Resep Asinan Rambutan

Resep Asinan Rambutan Enak

Musim rambutan kembali tiba teman-teman …. menjelang week end … saatnya untuk membuat asinan rambutan …. Yah, asinan rambutan memang termasuk cemilan yang enak, menyegarkan, dan tentunya juga sehat.

Rambutan memang banyak jenisnya, ada yang manis sekali ada juga yang rada asam, tapi sama-sama menyehatkan badan. Umumnya rambutan mengandung vitamin C, vitamin B, aneka mineral seperti magnesium, kalsium, mangan, dan tentunya juga serat.

Asinan adalah salah satu olahan rambutan yang banyak digemari. Paduan antara manisnya rambutan dan pedas asamnya kuah asinan niscaya membuat tangan susah berhenti nyomot.

Dengan dibuat asinan makannya juga jauh lebih mudah bukan? Rambutannya sudah dikupas, apalagi kalau sudah disingkirkan pula bijinya, jadi tak perlu repot mengupas satu demi satu saat ingin makan. Kuahnya juga bikin seger.

Selain itu, membuat asinan juga merupakan cara cerdas untuk menyiasati rambutan yang tidak segera habis termakan. Sebelum dikerumuni serangga kecil yang suka menghinggapi buah kelewat matang, lebih baik langsung dikupas lalu dibuatkan bumbu. Ruangan jadi lebih rapih tanpa tebaran kulit atau biji rambutan di meja bukan?

Cara membuatnya mudah saja, kita hanya perlu rambutan, cabai, jeruk limau, gula, dan garam secukupnya. Jika tak ada jeruk limau bisa diganti dengan jeruk nipis dan jeruk lemon. Dalam resep ini saya juga hanya menggunakan sebuah jeruk nipis dan sebuah jeruk lemon import.

Kita juga perlu menyesuaikan dengan jenis rambutannya. Untuk rambutan yang rasanya sudah sangat manis mungkin kita tidak perlu banyak gula pasir, tapi perlu lebih banyak perasan jeruk dan cabai. Untuk rambutan yang agak asam mungkin kita tidak butuh banyak perasan jeruk, tapi lebih banyak cabai dan gula pasir.

Cara menyiapkan cabainya juga bisa disesuaikan dengan selera, bisa cabai rawit bisa juga dicampur cabai keriting merah. Bisa di potong-potong begitu saja bisa juga diuleg. Rasa pedasnya akan lebih terasa jika cabainya diuleg kasar-kasar. Dalam resep ini, saya membuang biji cabainya, memotong-motongnya, lalu mengulegnya kasar saja.

Untuk rambutannya, kita bisa kupas dan buang bijinya lalu dipotong dua, bisa juga dikupas saja dan bijinya dibiarkan. Dalam resep ini saya juga tidak membuang biji rambutannya. Rasanya penampilannya lebih cantik begitu.

Asinan Rambutan Segar dan Enak

Asinan Rambutan Segar

Resep asinan rambutan

Bahan:

750 gram rambutan, kupas tapi biarkan bijinya

Air hangat secukupnya (saya menggunakan 100-150 ml air hangat)

Kuah asinan;

  • 2 buah cabai keriting merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah jeruk lemon

Cara membuatnya:

  1. Ambil buah rambutan, kupas satu persatu lalu cuci hingga bersih dan tiriskan, sisihkan.
  2. Uleg kasar cabai merah keriting dan cabai rawit dengan garam secukupnya (biji cabainya boleh dibuang boleh juga dipakai)
  3. Selanjutnya masukkan cabai yang sudah diuleg ke dalam wadah, lalu beri air hangat secukupnya (secukupnya saja, karena nanti dari buahnya juga akan keluar kuah, terutama bila buah rambutannya dikupas dari bijinya).
  4. Peras jeruk lemon dan sedikit jeruk nipis, lalu masukkan air perasannya ke dalam wadah. Sebagian jeruk nipis bisa dipotong setebal 1/2 cm dan di taruh di atasnya.
  5. Selanjutnya tambahkan gula pasir sesuai dengan selera, lalu aduk-aduk hingga gulanya larut. Jika airnya hangat sekali bisa dibiarkan dulu sampai dingin baru rambutannya dimasukkan.
  6. Masukkan buah rambutan ke dalam wadah, lalu cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas, masukkan ke dalam kulkas hingga cukup dingin, setidaknya satu jam, atau biarkan saja tetap di dalam kulkas hingga saatnya disajikan.

Begitulah caranya membuat resep asinan rambutan segar, sangat mudah dan cepat sekali karena tak ada yang perlu dimasak …. menguleg cabai pun jika malas tak perlu dilakukan. Cabainya cukup dipotong serong tipis-tipis saja … mari menikmati asinan rambutan… IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *