Membuat Tahu Aci Khas Tegal

Tahu Aci dari Tegal

Cara membuat tahu aci atau tahu Slawi

Apakah teman-teman sudah pernah mencoba tahu aci khas Tegal yang gurih itu?  Tegal ternyata tak hanya terkenal dengan wartegnya saja. Camilan khasnya juga menarik untuk dicoba.

Tahu aci ini aslinya terbuat dari tahu kuning khas Tegal yang bentuknya segiempat, lalu dibelah dua diagonal sehingga terbentuk 2 tahu kecil berbentuk segitiga.

Tahu digoreng dengan aci begitu, rasanya jadi seperti makan cireng bersama tahu. Kenyalnya cireng berpadu dengan lembut dan gurihnya tahu, dinikmati dengan cabai rawit atau dicocol sambal kecap sungguh nikmat.

Meskipun Tegal letaknya cukup jauh dari Jakarta, tetapi bukan berarti makanan ini tidak dapat ditemukan di sini. Saya pernah menemukan tahu Aci tak jauh dari sebuah Mal yang terletak di Cinere, pernah juga menemukannya di salah satu cabang salah satu supermarket besar di Jakarta Selatan.

Namun mengingat begitu dinamisnya bisnis kuliner, saya tidak tahu apakah sampai sekarang kedua tempat itu masih menyediakan tahu aci. Memang tidak persis sama rasanya dengan tahu aci yag kita beli langsung di Tegal, tetapi mendingan bukan, daripada harus jauh-jauh datang ke Tegal?

Saya dulu pertama kali mencicipi tahu aci sewaktu lewat di Tegal. Pada saat itu, kebetulan sedang dalam perjalanan mudik dengan mobil bersama keluarga. Kebetulan lagi, perjalanan terhenti karena suatu hal sehingga kami memutuskan singgah sejenak di Tegal, dan beruntungnya tempat persinggahan itu terletak tak jauh dari pedagang tahu aci (kebetulan yang terlalu dibuat-buat, hihihi).

Suasana mudik yang menyenangkan bersama keluarga dan tahu yang hangat untuk dinikmati bersama adalah kombinasi yang indah dan suka membuat kangen. Itu sebabnya bisa menemukan tahu aci di Jakarta adalah hal yang menyenangkan bagi saya.

Namun sebenarnya membuat tahu aci sendiri juga tidak terlalu sulit. Bahan utamanya hanyalah tahu kuning yang bisa saja diganti dengan tahu goreng, dan tepung aci tentu saja. Tepung acinya cukup diuleni dengan air panas dan  kucai serta dibumbui dengan bawang putih dan merica. Ada juga tahu aci yang bumbunya lebih lengkap.

Tepung aci akan menjadi seperti lem saat dicampur dan diaduk dengan air panas. Dengan adonan yang agak  lengket mirip lem begitu, mudah saja ditempelkan ke tahu lalu digoreng. Jadi proses pembuatannya lebih sederhana, tidak seperti membuat tahu isi atau tahu bakso yang harus dibelah dan dikeluarkan dulu isinya.

Dalam resep berikut ini, saya menggunakan tahu goreng yang mudah ditemukan di tukang sayur. Sebungkus tahu goreng berisi 10 buah tahu berbentuk segitiga, saya belah dua menjadi segitiga tahu yang lebih kecil. Biasanya mereka membawa kucai juga, tapi sayangnya sudah beberapa hari ini tidak ada, jadi saya ganti dengan daun bawang.

Tahu Aci dari Tegal

Tahu Aci atau Tahu Slawi

Resep Tahu Aci Khas Slawi

Untuk: 20 buah tahu aci ukuran kecil

Bahan:

  • 1 bungkus tahu goreng, masing-masing dibelah dua, taburi merata dengan sedikit garam (atau direndam dalam air matang yang sudah diberi garam), sisihkan
  • seikat kucai atau 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 175 ml air mendidih atau secukupnya
  • 200 g tepung tapioka (tak pelu digunakan semua bila adonan sudah cukup kental)
  • Kaldu bubuk bila suka (saya menggunakan kaldu tanpa msg)

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica utuh
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

1. Aduk rata bumbu halus dengan tepung tapioka, lalu tuangkan air panas dan aduk kembali hingga rata. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk lalu tambahkan kaldu bubuk bila menggunakan. Cicipi apakah sudah pas gurihnya.

2. Siapkan penggorengan, ambil sebuah tahu, beri adonan aci, lalu goreng hingga matang. Kerjakan hingga semua tahu selesai digoreng, lalu sajikan hangat dengan cabai rawit hijau atau sambal kecap.

Jadi begitulah caranya membuat tahu aci, sederhana saja kan teman-teman? Tapi enak buat cemilan sore, dimakan anget-anget sambil menyeruput kopi atau teh (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *