Resep Ayam Kecap Tabur Cabai Rawit

Ayam Kecap Pedas Sedap Mantap

Cara Memasak Ayam Kecap Tabur Cabai Rawit

Adakah di antara teman-teman yang menyukai menu ayam kecap? Sepertinya masakan ini banyak juga penggemarnya. Buktinya jika kita ketik kata kunci ayam kecap di google, kita bisa menemukan banyak sekali versi resep ayam kecap. Resep versi mana yang menjadi favorit teman-teman?

Resep Ayam Kecap Tabur Cabai Rawit berikut ini adalah resep yang sangat sederhana sekali dan mudah dibuat. Nah, penasaran kan? Sudah sederhana masih pakai sekali, yang pasti bumbu yang dibutuhkan sangat sangat irit. Cocok sekali dimasak saat bumbu dan rempah di dapur kita sedang mengalami kelangkaan, hihihi …

Resep ini adalah resep masakan yang paling sering disajikan saat kami masih menjadi anak kost di daerah Baranangsiang, Bogor, duluuuu sekali. Kini tempat kost yang terletak tak jauh dari Jl. Baranangsiang III itu sudah tidak kelihatan lagi bekasnya. Di daerah itu yang sekarang tampak berdiri megah adalah hotel dan mal.

Saat menjadi anak kost dulu, prinsip yang kami gunakan saat membuat menu masakan adalah pilih menu yang biaya masaknya seirit mungkin. Bagaimana caranya makan enak dengan modal yang murah saja. Untuk kriteria ini, resep ayam kecap memang paling pas.

Untuk memasaknya hanya dibutuhkan jeruk nipis atau lemon, garam, kecap manis, dan cabai rawit. Malah, jika sedang tak ada, tanpa cabai rawit pun jadi. Irit sekali bukan? Memasaknya juga mudah dan cepat sekali.

Nah …. karena sekarang sudah bukan anak kost, tentunya perlu membuat masakan ini lebih sedap rasanya, Karena itu di resep ini saya tambahkan bawang bombay dan daun bawang. Bagi yang ingin lebih mantap boleh juga menambahkan sedikit merica bubuk.

Seperti biasanya, masakan dengan bumbu yang sangat sederhana tentu saja mensyaratkan bahan utamanya adalah bahan segar dan berkualitas. Jadi ayam yang mau dimasak sebaiknya yang baru dibeli di tukang ayam saja. Hasilnya pasti jauh lebih enak jika dibandingkan dengan ayam yang sudah disimpan sejak kemarin atau kemarinnya lagi di dalam freezer.

Baiklah teman-teman, bagi yang ingin mencoba, berikut ini resep selengkapnya:

Resep Ayam Kecap Tabur Cabai Rawit

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam, dipotong menjadi 7 atau 8 potong
  • 11/2 sdm air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon
  • 11/2 sdt garam
  • 5 sdm kecap manis
  • 8 buah cabai rawit, potong-potong
  • 1 batang daun bawang, potong selebar 1/2 cm
  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan menumis

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air perasan jeruk nipis atau lemon, lalu beri garam hingga merata. Selanjutnya diamkan setidaknya 1 jam supaya garamnya meresap.
  2. Setelah garamnya meresap, tiriskan kembali ayam (bila berair), lalu goreng hingga matang.
  3. Singkirkan minyak bekas menggoreng ayam dalam wadah lain. Sisakan sedikit saja minyak goreng di wajan, lalu gunakan untuk menumis cabai dan daun bawang sebentar saja. Lalu angkat dan tuangkan di piring kecil.
  4. Selanjutnya, tuangkan 2-3 sdm minyak goreng dalam wajan, lalu nyalakan kembali kompornya dengan api kecil saja. Tumis bawang bombai hingga harum, lalu tuangkan kecap manis, aduk rata dan masukkan ayam yang sudah digoreng. Aduk-aduk kembali hingga ayam rata terbalut kecap.
  5. Angkat dan sajikan ayam dengan taburan tumisan daun bawang dan cabai rawit.

Mudah bukan cara memasak Resep Ayam Kecap Tabur Cabai Rawit ini? Semoga bermanfaat … IN

Pencarian dari google:

2 Responses to Resep Ayam Kecap Tabur Cabai Rawit

  1. ATIM says:

    wah sangat luar biasa sekali, menu yg satu ini menjadi menu favorit banyak orang dan ternyata cara membuat ayam kecap tabur cabai rawit sangat simpel sekali, tapi bagaimana ciri2 ayam yg masih segar? dan bagaimana jika ketika memasak ayam kecap tsb tidak ditambahkan bawang bombay?

    • admin says:

      ayam yang masih segar itu maksudnya yang baru dibeli dari tukang ayam di pasar atau tukang ayam keliling, bukan yang sudah disimpan di kulkas melebihi satu hari … kalau tidak menggunakan bawang bombai nggak apa-apa juga … cuma dengan bawang bombai rasanya jadi lebih sedap saja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *