Resep Mie Goreng Jawa Spesial

Mie goreng Jawa enak

Cara membuat mie goreng Jawa spesial

Di hari Minggu yang cerah seperti ini, paling enak membuat masakan yang praktis, cepat, dan lezat, salah satunya adalah mie goreng. Mie goreng apa favorit teman-teman? Untuk saya sudah pasti mie goreng Jawa.

Mie goreng Jawa sepertinya benar-benar masakan favorit banyak orang Jawa. Di daerah asal saya di Jawa Tengah, masakan mie goreng adalah salah satu masakan wajib di hari lebaran. Jadi hampir setiap keluarga pasti membuatnya. Tentunya mie goreng yang disajikan bersama masakan lebaran lainnya cenderung sederhana. Tidak colourful seperti ini.

Di acara-acara keluarga juga menu mie goreng ini seringkali disajikan, meskipun terkadang sudah ada cukup banyak menu lainnya. Biasanya alasan klasiknya adalah, siapa tahu ada yang sedang tidak mau makan nasi.

Di hari-hari biasa, bagi yang tidak mau membuatnya juga bisa membelinya dengan mudah. Banyak warung yang menjualnya, karena umumnya tukang nasi goreng keliling juga menjual mie goreng.

Bahkan bila teman-teman sedang menginap di hotel berbintang, pada saat sarapan pagi biasanya selain nasi juga disajikan mie goreng atau bihun goreng atau soun goreng.

Resep mie goreng Jawa umumnya dibuat dari mie telur yang diberi sayuran berupa sawi hijau, daun bawang, dan kol. Biasanya mie ini diberi telur yang diorak-arik, ayam suwir, dan bakso. Terkadang ada juga yang menambahkan udang.

Dalam resep berikut ini, saya menambahkan wortel supaya kelihatan spesial. Selain itu semakin lengkap sayurannya tentu semakin lengkap vitamin dan mineralnya. Lagipula, sepertinya mie goreng terlihat lebih gaya kalau ada warna merahnya. Berhubung sedang tidak ada udang, kali ini saya hanya menggunakan telur, suwiran dada ayam dan bakso. Rasa udangnya dari ebi saja, jadi menggunakan ebinya agak dibanyakin.

Sedangkan bumbunya yang umum adalah bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kemiri yang dihaluskan, lalu diberi kecap manis. Mie gorengnya memang tidak pedas ya teman-teman. Kalau teman-teman ingin rasanya pedas, bisa menikmatinya dengan cabai rawit utuh yang disediakan dalam piring kecil secara terpisah, atau cabai rawitnya diiris tipis sebagai taburan.

Mie goreng Jawa biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan acar mentimun. Bila tak ada acar mentimun, bisa diganti dengan irisan timun dan tomat segar saja yang lebih praktis.

Berbeda halnya dengan orang Betawi.  Kalau orang Betawi menyajikan mie goreng, biasanya mereka akan melengkapinya dengan bumbu kacang yang pedas. Biarpun rasanya agak lain, tetapi enak juga. Bagi yang ingin membuat mie goreng dengan bumbu kacang, akan saya posting resepnya di resep mie goreng berikutnya.

Baiklah teman-teman ini dia resep mi goreng Jawa yang spesial:

Mie goreng Jawa lezat

Mie goreng Jawa

Resep Mie Goreng Jawa Spesial

Bahan:

  • 1/2 bungkus mie telur, seduh dengan air panas hingga setengah matang saja, lalu ditiriskan, beri 1 sdm kecap manis, aduk hingga rata, sisihkan
  • 1 ikat sawi hijau (setengah saja bila sawinya besar-besar), potong-potong
  • 3 lembar daun kol, potong-potong
  • 75 g wortel, potong serong tipis saja
  • 1 batang daun bawang, potong-potong 1 cm
  • 1 buah dada ayam, rebus dan suwir-suwir, sisihkan air rebusannya
  • 4 buah bakso, potong-potong
  • 1 butir telur, kocok lepas, buat telur orak-arik dengan sedikit minyak, sisihkan
  • 3/4 sdt garam atau sesuai selera
  • 1/4 sdt merica bubuk (bila perlu)
  • 1 sdt kaldu bubuk (saya menggunakan kaldu tanpa msg)
  • minyak untuk menumis

Bumbu, haluskan:

  • 3 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica utuh
  • 1 1/2 sdm ebi (udang kering) yang sudah direndam air panas dan ditiriskan

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun bawang, aduk hingga layu lalu tambahkan potongan bakso dan ayam suwir, masak sebentar.

2. Beri sedikit saja air rebusan ayam, lalu masukkan sawi hijau, wortel, dan kol, lalu masak kembali hingga air surut dan sayuran matang.

3. Masukkan mie dan telur orak-arik, aduk hingga rata lalu bumbui dengan garam dan kaldu ayam bubuk. Aduk kembali hingga rata lalu cicipi dan koreksi rasanya, tambahkan, garam, kecap dan merica bubuk bila perlu.  Masak sebentar saja lalu angkat dan sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Begitulah teman-teman, cara memasak resep mie goreng Jawa Spesial kali ini, tidak sulit bukan? (IN)

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *