Resep asinan buah

asinan buah segar

Membuat asinan

Ini adalah postingan resep asinan saya yang kedua. Kali ini saya ingin posting resep asinan dengan buah yang berbeda. Kalau bumbunya …. sebenarnya hanya berbeda sedikit.

Kali ini bumbunya tidak menggunakan bawang putih. Tapi rasanya tetap enak, karena kuah asinan sebenarnya sudah cukup enak hanya menggunakan bumbu cabai, terasi, garam, gula, air dan cuka saja. Asalkan komposisinya pas, hasilnya mestinya sudah sip.

Sebenarnya resep yang umum digunakan orang justru yang tidak memakai bawang putih. Terutama model asinan Betawi. Karena itu, bagi yang tidak biasa mungkin akan terasa aneh menggunakan bawang putih.  Barangkali karena saya suka dengan bumbu empek-empek jadi asinanannya juga bumbunya maunya begitu, hihihi.

Sedangkan ebi, di resep ini tetap saya gunakan, cuma dikurangi saja pemakaiannya menjadi hanya 2 sdm saja. Buah dalam asinan kali ini terasa lebih istimewa rasanya karena memakai kedondong.

Bagi saya kedondong termasuk buah istimewa karena sudah agak langka di sini. Buah lainnya juga sangat berbeda dengan buah yang saya gunakan di resep asinan pertama dulu.

Kebetulan saja kemarin waktu ke supermarket menemukan kedondong. Seneng banget tentunya saya, setelah sekian lama tidak melihatnya. Jadi akhirnya sekalian saja saya membeli juga bangkuang dan mangga manalagi.

Sebenarnya saya lebih menyukai mangga Indramayu yang masih mengkal. Sebab meskipun masih keras tetapi kalau dikupas warnanya sudah nampak orange, lebih cantik dibandingkan dengan mangga manalagi yang warnanya putih saja.

Sayangnya mangga Indramayu sudah lama tak tersedia di supermarket depan Komplek. Selanjutnya sebagai pelangkap, supaya ada warna kuning, saya membeli nanas juga.

Maka besoknya jadilah asinan ini. Senang sekali rasanya mempunyai persediaan asinan di dalam kulkas. Setidaknya selama 2-3 hari ke depan punya makanan yang seger, puedes, dan agak asem.

Karena ingin lebih pedas lagi, selain menggunakan cabai merah besar dan cabai rawit, saya sengaja tambahkan juga cabai keriting. Saya juga menambahkan kacang tanah goreng sebagai taburan supaya lebih sedap.

Maklum buah yang saya pakai kali ini warnanya datar saja, hanya putih dan kuning. Kebetulan membeli kedondong juga sudah kuning. Masih mengkal tetapi matang, jadi tidak terlalu asam. Mangganya juga manis.

Sayangnya, karena menggunakan gula merah juga, foto kuahnya jadi tidak bisa memerah indah tapi malah kecokelatan. Untung saja rasanya masih tetap nendang.

Baiklah teman-teman, ini dia resepnya:

 

Resep asinan buah

Bahan:

1 buah bangkuang, potong-potong

1 buah kedondong, potong-potong

1 buah mangga manalagi, potong-potong

1 buah nanas, potong-potong

1 sdm garam

3 buah jeruk lemon lokal, peras airnya

1 sdm cuka masak

Kacang tanah goreng secukupnya, untuk taburan

 

Kuah asinan, didihkan:

1500 ml air

175 g gula pasir

2 sdm gula merah bila suka

7 buah cabai merah besar, haluskan

3 buah cabai keriting, haluskan

2 buah cabai rawit merah, haluskan

1/2 sdt terasi bakar, haluskan

3 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan, sangrai sebentar, tumbuk kasar

 

Cara membuat:

1. Didihkan air bersama  cabai yang sudah dihaluskan, ebi, terasi, garam, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih, aduk hingga rata, angkat lalu saring, biarkan dingin. Bila kuatir kepedasan, masukkan cabai sebagian dulu jangan langsung semuanya.

2. Setelah air cabai dingin, beri air jeruk lemon dan cuka, lalu cicipi dan koreksi rasanya

3. Bila sudah pas, masukkan potongan buah

4. Dinginkan di lemari es hingga saatnya disajikan. Sajikan dengan taburan kacang tanah goreng.

 

Jadi begitulah resep asinan buah kali ini, … seger asem dan pedass … meskipun kuahnya sama tetapi dengan buah yang berbeda rasanya juga tak akan sama … selamat mencoba dan menikmati teman-teman … (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *