tambahkan daun salam, lengkuas, gula merah yang sudah disisir, gula pasir, kecap, kaldu bubuk (bila memakai), air asam dan air kelapa atau air biasa. Aduk hingga rata.
  2. Setelah rata, masukkan ayam dan tahu yang sudah dikukus, juga tempe, lalu masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya lalu teruskan memasak sampai bumbunya meresap dan kuahnya mengering.
  3. Angkat dan biarkan agak dingin.
  4. Selanjutnya tempe bacem bisa disimpan dulu atau langsung digoreng sebentar saja (supaya tidak gosong), dan disajikan hangat.

Begitulah cara memasak resep bacem tempe, tahu dan ayam, mudah bukan? Bacem tahu tempe ayam bisa disajikan sebagai lauk dan dinikmati bersama nasi dan sayuran, jangan lupa sambel terasinya. Namun di sana bacem tahu dan tempe bisa juga dijadikan cemilan dan dinikmati bersama cabai rawit hijau. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *