Omelette brokoli keju

Omelette brokoli dengan keju

Membuat omelette brokoli keju

Resep yang saya share kali ini adalah resep omelette yang sudah sering saya masak untuk sarapan anak-anak. Terutama di saat week end. Omellete brokoli keju ini bahannya cukup simpel, hanya telur, sedikit susu, brokoli, bawang bombai, sosis, bawang putih, garam, merica dan keju.

Rasanya tidak berbeda jauh dengan telur dadar khas Indonesia. Bedanya hanya penggunaan susu dan keju yang membuat teksturnya menjadi lebih lembut dan lebih lezat. Rasa gurihnya juga tidak hanya dari garam, tetapi juga dari sosis dan parutan keju cheddar yang digunakan. Karena itu, perlu hati-hati saat membubuhkan garam.

Untuk versi yang lebih sehat, sosisnya bisa membuat sendiri, atau diganti dengan tomat cherry atau irisan bakso buatan sendiri. Rasanya masih tetap enak. Karena sedang kehabisan stok bakso maka di resep ini saya menggunakan sosis. Sosis atau bakso di sini cukup penting untuk menarik anak-anak agar mau makan. Soalnya ada saja anak-anak yang tidak suka sayur.

Kebetulan saja anak-anak di rumah suka sekali dengan brokoli dan keju. Saya memang sengaja membiasakan mereka untuk makan sayuran sejak kecil. Meskipun sedikit pemilih, untungnya mereka masih mau makan sayur, terutama brokoli ini.

Brokoli adalah salah satu sayuran yang kaya vitamin, terutama vitamin C, A, B, E, K, juga mineral mulai dari Kalsium, zat besi, fosfor, dan zink. Selain kaya vitamin dan mineral, brokoki juga kaya serat dan terkenal sebagai makanan berkhasiat obat atau makanan super.

Khasiat brokoli yang terpenting yaitu mampu melawan dan mencegah kanker karena mengandung zat-zat anti kanker. Brokoli juga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Brokoli yang masih segar biasanya rasanya masih sedikit manis. Karena itu tidak membutuhkan terlalu banyak bumbu untuk menjadikannya sayur yang enak. Ditumis dengan bawang putih cincang dan ditaburi sedikit merica pun sudah enak jadinya.

Bila teman-teman ingin mendapatkan lebih banyak ide memasak brokoli, bisa melihatnya dari buku saya tentang memasak brokoli yang dijual di toko buku Gramedia … ehh … kok malah jualan …

Resep omellete ini juga ada di buku tersebut. Cuma di dalam buku itu, bahan yang saya gunakan lebih banyak. Dalam resep ini, omellete yang saya buat hanya menggunakan 2 butir telur saja. Soalnya di rumah, terkadang satu anak inginnya makan satu omelette yang bulat dan utuh.

Satu resep ini pas sekali dipanggang menggunakan wajan teflon ukuran diameter 22 cm. Untuk hasil yang memuaskan, panggang dengan api kecil saja dan tutup rapat wajannya. Baiklah teman-teman, inilah resep selengkapnya:

Omelette brokoli dengan keju

Omelette brokoli keju

Resep Omelette Brokoli Keju

Untuk 1 buah omelette ukuran sedang

Bahan:

  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 2 sdm susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica hitam bubuk
  • 1 buah brokoli ukuran sedang, potong sesuai kuntumnya lalu seduh sebentar dengan air panas, tiriskan
  • 1 buah sosis, potong-potong setebal kurang lebih 4 mm atau sesuai dengan selera
  • 50 g bawang bombai, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • mentega untuk menumis
  • 25 g keju parut untuk taburan
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Kocok telur dengan susu hingga tercampur rata, lalu bumbui dengan garam dan merica, kocok lagi  hingga rata.
  2. Tumis bawang bombai dan bawang putih dengan mentega hingga harum, lalu masukkan sosis, aduk-aduk hingga sosis matang. Angkat lalu sisihkan. Setelah dingin lalu masukkan tumisan bawang dan sosis ke dalam kocokan telur. Aduk hingga rata.
  3. Panaskan wajan teflon ukuran diameter 22 cm dan beri minyak secukupnya. Kecilkan apinya lalu tuangkan kocokan telur dan atur supaya sosisnya tersebar merata. Letakkan potongan brokoli di sela-selanya. Susun yang rapi seperti menyusun topping pizza supaya terlihat cantik. Terakhir, beri taburan keju cheddar parut secara merata.
  4. Tutup wajan teflon lalu masak hingga bagian bawahnya matang, balik dan masak kembali hingga matang.
  5. Angkat dan sajikan.

Jadi begitulah caranya memasak omellete brokoli keju, semoga bermanfaat. IN

Omelette sebelum digoreng

Begini cara menata omelette sebelum digoreng.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *