Nasi Uduk Khas Betawi Praktis

Nasi uduk betawi praktis

Cara Memasak Nasi Uduk Khas Betawi dengan Rice Cooker

Apakah teman-teman menyukai nasi uduk khas Betawi?  Bila teman-teman berada di Jakarta, biasanya mudah sekali menemukan pedagang nasi uduk di pagi hari. Mereka biasa mangkal di pinggir-pinggir jalan, hanya dengan modal sebuah meja kecil yang memuat sebuah baskom tempat nasi uduk dan kaleng tempat kerupuk.

Tentunya ada juga wadah berisi sambal dan makanan pelengkap seperti bihun, tempe orek, telur balado atau dadar. Tak lupa aneka gorengan seperti bakwan, tempe goreng tepung, tahu isi. Biasanya orang membeli tidak untuk dimakan di tempat, dan sekitar jam 8.00-9.00 pagi biasanya dagangan mereka sudah habis.

Ada juga tukang nasi uduk yang menggelar dagangannya dengan menggunakan gerobak. Biasanya mereka menyediakan lauk lebih bervariasi dan menjual juga ketupat sayur. Terkadang bahkan menyediakan juga sebuah kursi panjang, atau beberapa kursi plastik tempat makan pelanggan.

Sedangkan pedagang nasi uduk yang mangkal di warung-warung  permanen tak jauh dari rumah-rumah penduduk, umumnya menjual nasi uduk dengan makanan penyerta dan lauk yang jauh lebih lengkap, seperti perkedel, balado telur, kentang balado, tongkol balado, semur tahu, semur jengkol, ayam goreng, sambal goreng ati ampela ayam, dll.

Di samping nasi uduk, umumnya mereka juga menyediakan menu lain seperti ketupat sayur.

Nasi uduk memang salah satu menu sarapan favorit warga Jakarta, selain gado-gado dan ketoprak.  Bedanya nasi uduk betawi dengan nasi uduk dari daerah lain yaitu lebih kaya rempah, sehingga rasanya jauh lebih gurih dan aromanya lebih wangi.

Ciri masakan Betawi memang sangat royal menggunakan bumbu. Selain itu,  nasi uduk betawi juga dilengkapi sambal kacang selain juga menyediakan sambal lain yang cukup nendang pedasnya, seperti sambal terasi atau sambal bajak.

Nasi uduk yang terkenal enak di Jakarta di antaranya adalah nasi uduk kebon kacang di daerah Tanah Abang dan nasi uduk Gondangdia di Cikini.

Meskipun lebih sering tersedia di pagi hari, nasi uduk betawi juga ada yang dijual di sore dan malam hari, karena nasi uduk juga nikmat disantap di sore hari.

Tapi jangan sampai salah pilih warung, karena di warung-warung tenda di Jakarta juga banyak tersedia  nasi uduk, tetapi disajikan dengan pecel ayam, lele, atau bebek goreng, dilengkapi dengan lalapan, tahu tempe dan ati ayam serta ampela goreng.

Pedagangnya umumnya dari Lamongan. Di warung nasi uduk yang ini tentu saja tak akan tersedia semur jengkol dan semur tahu. Rasa nasi uduknya juga berbeda.

Sebenarnya membuat nasi uduk Betawi tidak sulit. Biasanya yang membuat orang malas membuat sendiri nasi uduk adalah karena proses memasaknya dinilai sedikit ribet. Nasi uduk yang enak biasanya dibuat dengan cara mengukus beras, lalu diaron dengan santan dan aneka rempah, baru dikukus kembali hingga matang.

Namun bila teman-teman tak punya banyak waktu, bisa saja membuatnya dengan menggunakan rice cooker. Caranya seperti memasak nasi biasa saja, masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam rice cooker, lalu tambahkan santan yang sudah direbus dengan aneka rempah, tekan tombol on dan biarkan matang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah perbandingan antara jumlah beras dan santannya, harus yang pas ya teman-teman, kalau terlalu banyak santan akan lembek jadinya, sebaliknya bila kurang santan akan menjadi keras. Sesuaikan dengan tipe berasnya saja.

Hati-hati … santan yang sangat kental dan berlebihan dengan beras yang sangat pulen juga seringkali menyulitkan proses memasak dengan rice cooker yang biasanya justru berakhir tidak matang nasinya. Tapi tak perlu khawatir juga karena hal ini masih bisa diselamatkan dengan kukusan.

Berikut ini adalah resep yang biasa saya gunakan untuk membuat nasi uduk betawi dengan beras jenis sentra ramos. Saya juga menggunakan aneka rempah, tetapi hanya untuk merebus santannya.

Sewaktu nasi ditanak dalam Rice Cooker, rempah yang ikut dimasak hanyalah salam, serai, dan lengkuasnya saja karena biasanya hasilnya sudah cukup wangi bagi saya. Lagi pula cara ini mengurangi kerepotan memungutinya sebelum disajikan, supaya tidak menjadi ranjau saat dimakan.

Resep nasi uduk betawi praktis

Untuk: 3-4 porsi

Bahan:

  • 300 g beras
  • 600 ml santan (dari 65 ml santan siap beli yang diencerkan)
  • 1 butir bawang merah, kupas hingga benar-benar bersih
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 1 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kayu manis
  • 1/3 biji pala
  • 4 buah cengkih
  • 1 sdt garam atau sesuai selera
  • Bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat:

1. Cuci bersih beras dan masukkan ke dalam rice cooker.

2. Rebus santan bersama semua bumbu rempah (bawang merah, jahe, lengkuas, salam, serai, kayu manis, pala dan cengkeh) hingga mendidih dan wangi.

3. Saring santan dan tuang ke dalam rice cooker bersama daun salam, lengkuas dan serai, sisihkan rempah lainnya.

4. Tekan tombol on atau memasak dan biarkan matang.

5. Saat lampu yang menunjukkan nasi matang sudah menyala, ambil rempahnya, lalu aduk nasi hingga rata. Biarkan dulu kira-kira 30 menit supaya lebih tanak, dan nasi pun siap disajikan.

6. Sajikan nasi uduk dengan taburan bawang goreng, sambal kacang, dan lauk yang tersedia di rumah seperti tempe orek, irisan telur dadar, ayam goreng lengkuas, empal, telur balado, jangan lupa lalap mentimun dan daun kemanginya.

Selamat menikmati.

Sambal kacang:

Bahan:

100 g kacang tanah, sangrai atau goreng hingga matang

4 buah cabai keriting

4 buah cabai rawit merah

2 siung bawang putih

garam secukupnya

1 sdm gula pasir

1-2 sdm cuka

150 ml air matang

Cara membuat:

Haluskan bawang putih, cabai, garam, gula, dan kacang tanah, lalu tambahkan air matang dan cuka, aduk hingga rata.

Jadi begitulah cara membuat nasi uduk khas Betawi praktis teman-teman, mudah bukan? (IN)

Catatan: resep cara membuat ayam goreng lengkuas dapat dilihat di resep sebelumnya.

Pencarian dari google:

2 Responses to Nasi Uduk Khas Betawi Praktis

  1. Riaisy says:

    di Medan namanya nasi lemak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *