Orak-arik buncis dan jagung muda

Orak-arik buncis

Cara membuat orak-arik buncis dan jagung muda

Adakah di antara teman-teman pembaca KRMI yang senang membuat orak-arik? Orak-ariknya kali ini bukan dari  bahan wortel dan kol yang klasik itu ya teman-teman. Kali ini, bahan pilihan KRMI adalah buncis dan jagung muda. Kedua macam sayuran ini ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang tak terduga.

Buncis adalah sayuran yang menyehatkan, bukan hanya karena kaya serat, vitamin seperti A, B, C, dan K, mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, molibdenum, serta protein. Menurut faktaherbal.com buncis juga mengandung antioksidan yang baik  untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, masih menurut sumber yang sama, buncis mengandung zat b-sitosterol dan stigmasterol yang mampu meningkatkan produksi insulin, yaitu hormon yang dihasilkan pankreas dan berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi sering mengkonsumsi buncis juga bisa mencegah terjadinya diabetes.

Sementara jagung muda, menurut viva.co.id mengutip dari WHFoods.org, adalah sayuran kaya thiamin atau Vitamin B1, yaitu nutrisi yang diantaranya bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan penting bagi sel otak serta untuk fungsi kognitif.

Thiamin sendiri dibutuhkan tubuh untuk memproduksi asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang bertugas untuk memelihara kemampuan memori. Selain itu, buncis juga mengandung vitamin B5 dan Vitamin C.

Sedangkan menurut obatherbalalami.com, jagung muda beserta rambut jagungnya ternyata dapat menjadi campuran herbal yang berkhasiat untuk mengobati batu ginjal dan batu empedu.

Sebagai bahan untuk masakan orak-arik, buncis cukup fleksibel. Kita bisa menggunakan buncis saja, buncis dicampur dengan wortel, atau buncis dicampur dengan jagung muda seperti sekarang.

Orak-arik dari  buncis dan jagung muda ini enak rasanya, terutama bila bahannya masih segar, sebab biasanya rasanya juga masih manis. Karena itu ketika dimasak dengan bumbu sederhana seperti bumbu orak-arik juga sudah cukup lezat.

Memasaknya tak perlu lama. Asal sudah matang dan agak empuk sudah bisa diangkat. Sehingga ketika dimakan rasanya masih krenyes-krenyes renyah begitu.

Orak-arik memang salah satu masakan praktis, lezat, dan juga mudah dibuat. Sangat membantu di saat kita tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak.

Resep orak-arik kali ini agak berbeda, karena menggunakan bumbu saus tiram dan diberi sedikit cabai rawit, sehingga rasanya menjadi sedikit pedas tetapi akan terasa makin lezat.

Sayangnya di sini kita tidak bisa menggunakan saus tiram agak banyak, penggunaan kecap asin juga terpaksa di skip. Soalnya kedua bahan itu warnanya hitam, efeknya bisa membuat warna telurnya menjadi butek dan tidak nampak cantik lagi.

Baiklah, begini resep selengkapnya teman-teman:

Resep orak-arik buncis dengan jagung muda

Untuk: 1 piring sedang

Bahan;

  • 100 g buncis, potong serong
  • 150 g jagung muda, potong serong
  • 1 buah cabai merah besar, potong serong
  • 1 buah cabai hijau besar, potong serong
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya
  • 1/3 sdt gula pasir atau secukupnya
  • 1/3 sdt kaldu ayam bubuk (saya memakai kaldu ayam yang tanpa msg)

Bumbu, haluskan:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu beri saus tiram, tumis kembali hingga harum

2. Masukkan buncis, cabai, dan jagung muda, aduk rata lalu beri sedikit air dan masak hingga agak empuk dan airnya surut

3. Masukkan kocokan telur, aduk-aduk hingga telur menggumpal

4. Bumbui dengan merica bubuk, garam, kaldu ayam, dan gula pasir

5. Cicipi dan koreksi rasanya, bila sudah pas segera angkat dan sajikan.

Jadi begitulah caranya membuat orak-arik buncis dan jagung muda teman-teman. Cocok  disajikan untuk sarapan di saat week end bukan?(IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *