Membuat mendol

Perkedel tempe atau mendol

Cara membuat mendol

Apakah teman-teman pernah membuat mendol? Mendol adalah makanan khas Malang, berupa perkedel yang terbuat dari tempe. Rasanya gurih, pedas dan wangi, karena selain dibumbui bawang, juga menggunakan cabai rawit dan daun jeruk.

Soal seberapa rasa pedasnya tentu sebaiknya disesuaikan sendiri saja dengan selera masing-masing. Karena menurut saya lebih enak jika pedasnya pas dengan selera kita.

Cara membuat mendol sangat sederhana sekali (sudah sederhana masih pakai sekali lho). Hanya tempe dihancurkan lalu dibumbui, selanjutnya dikepal-kepal supaya padat dan dibentuk agak pipih seperti perkedel lalu digoreng hingga matang. Betulkan, sederhana sekali?

Bila ingin berasa aneka rempah, mendol bisa dibumbui dengan lengkap, menggunakan bawang merah, bawang putih, garam, cabai rawit atau cabai keriting, kencur, kunyit, sedikit jahe dan lengkuas, serta daun jeruk.

Namun bisa juga kita menggunakan bumbu yang simpel saja. Cukup dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kencur, garam, dan daun jeruk. Hasilnya sudah cukup gurih, pedas, dan wangi.

Kalau rasa tempe aslinya sudah enak, biasanya dengan bumbu yang simpel juga hasilnya pasti enak. Tempe dari Malang memang sudah lama terkenal enak. Jenis tempe ini tak hanya terdapat  di kotanya saja. Di kota-kota besar, tempe dari Malang bisa dengan mudah ditemukan di supermarket.

Namun begitu, bila tidak menemukan tempe asli Malang juga tidak apa-apa. Di sekitar tempat tinggal kita pasti ada tempe yang enak, bagus kualitasnya, dan diproduksi dengan baik. Tempe seperti itu biasanya banyak penggemarnya dan cukup dikenal, jadi pasti tidak sulit mendapatkannya.

Dalam resep berikut ini, saya juga hanya menggunakan tempe yang dibeli dari tukang sayur keliling. Menurut pengakuan abang sayur, tempe ini kualitasnya paling bagus (wajar saja … semua pedagang jelas akan bilang dagangannya bagus). Cuma berhubung tidak ada yang lain, jadi ya saya beli saja.

Sayangnya kesempatan membuat mendol ini baru bisa dilakukan 2 hari kemudian. Maka tempe itu terpaksa menginap dulu di kulkas selama dua hari baru dikeluarkan. Supaya lebih mudah dihancurkan, akhirnya saya kukus dulu. Rasanya aroma tempenya juga jadi keluar setelah dikukus sebentar.

Panas-panas tempenya saya keluarkan dari kukusan lalu langsung dihancurkan. Saya pilih memberi bumbu yang simpel saja. Saya juga tidak hancurkan tempenya sampai halus sekali, tapi masih agak kasar. Sehingga tekstur tempenya masih kelihatan.

Sedangkan daun jeruknya, karena ingin lebih wangi saya gunakan 5 helai. Daun jeruknya saya potong tipis saja, jadi tidak dihaluskan bersama dengan bumbu lainnya.  Saya juga gunakan kunyit di sini, supaya warnanya sedikit kuning.

Baiklah teman-teman, ini dia resepnya:

 

Resep membuat mendol:

Bahan:

1 potong tempe (220 g), potong-potong seperti akan digoreng lalu kukus hingga matang,  hancurkan dalam keadaan panas, tapi tidak perlu sampai  halus betul, supaya tekstur tempenya masih terlihat.

5 helai daun jeruk, buang tulang daunnya lalu potong tipis-tipis saja.

Minyak secukupnya untuk menggoreng

 

Bumbu, haluskan:

3 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah cabai rawit merah (kalau ingin pedas sekali boleh memakai 5-10)

1 jari kencur

1 jari kunyit

1 sdt garam

 

Cara membuat:

1. Campur tempe dengan bumbu halus dan irisan daun jeruk, lalu aduk dan uleni hingga betul-betul tercampur rata.

2. Ambil sedikit adonan, padatkan lalu bentuk sesuai dengan selera. Boleh pipih dan oval, boleh juga pipih dan bulat seperti perkedel kentang. Ukurannya sebaiknya kecil saja, terutama kalau tidak dikukus dulu, supaya bagian dalamnya matang juga.

3. Selanjutnya goreng dengan minyak panas dengan api sedang, sampai matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecokelan. Sajikan hangat.

 

Begitulah cara membuat mendol teman-teman, simpel sekali bukan? Selamat mencoba dan menikmati (IN) ….

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *