Resep Mangut Ikan Asap

mangut ikan jelawat asap

Memasak Mangut Ikan Jelawat Asap

Teman-teman tentunya sudah tak asing lagi dengan masakan mangut ikan. Saya juga sudah pernah posting resep mangut ikan di blog ini, tetapi waktu itu jenis ikannya Mujahir segar, bukan ikan asap. Kali ini saya membuat mangut dari ikan asap.

Bagi penggemarnya, mangut ikan asap rasanya jauh lebih lezat dibandingkan dengan mangut ikan segar. Rasa lezat dan nikmat itu muncul dari aroma khasnya yang merupakan hasil dari proses pengasapan ikan.

Sehingga hanya dengan modal beberapa macam bumbu, ditambah cabai yang cukup dan santan yang kental, jadilah sajian yang gurih, beraroma, dan nendang pedasnya.

Sebenarnya saya jarang memasak ikan asap. Ceritanya waktu itu mendapat oleh-oleh anak ikan Jelawat asap dari kakak (Ikan Jelawat adalah ikan khas Kalimantan). Begitu dibungkus dan dimasukkan ke dalam kulkas, saya pun melupakannya.

Kemarin waktu membersihkan kulkas, barulah saya menemukannya lagi. Karena di asap dengan baik, ikannya awet. Jadi ketika dibuka bungkusnya, si ikan masih dalam kondisi yang sama bagusnya seperti ketika baru disimpan. Maka jadilah hari ini menunya mangut ikan asap.

Melihat langsingnya ikan jelawat asap itu, saya jadi terpikir untuk memasak mangut dengan menggunakan campuran tahu goreng dan sayuran. Potongan tahu goreng akan membantu membuat mangut ini lebih menarik.

Dulu sewaktu saya masih sekolah, Ibu saya senang memasak mangut ikan dengan menggunakan banyak daun melinjo, tomat yang masih hijau, dan petai. Petai membuat mangutnya terasa lebih segar dan sedap. Sayangnya tidak mudah mencari petai di sini.

Jadi dalam resep mangut kali ini, saya tidak menggunakan petai. Tapi teman-teman boleh saja menggunakan petai bila ada.

Supaya warnanya tetap terlihat hijau menyegarkan,  saya menggunakan dua macam sayuran, yaitu daun melinjo dan kacang panjang.

Saya juga menggunakan tomat yang warnanya masih hijau. Lalu, supaya ada warna merahnya, saya tambahkan juga cabai keriting merah. Bagi yang masih merasa kurang pedas, bisa ditambahkan cabai rawit utuh.

Bumbu mangut kali ini sederhana saja, yaitu bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, kunyit, garam, merica bubuk, daun salam dan lengkuas. Bumbu sederhana yang umumnya tersedia di semua dapur.

Baiklah teman-teman, ini dia resep mangutnya, ikan asapnya boleh apa saja ya, kebetulan saja ikan asap yang saya gunakan kali ini anak ikan jelawat:

 

Resep Mangut Ikan Jelawat Asap

Bahan:

75 g ikan jelawat asap

5 buah tahu goreng, potong-potong sesuai dengan selera lalu goreng setengah matang

5 lonjor kacang panjang, potong-potong sekitar 3 cm atau sesuai selera

1 genggam daun melinjo, siangi, singkirkan daunnya yang tua

400 ml santan cair

250 ml santan kental

5 buah cabai hijau besar, potong serong

4 buah cabai keriting merah, potong serong

1 lembar daun salam

2 jari lengkuas, memarkan

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt garam atau sesuai selera

1/2 sdm gula merah atau sesuai selera

 

Bumbu, haluskan:

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 jari kencur

2 jari kunyit

1 sdt terasi bakar

 

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum, lalu tambahkan cabai iris, aduk sebentar lalu masukkan daun salam dan lengkuasnya, aduk kembali hingga cabai nampak layu.

2. Tuangkan santan encer lalu masak sambil diaduk hingga mendidih. Selanjutnya masukkan tahu dan ikan asap, kecilkan api dan masak hingga bumbunya meresap. Selanjutnya tambahkan santan kental, masukkan daun melinjo dan kacang panjang. Bumbui merica bubuk, garam, dan gula merah, lalu cicipi dan  koreksi rasanya.

3. Biarkan kuahnya mendidih kembali, masak sebentar, masukkan irisan tomat sesaat sebelum diangkat.

Jadi begitulah resep dan cara memasak mangut ikan jelawat asap kali ini teman-teman. Semoga bermanfaat (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *