Perkedel Jagung dengan wortel

perkedel jagung dengan wortel

Membuat perkedel jagung

Apakah teman-teman menyukai perkedel jagung? Bagi penggemarnya, perkedel jagung selalu enak rasanya biarpun dibuat dengan berbagai bahan campuran. Ada orang yang membuat perkedel jagung dengan udang, ada juga yang mencampurnya dengan sayuran.

Bumbunya juga bisa dibuat sesuai dengan selera. Waktu pertama kali membuat perkedel jagung, saya selalu menggunakan bumbu yang sederhana, yaitu bawang putih, merica, dan garam saja.

Lama kelamaan tertarik juga dengan perkedel jagung yang menggunakan bumbu kunci. Rasanya tak kalah enak dengan bumbu pertama, ada rasa yang berbeda di situ. Lalu belakangan tertarik juga mencoba perkedel yang menggunakan irisan daun jeruk. Perkedel jagungnya wangiiii.

Kali ini, saya ingin share resep perkedel jagung dengan bumbu yang sederhana dulu, jadi yang simpel dan praktis saja. Gorengan untuk sore hari yang mendung seperti ini lebih baik yang bisa dikerjakan cepat, sebab menghabiskannya juga biasanya cepat, hihi …

Untuk membuat perkedel jagung yang enak, syarat pertama tentunya jagung sebagai bahan baku utamanya harus dipilih yang segar. Terasa sekali kan teman, kalau kita masak perkedel dengan jagung segar yang rasanya benar-benar masih manis itu.

Tanpa dicampur dengan bahan lain sekalipun, hanya dengan terigu dan bumbu sederhana saja rasanya sudah enak. Jagung yang masih segar memang rasanya masih manis. Kalau sudah disimpan biasanya sudah berkurang rasa manisnya, apalagi kalau saat disimpan sudah dikupas kulitnya.

Menurut sebuah hasil penelitian mahasiswa teknologi pangan yang saya baca di Kampus dulu, kadar gula jagung manis akan semakin menurun sesuai dengan semakin lamanya  waktu disimpan.

Jadi kalau membeli jagung manis itu ternyata lebih baik langsung dimasak saja, bukan disimpan. Kalau pun ingin disimpan 1-2 hari sebaiknya membeli yang masih berkulit. Tapi prakteknya agak sulit ya, seringkali jagung sudah dibeli, ternyata tak sempat masak karena ada acara lain.

Tapi ada solusinya kok kalau jagung sudah menginap dan tak begitu manis lagi rasanya. Membuat perkedelnya bisa dicampur dengan wortel.

Wortel rasanya manis, dengan begitu perkedelnya akan ada rasa manisnya juga tanpa harus menambahkan gula. Karena penggunaan gula pasir membuat perkedel mudah gosong saat digoreng.

Perkedel jagung pun bisa berbeda hasilnya meskipun dibuat dengan resep yang sama. Mungkin teman-teman juga sering memperhatikan cara orang menyiapkan jagung sebelum dimasak.

Ada orang yang lebih suka jagung manisnya pipilan, jadi saat menjadi perkedel juga bulat-bulat begitu jagung manisnya. Ada lagi yang suka menumbuk sebagian jagung hingga lembut jadi waktu dimakan rasa jagungnya lebih terasa tapi jagung bulatnya juga masih ada.

Orang-orang yang sudah tua dan mempunyai kesulitan mengunyah biasanya lebih suka menumbuk  jagung manisnya sehingga jadinya lembut dan mudah dikunyah. Semua itu tergantung pada selera masing-masing, jadi penyiapannya bebas saja.

Resep perkedel jagung dengan wortel

Bahan:

  • 1 buah jagung ukuran besar (300 g) , diserut
  • 1 buah wortel (160 g), diparut kasar
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 125 ml air es
  • 150 g tepung terigu atau secukupnya
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt garam atau secukupnya

Cara membuat:

1. Kocok telur ayam, lalu bumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan merica bubuk, masukkan air es dan aduk hingga rata. Tambahkan tepung terigu, lalu aduk hingga rata dan tidak bergerindil, dan menjadi adonan yang kental.

2. Masukkan jagung, wortel, daun bawang, dan kaldu bubuk. Aduk kembali hingga rata. Bila adonan menjadi encer, bolah ditambahkan lagi terigunya. Cicipi apakah sudah pas garam dan mericanya.

3. Bila sudah pas, siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup. Atur apinya sedang saja, lalu goreng perkedel sesendok demi sesendok hingga selesai.

4. Sajikan dengan cabai rawit hijau.

Demikianlah teman-teman, resep perkedel jagung dengan wortel kali ini, semoga bermanfaat.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *