Pisang goreng krispi

pisang krispi coklat keju

Cara membuat pisang goreng krispi

Pisang adalah buah yang banyak dimanfaatkan orang untuk membuat aneka snack, mulai dari kolak, cake, brownies, pisang cokelat, donat pisang, pisang ijo, hingga pisang goreng. Entah sejak kapan orang mulai mengenal pisang goreng, yang pasti hingga saat ini pisang goreng masih tetap menjadi camilan berbahan pisang paling populer di Indonesia.

Bisa jadi hal itu karena harganya yang bersahabat dengan kantong, tergolong murah meriah, sehingga dianggap jajanan yang merakyat. Selain itu pisang goreng memang nikmat sebagai teman ngopi maupun ngeteh. Mendapatkannya  pun sangat mudah, hampir semua tukang gorengan menjualnya, jadi hampir setiap sudut kota ada.

Pisang goreng juga mudah dibuat sendiri. Setiap orang umumnya bisa membuatnya. Meskipun buatan rumahan yang paling sederhana pun orang-orang biasanya tetap menyukainya.

Tak heran bila para pedagang umumnya bersemangat untuk menyajikan olahan pisang goreng kreasi baru yang lezat. Olahan pisang goreng yang ngetrend dan lezat selalu laku dijual karena tiap orang selalu saja ingin mencobanya.

Sehingga sebagai hasilnya, kita jadi mengenal varian lain dari pisang goreng yang biasa kita kenal. Ambil saja sebagai contoh yaitu pisang goreng kipas, lalu ada juga pisang goreng yang diberi kremes, yang juga terkenal sebagai pisang goreng Pontianak. Pisang goreng kremes merupakan pisang goreng khas Pontianak.

Dengan tambahan kremes, pisang goreng rasanya menjadi semakin enak, gurih dan renyah. Begitu menariknya sehingga ketika masih baru dibuka di sini, untuk membelinya saja orang-orang rela mengantri.

Cara membuat pisang goreng yang enak, tentunya tak lepas dari bahan baku utama, yaitu pisang. Pada umumnya, jenis pisang yang menjadi favorit sebagai bahan baku pisang goreng adalah pisang kepok, pisang raja, pisang uli, bisa juga pisang tanduk.

Keempat jenis pisang itu disukai karena rasanya manis. Terutama adalah pisang kepok yang paling populer dipilih orang sebagai bahan pisang goreng. Pisang kepok yang ada di pasar sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning.

Biasanya yang banyak dicari orang adalah pisang kepok kuning, karena rasanya jauh lebih manis dan lebih enak dibandingkan dengan pisang kepok putih. Harganya juga biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kepok putih.

Sayangnya, tidak mudah untuk membedakan antara pisang kepok kuning dengan pisang kepok putih dari luar. Sebab untuk mengetahuinya dengan pasti, pisangnya harus dibelah lebih dulu.

Pisang kepok kuning bila dibelah bagian tengahnya berwarna kuning mendekati orange. Sedangkan pisang kepok putih bagian tengahnya berwarna putih saja. Sedikit perbedaan tetapi sangat mempengaruhi rasanya.

Pisang goreng krispi adalah salah satu varian olahan pisang goreng yang menggunakan tepung panir untuk membuat bagian luarnya renyah dan gurih. Pisang goreng ini bisa disajikan dengan tambahan cokelat blok yang dicairkan dan keju parut. Bisa juga dengan taburan mesis, susu kental manis, dan keju parut saja.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk membuatnya, berikut ini resepnya:

Resep Pisang Goreng krispi

Bahan:

  • 10 buah pisang kepok matang tapi yang masih mengkal
  • tepung terigu secukupnya
  • tepung panir secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Adonan terigu cair:

  • 100 g tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt vanila
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 1/2  sdm gula

Cara membuat:

1. Kupas pisang dan dengan hati-hati belah 2-3 bagian, jangan sampai terputus.

2. Celupkan pisang ke adonan cair lalu masukkan ke tepung terigu, gulingkan hingga seluruh permukaan pisang rata terlapisi oleh tepung, lalu celup kembali ke adonan cair, baru di masukkan ke tepung panir. Bolak-balik dan tepuk-tepuk supaya pisang terlapisi tepung panir hingga rata.

3. Jika semua pisang telah selesai diberi tepung panir, diamkan dulu pisang berlapis tepung ini setidaknya 1 jam di dalam lemari es. Supaya lapisan panirnya tidak mudah rontok dan membuat minyak cepat kotor saat menggoreng. Selanjutnya bisa digoreng hingga matang dengan api sedang saja.

Demikianlah cara membuat pisang goreng krispi, semoga bermanfaat. Untuk menyajikannya, teman-teman bisa menambahkan keju, susu kental manis, dan mesis atau dark chocolate. Tambahan keju dan cokelat membuat pisang krispi ini semakin lezat (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *