Resep Ayam Balado Pedas

Ayam goreng balado

Memasak ayam balado pedas

Apakah teman-teman menyukai ayam balado?  Ayam goreng ala Padang ini penggemarnya cukup banyak. Warnanya yang merah merona saja sudah menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi rasanya yang gurih, pedas dan lezat.

Masakan ini cenderung membuat nasi cepat habis karena bawaannya ingin nambah terus. Jadi hati-hati ya teman-teman, jangan biarkan badan melar karena kebanyakan nasi, hihihi … Sayang kan, sudah susah-susah berdiet dan nahan diri tiba-tiba menjadi gemuk lagi karena tergiur makanan pedas.

Tapi sensasi pedas seperti ayam goreng balado ini memang sulit untuk di tolak. Apalagi dalam cuaca yang sedikit-sedikit hujan seperti ini (lagi-lagi cuaca yang salah, hihihi).  Tapi memang masuk akal sih ya … kalau kedinginan kita maunya makanan yang bikin badan anget.

Lagipula cuaca dingin juga membuat perut lebih cepat terasa lapar. Maunya makan nasinya yang banyak supaya tidak cepat lapar lagi. Jadinya makanan pedas rasanya paling pas (abaikan harga cabai yang sedang mahal, hihihi).

Supaya rasa ayamnya lebih gurih dan bagian dalamnya terjamin matang, sebelum digoreng saya rebus dulu dengan garam dan bawang putih yang dimemarkan. Bisa juga direbus dengan garam, salam, dan lengkuas saja.

Terkadang untuk sekedar variasi, supaya tidak bosan, saya seringkali juga ungkep dulu dengan sedikit bawang merah, bawang putih, garam, jahe dan ketumbar. Sebetulnya ini terlalu lebay karena efeknya jadi mengubah rasa, sepertinya jadi tidak mirip masakan balado. Tapi boleh juga supaya rasanya tidak monoton.

Bisa juga ayamnya langsung digoreng setelah diberi garam dan jeruk nipis, dan didiamkan sampai meresap (sekitar 30 menit biasanya). Cara ini lebih praktis. Jadi terkadang bila ingin cepat, inilah yang saya lakukan. Silakan saja teman-teman pilih saja yang sesuai dengan selera.

Sedangkan bumbu balado, yang paling sederhana adalah cabai yang cukup banyak dan bawang merah, tentunya ditambah dengan garam dan gula secukupnya, lalu  ditambah dengan sedikit kucuran cuka atau air jeruk nipis supaya segar.

Tapi kalau sebelum digoreng ayam sudah direndam jeruk nipis, mungkin tidak harus diberi kucuran jeruk nipis lagi saat diberi bumbu balado. Jadi hasilnya nanti, mestinya balado yang pedas, segar dan gurih.

Berhubung orang yang makan lidahnya  Jawa Tengah seperti saya, rasanya ada yang aneh kalau rasanya hanya pedas gurih. Jadi saya bikin sedikit manis dengan tambahan gula, sedangkan bumbu baladonya diberi tomat dan sedikit terasi.

Begini resep selengkapnya teman-teman:

Resep ayam balado

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam dipotong 6, cuci bersih
  • 1 lembar daun salam
  • 2 jari lengkuas
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1/2 sdm air perasan jeruk nipis
  • garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu balado, giling kasar:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 17 buah cabai keriting merah (boleh ditambah kalau kurang)
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 1/2 sdt terasi

Cara membuat:

1. Rebus ayam dengan sedikit garam dan bawang putih yang telah dimemarkan hingga matang. Selanjutnya goreng ayam dengan api sedang hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

2. Tumis bumbu balado dengan 3 sdm minyak goreng hingga berbau harum dan matang, lalu tambahkan salam dan lengkuas, aduk hingga rata lalu masukkan ayam gorengnya. Aduk kembali hingga rata lalu bumbui garam dan gula secukupnya, cicipi dan koreksi rasanya.

3. Setelah pas masak sebentar supaya bumbunya meresap, Beri air perasan jeruk nipis, lalu angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat.

Begitulah temen-teman resep ayam balado dan cara memasaknya, selamat mencoba dan menikmati, semoga bermanfaat. IN

Pencarian dari google:

2 Responses to Resep Ayam Balado Pedas

  1. Furniture Cafe says:

    Makasih atas resep masak ayam baladonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *