Green Tea Oat Muffin dengan Choco Chip

Oat muffin with choco chip and green tea

Cara membuat greentea oat muffin dengan choco chip

Ceritanya waktu itu lagi kepingin oat muffin. Lalu ketemulah sama resepnya mbak cantik @tintinrayner, yaitu green tea muffin dengan choco chip. Dengan sedikit tambahan oat, maka jadilah greentea oat muffin dengan choco chip.

Rasa muffinnya begitu lembut dan enak. Anak-anak suka banget muffin ini. Tanpa terasa sudah beberapa kali bikin dan selalu habisnya cepet. Pernah jadi menu sarapan, pernah juga jadi bekal jalan-jalan.

Tambahan oat membuat muffin ini terasa lebih mengenyangkan. Sehingga cocok saja jadi menu sarapan atau cemilan selama dalam perjalanan keluar kota. Buat teman ngeteh atau ngopi juga masih enak.

Hal lain yang membuat senang memanggang muffin ini adalah karena proses pembuatannya gampang dan cepet banget. Cuma ditimbang, dicampur, diaduk sebentar, masuk oven lalu mateng. Tidak perlu repot mengeluarkan mixer.

Yang perlu diingat di sini, adonannya tidak boleh terlalu lama diaduk supaya tidak bantat. Jadi meskipun masih grenjel2 dan belum licin biarkan saja supaya bisa mengembang. Tapi mengembangnya memang nggak yang heboh begitu. Mengembangnya biasa saja, mungkin karena ada tambahan oat.

Baiklah, bagi yang mau coba … Ini dia saya tuliskan kembali resepnya mbak @tintinrayner dengan sedikit modifikasi. Saya tambahin 2 sdm quick cooking oat, sehingga greentea, minyak goreng dan gulanya juga perlu ditambah sedikit.

Resep Greentea Oat Muffin dengan Choco Chip

Bahan A:

  • 275 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 5 gram bubuk greentea
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sachet susu bubuk

Bahan B:

  • 55 gr mentega, lelehkan
  • 70 ml minyak goreng
  • 250 ml butter milk atau 240 ml susu cair diberi 2 sdt air jeruk lemon
  • 2 butir telur ukuran besar
  • 160 gr gula pasir

Bahan lain:

  • Segenggam choco chip
  • 2 sdm quick cooking oat

Cara membuatnya:

1. Panaskan oven dengan suhu 180-190 derajat celsius.

2. Siapkan 13 paper cup, olesi sedikit mentega (saya menggunakan paper cup tipis, jadi paper cup nya lalu dimasukkan loyang muffin yang sudah diolesi sedikit mentega juga).

3. Campur bahan A dan bahan B dalam wadah terpisah, aduk masing-masing campuran bahan hingga rata.

4. Selanjutnya, tuang bahan A ke dalam bahan B, aduk balik sambil tuangkan oat. Mengaduknya asal rata saja, tak perlu sampai licin.

5. Sendok adonan muffin ke dalam paper cup yg sudah diletakkan dalam loyang muffin hingga 3/4 nya saja, lalu taburkan choco chip diatasnya, secukupnya saja.

6. Setelah seluruh adonan masuk ke dalam paper cup, dan diberi taburan choco chip, masukkan ke dalam oven lalu panggang hingga matang selama 25 menit atau tergantung oven masing-masing.

7. Setelah 25 menit, lakukan tes tusuk menggunakan tusuk gigi bila perlu. Jika tusuk gigi keluar bersih berarti sudah matang muffinnya. Angkat segera, keluarkan dari oven dan ambil dari loyang lalu dinginkan di rak kawat. Muffin siap disajikan.

Begitulah cara memasak Resep Greentea Oat Muffin dengan Choco Chip. Semoga bermanfaat. IN

2 Responses to Green Tea Oat Muffin dengan Choco Chip

  1. Mechta says:

    Duh..tpaknya enak banget nih.. izin simpan resepnya ya mba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *