Resep asinan buah segar

Cara membuat asinan buah segar

Berapa banyak wanita yang tidak suka asinan? Pada umumnya semua suka.  Tak heran jika asinan di Bogor selalu laris manis sebagai oleh-oleh andalan. Di Bogor, asinan yang terkenal paling enak adalah Asinan Gedong Dalam. Di sana, pada hari libur, untuk membelinya saja terkadang harus mengantri. Padahal jalanan cenderung macet di hari libur. Butuh perjuangan untuk mendapatkan asinan enak.

Sementara di Jakarta dan Depok, asinan yang banyak dijual adalah asinan Betawi. Asinan Betawi juga cukup banyak penggemarnya. Terlepas dari apapun jenis asinannya, tetap saja asinan terasa paling enak dimakan di saat cuaca panas, setelah didinginkan dulu di dalam kulkas tentunya ..

 

Asinan buah ala Bogor

Ini asinan buah segarnya orang Depok, jadi memakai belimbing, hihi… pilih saja buahnya sesuai selera yaa …

Apakah teman-teman suka membuat asinan? Dengan cuaca mendung dan sebentar-sebentar hujan seperti sekarang ini, sebenarnya tidak cocok makan asinan buah. Tetapi bagi penggemar asinan, sepertinya rasanya tetap saja enak dalam cuaca apapun, hihihi ….

Jaman masih tinggal di Bogor dulu, saya senang membuat asinan buah yang kuahnya dibumbui seperti cuka yang biasa dipakai makan pempek. Enak juga lho bumbu seperti itu untuk asinan, tetapi gulanya menggunakan gula pasir, jadi warnanya tetap memerah cantik.

Kali ini saya ingin membuat lagi asinan itu. Bagi teman-teman yang tidak meraca cocok dengan bumbu kuahnya, penggunaan ebi dan bawang putih bisa dihilangkan. Kuah asinan sebenarnya sudah cukup enak menggunakan bumbu cabai, jeruk lemon, cuka, dan terasi.

Soal buahnya, sebenarnya saya lebih suka asinan yang isinya kedondong, jambu air yang merah, nanas, dan salak. Selain segar, warna-warninya juga cantik. Berhubung di komplek perumahan tempat tinggal saya sekarang tak selalu ada penjual buah, saya akan menggunakan buah yang ada di kulkas saja ….  belimbing, pepaya, mangga, dan pir. Kebetulan tukang sayur membawa salak jadi bisa ditambahkan.

Sebenarnya kurang pas ya kalau disebut asinan, sebab rasanya yang dominan sama sekali bukan asin tetapi justru asam dan pedas, hihi.. memang menggunakan garam juga, tetapi toh tidak sampai membuatnya menjadi asin. Rasa asam pada asinan bisa berasal dari asam jawa, cuka, atau jeruk nipis. Jadi ada tiga pilihan rasa asam yang berbeda, bisa dipilih salah satu atau jika mau mencampurnya juga boleh, monggo, silakan saja.

Saya sendiri lebih suka menggunakan air perasan jeruk lemon lokal lalu rasa asamnya diperkuat dengan cuka. Jadi menggunakan cukanya hanya sesendok makan saja dan selebihnya jeruk lemon. Saya adalah penyuka rasa asam, jadi kalau menggunakan lemon saja rasanya masih kurang asam. Bagi yang tak suka cuka atau sebaliknya, abaikan saja …

Mengenai komposisi gula, garam, cabai, dan cuka ini sebenarnya tidak ada patokan yang pasti ya teman-teman. Jadi sepenuhnya mengandalkan selera masing-masing. Sebab bila buah-buahan yang digunakan rasanya sudah asam, mungkin kuahnya tidak enak kalau dibuat terlalu asam.

Begitu juga sebaliknya, jika buah-buahannya sudah manis semua, tentu saja akan dibutuhkan rasa pedas dan asam yang lebih kuat. Perhatikan saja keseimbangan rasanya. Untuk soal ini pasti para penggemar asinan sudah mengetahuinya. Ow iya, jangan lupa gunakan cabai merah besar yang agak banyak untuk membuat warna merah yang cantik di kuahnya.

Resep Asinan Buah Segar

Bahan:

  • 1 buah belimbing yang matang tapi masih keras, potong bentuk bintang
  • 1 buah mangga indramayu mengkal ukuran besar, kupas, potong-potong
  • 7 buah salak pondoh, kupas, potong dua, singkirkan bijinya
  • 2 buah pir, kupas, potong-potong tipis
  • 1 sdm garam
  • 3 buah jeruk lemon lokal, peras airnya (boleh ditambah bila masih kurang asam)
  • 1 sdm cuka masak

kuah asinan, didihkan:

  • 1500 ml air
  • 175 g gula pasir
  • 8 buah cabai merah besar, haluskan
  • 3 buah cabai rawit merah, haluskan
  • 1/3 sdt terasi bakar, haluskan
  • 3 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan, sangrai sebentar, memarkan (bisa dihilangkan)
  • 1 siung bawang putih, memarkan (bisa dihilangkan)

Cara membuat:

1. Rebus air bersama dengan cabai, bawang putih, ebi, terasi, dan gula pasir hingga mendidih, beri garam dan aduk hingga rata, angkat lalu saring, biarkan dingin.

2. Beri air jeruk lemon dan cuka, lalu cicipi dan koreksi rasanya

3. Masukkan potongan buah

4. Dinginkan di lemari es hingga saatnya disajikan (setelah disimpan sehari, kuahnya akan terasa lebih enak karena bercampur dengan cairan buah.

Jadi begitulah cara membuat asinan buah segar, mudah saja bukan teman-teman? Tuang cabai halusnya dari sedikit saja ya sebelum airnya direbus, kalau takut kepedasan (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *